News

6 Musisi Jazz Muda Indonesia yang tergabung dalam MLDJAZZPROJECT SEASON 3 akan tampil dalam JAKARTA INTERNATIONAL BNI JAVA JAZZ FESTIVAL 2018

MLDARE2PERFORM hadir kembali memasuki Season 3 dan di ikuti lebih dari seribu musisi Jazz muda dari seluruh Indonesia. Adanya Peserta yang daftar dari Padang Panjang hingga Ambon membuktikan bahwa music Jazz di terima dan diminati oleh musisi muda di seluruh Indonesia. Patut di banggakan bahwa di tahun ini tidak hanya jumlah pendaftar yang mengalami peningkatan namun untuk season ke 3 kali ini sangat terlihat peningkatan musikalitas para peserta.

MLDARE2PERFORM membuka kesempatan luas bagi musisi Jazz muda Indonesia untuk dikurasi secara langsung oleh para musisi senior yang menjadi Juri yaitu : Syaharani (kategori vocal), Nikita Dompas (kategori gitar), Adra Karim (kategori piano), Indro Hardjodikoro (kategori Bass), Devian Zikri (Kategori wind & brass section) dan Aksan Sjuman (kategori drum) yang juga membuka lebar kesempatan untuk tampil di ajang Festival Jazz bergengsi tahunan di indonesia yaitu Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018.

Pada tahun 2015, MLDARE2PERFORM Season 1 melahirkan musisi MLDJAZZPROJECT Season 1 dengan : Kiara Riz (Vokal), Karel William (Drum), Michael Setiawan (Piano), Mikail Alrabbdia (Gitar), Rizal Sianturi (Saxophone), dan juga Aghil Nur Pambudi (Bass). Sedangkan MLDARE2PERFORM Season 2 ditahun 2016 juga telah melahirkan MLDJAZZPROJECT Season 2 yang tidak kalah kalah kualitasnya terdiri dari personil : Almira (Vokal), Fahreza (Gitar), Wesley (Bass), Fauzan (Saxophone), Edwin (Keyboard/Piano) dan Afirniar (Drum).

Dengan pengalaman berharga bersama MLD Jazz Project dimana mereka dapat tampil berkolaborasi dengan beberapa Artis ternama di Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018. setiap tahunnya, dan Kiprah mereka tidak hanya berhenti sampai disitu, mereka bahkan akan tampil juga di beberapa Festival Musik Jazz Nasional di tanah air, membuat pengalaman serta kematangan bermusik mereka semakin terasah dan membuat banyak musisi Jazz melirik keberadaan mereka.

Dan tahun 2017, MLDARE2PERFORM memasuki Season 3, dengan diikuti lebih dari seribu peserta dari seluruh Indonesia. Dengan masa pendaftaran September hingga November 2017 melalui www.mldspot.com/mldare2perform. Seluruh video diseleksi langsung secara bersamaan oleh para Juri melalui Penjurian Tertutup yang dilakukan di Ecology pada 21 November 2017, untuk menyeleksi peserta yang dapat lolos ke tahap berikutnya yakni tampil secara langsung dihadapan para Juri, setiap kategori dipilih 5 peserta dengan penilaian terbaik, hingga terkumpulah 30 Peserta yang terdiri dari 6 Kategori tersebut.

Ke-30 Peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia ini dihadirkan di Jakarta untuk mengikuti rangkaian kegiatan berikutnya dari Final Audition MLDARE2PERFORM Season 3 pada tanggal 5-7 Desember 2017, dimana didalam rangkaian kegiatan tersebut selain tampil langsung dihadapan para Juri, mereka terlebih dahulu mengikuti One on One Interview di hari pertama, kemudian di hari kedua adalah waktu yang sangat menegangkan dan menentukan yaitu Live Audition dimana 30 Finalist tampil secara langsung di depan Juri, tidak hanya 6 Juri tetapi ditambah 1 juri tamu yaitu Indra Aziz.

Setelah melalui seleksi ketat selama 9 (sembilan) jam dimana para Finalis harus melalui 2 tahap penilaian yakni :

  1. Penilaian atas kemampuan bermusiknya secara individu, dimana finalis tampil dengan diiringi band pengiring, dan
  2. Penilaian atas kemampuan bermusiknya secara berkelompok / bergroup, dimana para finalis secara acak dipecah menjadi 5 group musik.

Pada akhirnya para Juri berhasil memilih 6 musisi muda terbaik untuk menjadi pemenang dari masing-masing kategori dimana ke-6 musisi muda tersebut adalah :

  1. WINDY HARIYADI                 – Kategori Vokal
  2. HANSEN ARIEF                    – Kategori Drum
  3. HEZKY JOE                           – Kategori Gitar
  4. M. RIZKY                                – Kategori Bass
  5. YOSUA                                   – Kategori Piano
  6. ERICK GIRI                            – Kategori Wind & Brass Section

Penasaran dengan penampilan perdana mereka? Mari kita nantikan penampilan MLDJAZZPROJECT SEASON 3 di Jakarta International Bni Java Jazz Festival Festival 2018 Di Hall A3 Dan Di Mldspot Stage Bus Jazz Tour 2018.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Singkat 6 Pemenang MLDARE2PERFORM SEASON 3

 

 

  1. WINDY HARIYADI                 – Kategori Vokal

 

Lahir dikeluarga penikmat seni membuat Windy memutuskan untuk belajar bernyanyi dari kecil. Karir Windy dalam bermusik secara professional sudah ia mulai sejak kelas 3 SMP. Sebagian besar perjalanannya dalam bermusik terinspirasi oleh keluarganya.

 

Windy pernah mengikuti beberapa ajang pencarian bakat olah suara. Pertama kali ia mengenal musik jazz dari orang tuanya. Meskipun saat dulu disekolah ia sering disebut teman-temannya memiliki selera musik yang ‘tua’, namun tidak menjadi halangan untuk terus menggali music jazz lebih dalam.

 

Menurut Windy, dalam musik jazz yang menjadi influncer nya dalam bermusik adalah Jane Monheit, Laura Figgy, Ella Fitzgerald, Diana Krall, Lalah Hateway, dan masih banyak lagi.

 

  1. HANSEN ARIEF                    – Kategori Drum

 

Hansen Arief atau akrab dipanggil Hansen mulai belajar musik karena dukungan penuh dari ibu nya. Cowok berumur 21 tahun ini pertama kali belajar main drum kelas 5 SD di gereja dan melanjutkan les privat diluar gereja saat duduk dibangku SMP. Ia memilih untuk berkarir di musik saat SMA karena dukungan yang tidak pernah putus dari orang tuanya sampai ia memilih untuk melanjutkan kuliahnya di Universitas Pelita Harapan jurusan musik.

 

Inspirasinya dalam bermusik adalah semua orang-orang terdekatnya dan ia percaya bahwa permainan musik yang dimainkan merupakan sebuah pantulan dari kepribadiannya dan yang membentuk dirinya selama perjalanan hidup.

 

Beberapa influencer Hansen sangat beragam, seperti, Aaron Parks, Miles Davis, Tony Williams, Mark Guiliana, Peter Retzlaff dan masih banyak lagi.

 

  1. HEZKY JOE                           – Kategori Gitar

 

Cowok berumur 26 tahun ini biasa dipanggil Hezky. Meskipun terpilih menjadi pemenang MLDare2Perform kategori Gitar, namun latar belakangnya dalam dunia musik berawal dari mengikuti perlombaan menyanyi antar RT dan Mall. Ia baru memulai keseriusannya dalam memainkan alat musik gitar sejak kelas 2 SMA dibawah bimbingan Eko Darminto, Achmad Ananda sampai Oele Patiselano.

 

Sempat berhenti bermain gitar dan bernyanyi demi harus bekerja disebuah bank sampai menjadi guru disalah satu Playgroup membuat Hezky merasa tidak nyaman. Ia memutuskan untuk kembali pada passionnya dalam bermain musik dan memulai karir nya sebagai musisi pada tahun 2012.

 

Mengenali musik jazz berawal dari hobi ayahnya yang selalu memutar cd video live Jazz & Blues dirumah. Yang menginspirasinya dalam bermain musik Jazz adalah Oele Patiselano, George Benson, Bireli Lagrene, John Pizarelli dan Graham Dechter.

 

  1. M. RIZKY                                – Kategori Bass

 

Pemain bass kelahiran Jakarta berumur 25 tahun yang akrab dipanggil Eky (M. Rizky Abdullah) cukup terbilang ‘baru’ dalam perjalanannya bermain musik. Instrumen yang ia pelajari pertama kali adalah alat musik gitar saat kelas 3 SMP. Ia terdorong untuk memainkan gitar berawal dari melihat temannya bermain gitar disekolah.

 

Eky mulai memegang bass pada saat SMA karena mengikuti sebuah ekstrakurikuler band di sekolahnya. Ia memutuskan untuk mempelajari bass lebih dalam di sekolah musik Farabi ketika berumur 17 tahun dibawah bimbingan Adi Darmawan. Awalnya ia kurang menikmati materi yang diberikan karena ia tidak terlalu menyukai musik Jazz, sampai akhirnya ia menyukai musik Jazz karena terpaksa ikut lomba band Jazz disebuah acara yang membuatnya menjadi juara 2.

 

Meskipun karir Eky dalam bermusik terbilang masih singkat, namun ia sudah meraih prestasi dan mendapatkan sertifikat pemain bass terbaik dari beberapa ajang pencarian bakat seperti Best Bassist Jazz Goes To Campuss, Runner-Up Monster Bass dan termasuk MLDare2Perform Season 3.

 

Musisi-musisi yang menginspirasi Eky dalam bermain musik sangat beragam genre nya. Mulai dari Adi Darmawan, Popi (Efek Rumah Kaca), Bintang Indrianto dan juga Barry Likumahuwa.

 

  1. YOSUA                                   – Kategori Piano

 

Yosua mulai belajar musik dari umur 10 tahun secara otodidak. Lalu ia memutuskan untuk sekolah musik dan menggali pengetahuannya dalam musik melalui jam session dan sharing dengan teman-temannya maupun musisi senior. Memulai karirnya sebagai musisi baru saat ia berumur 20 tahun.

 

Mengenali musik Jazz itu sendiri karena ia suka mendengarkan demo presets yang terdapat dialat musik Keyboard. Meskipun sempat kesulitan dalam bermain jazz karena pada umumnya ia merasa musik Jazz memiliki tingkat harmoni yang kompleks, namun ia sangat menikmatinya ketika ia dapat mengaplikasikan permain Jazz nya dalam Piano.

 

Musisi-musisi yang menginspirasinya dalam bermain musik antara lain adalah Indra Lesmana, Ade Irawan, Indro Hardjodikoro, Joey Alexander, Benny dan Barry Likumahuwa, Fanny Kuncoro, Roy Hargrove, Joey De Francesco, Oscar Peterson dan juga Cory Henry.

 

  1. ERICK GIRI                            – Kategori Wind & Brass Section

 

Sebagai salah satu pemenang MLDare2Perform Season 3 yang paling senior dari sisi umur, namun Erick baru belajar bermain musik dari instrumen Gitar dari SMP. Setelah duduk dibangku SMA, Erick memutuskan untuk serius mempelajari gitar dan memulai membentuk sebuah band disekolahnya dengan bolak-balik meminjam gitar kepada teman-temannya. Pada awalnya ia tidak terlalu didukung oleh orang tuanya dalam bermain musik sampai ia harus melanjutkan kuliah dijurusan Hukum pada tahun 2008.

 

Akhir Desember 2009, Erick mulai tertarik dengan alat musik Saxophone. Tapi karena harganya yang tidak murah, ia berusaha untuk mendapatkan dana dari bea siswa untuk membeli saxophone dan ditambah dengan hasil dari menjual gitar. Belajar otodidak hanya dari YouTube membuat Erick berhasil menggunakan bakatnya untuk berkarir sebagai session player dan memutuskan untuk pindah ke Jakarta setelah tamat universitas pada tahun 2014.

 

Memulai belajar musik Jazz baru pada tahun 2015 bersama temannya sampai bertemu dengan Hezky Joe yang mengajak Erick untuk gabung didalam komunitas Jazz dan Jam Session. Erick merasa dengan mengikuti kegiatan MLDare2Perform Season 3 ini adalah sebagai batu loncatan untuk menggali lebih dalam tentang musik Jazz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker