Review

Bubi Chen & Kwartet – Buaian Asmara

bubi-chen-buaian-asmara

Jika ingin menelusuri sejarah jazz di Indonesia, maka album Bubi Chen Kwartet yang dirilis pada tahun 1963 patut anda dengarkan. Album ini dirilis oleh perusahaan rekaman Lokananta Solo. Menampilkan permainan instrumentalia jazz Bubi Chen Kwartet. Sayang tak ditulis dalam sampul albumnya siapa saja pendukung Bubi Chen Kwartet selain Bubi Chen dan Jack Lemmers (nama Jack Lesmana sebelum berganti nama).

Terdapat 8 komposisi dalam album yang bersampul sangat bersahaja. Hanya berwarna putih polos tanpa pernak-pernik sama sekali. Album ini kabarnya hanya dicetak dalam jumlah sangat terbatas yaitu sekitar 350 keping dalam format Long Play dengan RPM (Rotation Per Minute) 33 1/3.

Album jazz ini memang tidak laku dalam pemasarannya di jaman itu. Namun yang patut digarisbawahi adalah idealisme yang mencuat, entah itu Lokananta sebagai perusahaan rekaman yang merilis album maupun Bubi Chen Kwartet sebagai pemusik yang tanpa pamrih menghasilkan karya jazz bersejarah di negeri tercinta ini.

Gaya permainan piano be-bop masih kuat terasa dalam tiap komposisi yang dimainkan Bubi Chen. Aksentuasi gitar Jack Lesmana pun secara utuh membingkai dalam tiap frasa yang mereka garap dengan detil mempesona. Bubi Chen dan Jack Lesmana memang seolah berdwi tunggal dalam menghasilkan sebuah pola permaian jazz yang terasa bersahabat bagi kuping penikmat termasuk bagi pemula yang tertarik untuk menyimak musik jazz.

Sebagian besar komposisi yang ditampilkan merupakan karya Bubi Chen dan Jack Lesmana, “Sri Ajuda” dan “Kasih Aku Slalu Disampingmu” yang ditulis Soetedjo.

Tahun lalu, Indra Lesmana berinisiatif mendokumentasikan album Bubi Chen Kwartet ini dalam format CD. Sayangnya proses remastering yang dilakukan Danny Ardiono di Inline Studio menggunakan source dari piringan hitam, bukan langsung dari master reel. Jadi memang tak bisa menghasilkan bunyi yang maksimal. Bunyi kretak-kretak khas piringan hitam sangat terasa dan agak sukar untuk diredusir. Namun upaya menghadirkan album jazz langka ini patut dihargai setingi-tingginya.

Album Bubi Chen Kwartet ini oleh Demajors Record lalu diberi judul “Buaian Asmara” dan diberi lukisan Bubi Chen sebagai cover album.

Judul Album : Bubi Chen & Kwartet
Label : Lokananta
Tahun Rilis : 1963
Format : Piringan Hitam
Judul Remastered : Buaian Asmara
Label : Demajors
Tahun Rilis : 2007
Format : Compact Disc

Track List:
1. Buaian Asmara (composed & arranged by Bubi Chen)
2. Semalam (composed & arranged by Jack Lemmers)
3. Sri Ajuda (composed by Soetedjo, arranged by Bubi Chen)
4. Lajang Lajang (composed & arranged by Bubi Chen)
5. Merindu (composed & arranged by Jack Lemmers)
6. Kasih Aku S’lalu Disampingmu (composed by Soetedjo, arranged by Bubi Chen)
7. Hampa (composed & arranged by Bubi Chen)
8. Kenangan Mesra (composed & arranged by Jack Lemmers)

3 Comments

  1. Syukurlah,masih ada yang mengingat khazanah musik Indonesia terutama jazz yang sangat langka sekali dokumentasi album albumnya.
    Seneng juga nih mas Denny Sakrie akhirnya memunculkan reviewnya di Wartajazz.Teruskan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker