Review

Jopie Item & Rien Djamain – Jopie Item Combo

Judul Album : Jopie Item Combo
Artis : Jopie Item & Rien Djamain
Label : Pramaqua
Tahun Rilis : 1977

Tracklist
Side A
1.Jangan
2.Semusim
3.Setetes Embun
4.Seindah Bunga
5.Kejam
6.Mengapa Susah

Side B
1.Mama
2.Pilihanku
3.Putih
4.Fever
5.Pussycat

yopie-item-comboAntara Tahun 1975-1978 Jopie Item Combo, merupakan grup jazz rock yang aktif tampil dalam beberapa acara musik di TVRI serta cukup produktif menghasilkan album album bercorak pop jazz yang kadang lebih dikenal sebagai sajian musik jazzy.

Jopie Item Combo terdiri atas Jopie Reinhard Item (gitar,synthesizers), Alex Faraknimella (keyboards), Karim Suweilleh (drums) dan Wempy Tanasale (bass elektrik) serta pemain tamu Romy Katindig, pianis jazz asal Manila Philipina.

Dengan menampilkan sosok Rien Djamain, tampaknya Pramaqua sebagai label ingin mengulang apa yang pernah dilakukan Jack Lesmana saat merilis album Rien Djamain “Api Asmara” melalui label Hidayat Audio Bandung di tahun 1975.

Suara Rien Djamain memang smooth dan jazzy. Warna suara Rien Djamain memang bisa menyatukan dua kubu musik yang berbeda karakter: jazz dan pop. Apalagi eksploitasi musik yang dikembangkan Jopie Item termasuk mampu menyelami relung selera penggemar musik belia. Sentuhan permainan gitar Jopie Item yang terasa banyak dipengaruhi karakter rock yang lugas, membuat album ini memiliki dinamika yang terjaga.

Simak pula pola permainan bass Wempy Tananasale yang cenderung ke groove funk yang menghentak dan bertabur sinkopasi.

Repertoar lagu yang disenandungkan Rien Djamain sesungguhnya merupakan komposisi pop. Namun berkat dibalut arransemen Jopie Item yang terasa banyak memendam elemen progresif, komposisi yang ditampilkan alhasil seperti mengalami sebuah makeover.

Rien Djamain juga menghadirkan sebuah komposisi standar seperti “Fever” yang ditulis pasangan komposer Eddie Cooley dan John Davenport dan juga “Pussy Cat” karya Cy Coleman dan Bill Schluger.

Album ini tepat untuk anda yang baru ingin berkenalan dengan musik jazz. Walaupun sangat disayangkan album ini termasuk album langka yang sudah susah untuk ditemukan dan telah menjadi koleksi para kolektor musik sejati.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker