InterviewJava Jazz Festival

Wawancara dengan Paul Dankmeyer

Tiga puluh lima hari jelang perhelatan akbar tahunan Djarum Super Mild Java Jazz Festival 2013 akan digelar, tanggal  1 hingga 3 Maret 2013 mendatang, kami ingin menginformasikan sejumlah perkembangan terbaru seputar lineup dan beberapa pertanyaan yang mengemuka terutama di jejaring sosial seperti Twitter.

Oleh karenanya kami mencoba mengorek beberapa informasi melalui Paul Dankmeyer yang bertanggung jawab mengurusi program artis utamanya musisi internasional di Java Jazz Festival 2013.

Pertanyaan kami adalah tentang beberapa penampil yang sudah pernah diundang sebelumnya baik lewat acara Java Jazz Festival ataupun kegiatan lain. Salah satu musisi yang sudah pernah tampil tersebut misalnya, Bob James, Fourplay, New York Voices sampai Brian Simpson, Chuck loeb dan lain-lain.

Paul Dankmeyer mengungkapkan bahwa Java Jazz Festival adalah sebuah festival besar yang berkeinginan menampilkan banyak nama. Diantara nama-nama tersebut ada yang telah tampil di tahun-tahun sebelumnya. “Jika artis yang dimaksud datang kembali, hal itu dikarenakan nama mereka yang cukup populer atau karena kelompok atau artis dimaksud sedang melakukan tour di Asia sehingga lebih beralasan untuk menampilkan mereka. Beberapa nama yang disinggung diatas adalah “pengiring” beberapa artis, misalnya Brian Simpson yang mendukung penampilan Toni Braxton, Dianne Warren, Phil Perry dan banyak lainnya”, demikian ia menjelaskan.

Lebih lanjut kami menanyakan alasan menampilkan Basia dan Lisa Standsfield dalam special shows, Paul menjawab, “Jika nama [yang kami undang] terkenal, terkadang kami harus melakukan penjualan tiket special shows karena biaya yang diperlukan [untuk mendatangkan] artis tersebut cukup tinggi atau karena kami harus mengontrol crowd dan memastikan tidak terjadinya chaos. Sebab ukuran [penonton yang datang memenuhi -red] kapasitas dari festival lebih besar dari tempat dimana sang artis terkenal tampil”.

Namun berbeda dengan Fourplay justru tidak menjadi spesial shows karena “Pengalaman kami, mereka pernah tampil disini beberapa kali. Jadi lebih sedikit keinginan untuk menjadikannya spesial shows. Sementara Basia dan Lisa Stansfield belum pernah datang atau pernah diwaktu yang lampau”, imbuhnya.

Yang menarik, pada akhir Februari dan awal Maret Norah Jones berada di Singapura dan India. Namun sayang meskipun sudah melakukan koordinasi dengan booking agency Norah, kelihatannya jadwal pianis dan penyanyi asal Amerika Serikat ini padat sehingga tampaknya belum bisa ditampilkan di Java Jazz Festival 2013.

Apakah ada musisi dari Eropa utara yang akan datang? Java Jazz Festival masih mengerjakan hal tersebut. Namun yang pasti Dutch Jazz Orchestra of the Concertgebouw – salah satu orkestra menawan dari Belanda, dipastikan akan datang dan akan mengiringi penyanyi Gregory Porter.

Gregory Porter sendiri akan didampingi musisi asal skandinavia yaitu Magnus Lindgren (reeds) dan bassis asal New York yang pernah ke Jakarta beberapa tahun silam, Ira Coleman.

Sementara itu, susunan penampil dari kelompok alumni Miles Davis, Miles Smiles akan datang dengan formasi sungguh menarik yakni Larry Coryell (gitar), Wallace Roney (trumpet), Rick Margitza (Tenor Saxophone), Darryl Jones (bass), Omar Hakim (drums), Joey DeFrancesco (hammond B3) namun minus Robben Ford

Penyanyi Roberta Gambarini yang kembali datang akan manggung bersama Roy Hargrove (Trumpet) pada seksi rhythm dan tampil sekali dengan bigband.

So, jadi tambah tertarik menonton Java Jazz Festival 2013?. Buruan pesan tiketnya sekarang karena harga tiket akan selalu naik IDR 5.000 (lima ribu rupiah), setiap harinya.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker