News

KONSER PAUL VAN KEMENADE JAZZ QUINTET(BELANDA)

Penggemar Jazz di Jakarta sekali lagi mendapatkan hiburan gratis berupa konser Jazz yang mengetengahkan musisi asal Belanda yaitu Paul Van Kemenade Jazz Quintet. Sabtu malam lalu (23/09/2000) bertempat di Gedung Erasmus Huis, Kuningan Jakarta, 5 musisi asal Belanda menghibur penonton yang merupakan rangkaian kegiatan budaya Friends of Erasmus Huis.

Antusiasme penonton malam itu membuat para musisi yang terdiri dari Paul van Kemenade (saxophone), Jeroen van Vliet (piano), Hans Sparla (trombone), Eric van der Westen (contrabas), dan Pieter Bast (percussion), bermain dengan penuh semangat. “Saya sangat senang pertunjukan kami malam ini mendapat sambutan yang sangat meriah”, demikian diutarakan Paul kepada WartaJazz.com

Pertunjukan malam itu sendiri dibagi dalam dua bagian dengan istirahat selama kurang lebih 15 menit. Dan mereka membawakan sejumlah lagu yang ciptaan mereka sendiri dan diakhir acara sebuah karya dari pianis kenamaan Duke Elington. Ketika membawakan nomor “Moze Mooth” Paul van Kemenade sempat tersipu malu ketika penonton mensoraki-nya. “Lagu ini saya ciptakan untuk kekasih saya, dia bahkan tidak tau kalau saya menciptakan untuknya”, kata Paul.

The Paul van Kemendade Quintet sendiri didirikan pada tahun 1982. Keistimewaan kelompok ini adalah mereka membawakan lagu karya sendiri. Kelompok ini mencoba meramu unsur-unsur improvisasi musik modern Eropa dengan unsur-unsur jazz Amerika, musik Afrika dan Spanyol, musik klasik dan tentu saja musik pop. “Music adalah Universal Language, dan kami tertarik untuk melakukan rekaman dan bekerja sama dengan musisi Indonesia jika kesempatan itu ada”, ujar Paul menambahkan. Awal tahun ini sebuah penghargaan untuk Musik Jazz Belanda berupa The Boy Edgar Prize, diberikan kepada kelompok ini.

Jeroen van Vliet yang merupakan anggota termuda mengatakan, “Saya sangat gembira, kami sangat menikmati bermain di Jakarta, publik disini sangat antusias. Kami berharap dapat kembali lagi tahun depan”.

Selain manggung di Jakarta, kelompok ini juga akan mengunjungi Bandung (26/09) dan Yogyakarta (27/09) sebagai rangkaian kegiatan pertunjukan mereka di Indonesia. Jadi jangan lewatkan kesempatan ini. Selamat menonton.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker