News

BERITA TERBARU DARI SAVOY JAZZ

Sebagaimana diketahui, para pioneer bebop seperti Charlie Parker, Dexter Gordon, Miles Davis, Stan Getz, Fats Navarro maupun JJ Johnson di mana sebagian album mereka dikeluarkan oleh sebuah perusahaan rekaman yang ber-base camp di New Jersey, Savoy Jazz. Disamping itu juga banyak ditemukan dokumentasi beberapa rekaman-rekaman gospel, R&B dan musik blues dalam katalog Savoy Jazz.

Pada musim gugur mendatang, label ini akan merayakan ulangtahunnya yang ke-60. Perusahaan ini sekarang dikelola oleh sebuah tim mantan para pengusaha perusahaan rekaman ternama dan akan segera mengaktifkan kegiatan produksinya.

Sebuah susunan katalog klasik dan berbagai program reissue serta penetapan harga juga akan menandai penghidupan kembali label ini. Dalam tradisi yang berkualitas dimana pada tahun lalu Grammy menominasikan sebuah album box set milik Charlie Parker dari Savoy Jazz dan ada kemungkinan juga Savoy Jazz mengeluarkan paket tunggal, dobel dan tripel koleksi dari Charlie Parker, Red Norvo maupun Dizzy Gillespie.

Paket yang dikemas secara bagus ini mempersembahkan transfer digital 20 bit yang baru dari sesi aslinya dan master tape serta tidak ketinggalan pula terdapat catatan yang mendalam dalam kemasan digipak yang berwarna perak dan hitam. Secara singkat beberapa koleksi album Savoy Jazz yang diproduksi ulang adalah; ‘Charlie Parker: The Best of the Complete Live Performances on Savoy’. Di sini termasuk juga 12 komposisi yang disisihkan dalam penampilan bersejarah di Royal Roost pada tahun 1948 dimana Miles Davis dan Max Raoch terlibat di dalamnya.

‘The Modern Red Norvo’ yang memakan survai yang lama itu, menampilkan dua komposisi yang sebelumnya belum pernah dikeluarkan di antara 41 komposisi yang lain yang berhasil memotret dalam fase paling produktifnya yang dibentu oleh Charlie Parker, Charles Mingus, Dizzy Gillespie, Teddy Wilson dan lain-lain.

‘Dizzy Gillespie: Odyssey 1945 – 1952’ yang menelusuri kemunculan Dizzy Gillespie sampai menonjol sebagai salah satu penggagas dan juru bicara bebop. Di musim panas mendatang masih ada jadwal releases yang lain seperti koleksi dari Stan Getz, Lester Young, JJ Johnson, Billy Eckstine dan masih banyak lagi yang diantaranya diproduksi oleh produser pemenang Grammy berulangkali mendiang Orrin Keepnews.

Sebagaimana dikatakan oleh Steve Backer selaku wakil direktur bagian A&R, ‘Saya merasa gembira kalau kita bisa mendapatkan kembali suasana tersebut dengan berbagai variasi proyek dan sesuatu yang penuh arti terutama juga kami semua sangat senang dengan kembalinya Savoy Jazz dalam aktivitas rekaman setelah lama berhenti. Kita sekarang juga sedang mengadakan negosiasi kepada beberapa musisi jazz serta menerima demo permohonan untuk masuk label ini. Bisa berhubungan langsung ke steveb@savoyjazz.com.

Hal ini barangkali akan bertolak belakang dengan kondisi industri rekaman sekarang ini atas kesulitan perkembangan para musisi, namun kami rasa masih positif untuk dapat menyumbangkan apa yang akan menjadi trend musik jazz ke depan’.

Selain itu Backer juga menambahkan bahwa dia membuat sebuah pendekatan menyenangkan yang baru yaitu dengan mengambil dari salah satu koleksinya Charlie Parker yang berjudul ‘Bird Up’ untuk di-remix oleh para DJ yang berpengaruh ke dalam irama hip-hop, disko dan berbagai musik elektronik. Demikian juga dengan proyek dimana beberapa musisi pop dan rock mempersembahkan penghormatannya terhadap karya-karya Charlie Parker.

Program lain dari Savoy Jazz adalah mengeluarkan produk yang berjudul ‘Savoy at 60 Timeless’. Paket yang terdiri 2 CD ini mempersembahkan pengenangan kembali atas saat-saat penting bagi sejarah label ini yang dalam bookletnya ditulis oleh sejarawan Billy Vera dan terdiri dari kompilasi beberapa koleksi dari Charlie Parker, Cannonball Adderley, Dizzy Gillespie dan Miles Davis. Tentunya juga dengan kualitas suara yang lebih bagus dari aslinya.

Rangkaian kampanye ini akan dilaksanakan dengan program pemasaran dan promosi yang gencar. Informasi lebih lengkapnya ada di www.savoyjazz.com. Savoy Jazz sendiri merupakan bagian dari Savoy Label Group di mana dibentuk dan dihidupkan kembali oleh perusahaan rekaman tertua dari Jepang (Nippon Colombia). Produk dari Savoy Jazz ini nantinya akan didistribusikan oleh salah satu perusahaan distribusi independen terbesar di Amerika Serikat, Red Distribution.

Sebuah tim manajemen sepenuhnya baru yang menjanjikan ini terdiri dari mantan pengusaha teras label BMG yang kemudian mendapat tempat di Nippon Colombia. Strauss Zelnick diangkat menjadi CEO dan Jack Matsumura sebagai Presiden dari Nippon Colombia. Terpilih untuk mengatur Savoy Label Group adalah mantan dari kepala BMG Classics dan Windham Hill, Steve Vining sebagai Presidennya. Sedangkan mantan kepala RCA / Novus, Bluebird, Arsita Jazz dan Impulse! Steve Backer menjadi Wakil Presiden bagian A&R.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker