NewsProfile

REZ ABBASI – OUT OF BODY

REZ ABBASI – OUT OF BODY
2002, Feroza Music

Komposisi:
1. To Your Perfection 6:28
2. Out Of Body 5:53
3. Winners Circle 4:31
4. Phospor Colors 5:05
5. Ganges 9:55
6. Gold Rush 7:34
7. Half The Battle 7:31
8. Smile At Darkness 7:35
9. Dark Bones 10:06
Musisi :
Rez Abbasi : Guitar
Ron Horton : Trumpet
Tony Malaby : Saxophone
John Hebert : Bass
Bruce Hall : Drums
Out of Body merupakan album ketiga dari gitaris Rez Abbasi yang berasal dari Pakistan dan sekarang bermukim di Amerika, dalam album ini Rez bermain dengan bermacam variasi style jazz, dari groovy oriented, hard bop dan post bop sampai free jazz oriented.Gaya permainan gitar dari Rez banyak mengingatkan pada gaya Jim Hall, Pat Metheny dan Bill Frissel yang sepertinya banyak mempengaruhi gaya bermain Rez meskipun dia dapat memadukannya dan memiliki sound yang khas tersendiri. Dukungan para musisi yang saat ini cukup diperhitungkan di blantika musik jazz seperti saxophonist Tony Malaby dan trumpetist Ron Horton sangat mendukung kesuksesan album ini.

Beberapa komposisi yang patut disimak dan bisa dikatakan menjadi hilight dan kekuatan pada album ini anatara lain lagu “Out Of Body” dan “Ganges” , lagu ini meskipun terkesan beatnya groovy tapi dengan Rez memasukkan unsur-unsur musik timur tengah (meskipun tidak terlalu kentara sekali) yang dimainkan oleh duet saxophone dan trumpet, membuat lagu ini cukup unik. “Winner Circle” merupakan lagu yang sarat improvisasi dari para pemainnya dan cendrung ke gaya post bop. Dua lagu ballad yang terkesan manis dengan permainan akustik gitar yang lembut dari Rez terdapat pada lagu “Phospor Colors” dan “Smile At Darkness”, terutaam di lagu “Smile At Darkness” permainan saxophone Tony Malaby (yang mengingatkan pada gaya Sonny Rollins) ikut memperkuat nuansa yang lembut dari lagu ini. “Dark Bones” yang benuansa bluesy tapi sarat improvisasi dan dialog dari para pemainnya di tempatkan Rez sebagai lagu penutup album ini.
Yang patut dicatat juga dari album ini adalah dukungan rhytm section yang sangat kuat dan juga dialog musikal dari para musisinya yang saling mendukung dan kompak,dan dengan bermacam-macam orientasi musiklah membuat album ini tidak akan membosankan untuk didengar. (Ajie/*/WJ)

Link terkait:
Rez Abassi website
Beli album ini
Beli album Rez Abassi yang lain

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker