NewsProfile

THEO TRAVIS – HEART OF THE SUN

THEO TRAVIS – HEART OF THE SUN
33 Records 33JAZZ063

Komposisi:
1. All I Know 6:57
2. Northern Lights 5:53
3. Fast Life 5:16
4. Barking Dogs and Caravans 8:42
5. Here’s That Rainy Day 5:43
6. That Old Smile 8:26
7. Last Flight From Twinwood 5:39
8. Bass Rock 16:41

Musisi :
Theo Travis : Tenor saxophone , soprano saxophone, flute
David Gordon :
Piano, Hammond C3 organ (kecuali track 7)
Stefan Weeke :
Double bass (track 1, 8)
Andy Hamill :
Double Bass (track 2 – 7)
Palle Mikkelborg :
Trumpet, flugelhorn (track 2, 3, 5, 7)
Stewart Curtis :
Clarinet, Bas clarinet (track 7)
Mark Wood :
Guitar (track 4, 6, 7)
Daevid Allen :
Glissando guitar (track 5)
Björn Lücker :
Drums (track 1, 5, 8)
Marc Parnell :
Drums (track 2, 3, 4, 6, 7)

Theo Travis merupakan saxophonist muda dari London Inggris dengan penjelajahan musikal yang bervariasi, selain solo albumnya yang mengusung modern jazz dan juga beberapa improvised music dia juga menjelajah ke musik lain antara lain, progressive rock (bersama grup Gong, New York Gong , Porcupine Tree, dan Jade Warrior), ambient electronic (bersama grupnya Cipher). Di tahun 1994 albumnya “View from the edge” terpilih sebagai Best British Jazz CD,oleh British Jazz Awards di tahun 1996 dan 1998 dia dinominasikan sebagai Rising Star dan pada tahun 1993 meraih penghargan sebagai Best New Comer.

Di album Jazz-nya “Heart of The Sun” Travis membuat album ini penuh variasi dan merupakan penyatuan visi musikalnya yang menjelajahi berbagai macam style musik, di album ini dia juga menggandeng trumpetis “impresionis” Palle Mikkelborg dan gitaris group Gong, Daevid Allen yang ikut memperkaya nuansa di album ini. “Northern Light” sebuah lagu yang mengingatkan pada modal jazz ala Miles Davis, dengan soundscapes yang meberikan nuansa hypnotic dan permainan trumpet yang cool membuat lagu ini sangat impressive. “Fast Life” ada kesan memasukkan beat funk dan ambient loop pada rhytmn sectionnya hanya memang divariasikan sedemikian rupa sehingga beatnya tidak monoton. sebuah lagu standard dari Jimmy Van heusen & Johny Burke bertitel “Here’s That Rainy Day” digarap dengan sangat kreatif sekali dan unik, dengan dilatar belakangi musik ambient loop dari rhythm section, kemudian melodi yang dimainkan saxophone dan trumpet secara bersamaan ataupun bergantian dan permainan glisando gitar dari Daevid Allen yang kadang menyela secara tidak terduga dilatar belakang membuat nuansa yang sangat pas dengan judul lagunya. Di lagu “That Old Smile” Travis menyisipkan duet free improvisasi dari gitar dan organ pada pertengahan lagu, pada komposisi “Last Flight From Twinwood” (lagu ini untuk mengenang penerbangan terakhir Dari Glenn Miller yang hilang di selat inggris) lebih menonjol kesan sebagai musik kontemporer dan ilustratif dengan nuansa yang mystis dan gelap, lebih terasa sebagai kombinasi cool jazz dan chamber music tapi dengan distorsi gitar di latar belakangnya, dialog trumpet, saxophone dan clarinet menjadi kekuatan lagu ini. Sebuah komposisi ballad yang panjang “Bass Rock” menutup album ini, lagu ini terinspirasi oleh sebuah tempat yang bernama Bass Rock, sebuah pulau volcanic yang dihuni oleh ribuah jenis burung.

Album ini secara keseluruhan sangat variatif dan menampilkan kepiawaian Theo Travis baik sebagai komposer dan musisi yang kreatif dengan konsep dan visi yang kuat. (Ajie/*/WJ)

Link terkait:

Website 33 Jazz

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker