NewsProfile

PERJALANAN GROUP LEVEL 42


Perjalanan group Level 42 dimulai pada awal terbentuknya yaitu tahun 1980, dimulai dari Gould bersaudara (drumer Phil Gould dan gitaris Boon Gould) bersama Mark King disekitar tahun 1979 yang bermain bersama disejumlah band di Isle Wright, kemudian Phil bertemu dengan keyboardis Mike Lindup. Kecocokan antara Phil dan Mike dimulai dengan ketertarikan mereka pada musik yang sama dan mereka sama-sama menyukai musisi-musisi jazz seperti Miles Davis, John McLaughlin, Keith Jarrett dan Jan Hammer, kemudian Mike diperkenalkan pada Mark King dan selanjutnya mereka sering bermain musik bersama.

Di bulan Mei 1980, Andy Sojka pimpinan sebuah label independent melihat mereka bermain dan tertarik pada musik yang dimainkan oleh mereka dan menawari untuk membuat rekaman. Bulan July 1980 mereka merilis debut single pertamanya dibawah bendera Elite Records bertitel “Love Meeting Love” yang bergaya Jazz Funk dan fusion yang menghentak dengan kekuatan rhythm section, terutama pada bass gitar, gitar listrik dan syncope permainan drums, dan single ini masuk dalam Disco/Funk charts di Inggris yang membuat perusahaan rekaman besar Polydor mulai melirik mereka dan di akhir tahun 1980 mereka melakukan kontrak dengan Polydor. Dibawah produser Mike Vernon dari Polydor mereka menghasilkan single “Love Games” yang sukses masuk dalam deretan Top 40 dan menjadi salah satu lagu “classic” Level 42 sampai saat ini.

Kesuksesan single ini dilanjutkan dengan pembuatan album mereka yang bertitel “Level 42” yang mendapat sambutan hangat dan sukses di Eropa dan selama dua masuk dalam deretan Top 20. Mereka juga suskses dalam tournya ke Jerman dan Belanda, bahkan single dan album mereka di Belanda masuk dalam deretan Top 5 dan mereka mendapatkan penghargaan piringan emas pertamanya sebagai gold album.

Sepertinya kesuksesan selalu datang pada Level 42, pada awal Januari sehubungan dengan banyak permintaan dari para fans mereka, Level 42 merilis album “The Early Tapes July/August 1980” yang merupakan materi-materi dari rekaman mereka selama di Elite Records, dan konser mereka di Hammersmith Odean di London yang merupakan tempat konser yang legendaris dan bergengsi mencapai sukses dan setiap pertunjukannya selalu sold-out. Di awal musim panas tahun 1982 Level 42 bersama produser Mike Vernon kembali merilis album mereka dibawah label Polydor bertitel “The Pursuit Of Accidents” dan mereka juga mengadakan tour keliling ke negara-negara Eropa yaitu Inggris, Perancis, Swiss, Austria, Belanda, Belgia dan Jerman. Album ini juga masuk dalam deretan Top 20 dan single yang bertitel “Weave Your Spell” dari album ini juga amsuk dalam deretan lagu Top 20 begitu juga remix dari lagu mereka “The Chinese Way (Extended John Luongo Remix)”. Dengan semakin suksesnya Level 42 mendapatkan perhatian publik mereka juga banyak tampil dibeberapa media televisi termasuk di acara bergengsi dari BBC yaitu “Sight And Sound In Concert” series.

Gaung dari Level 42 ternyata tidak hanya di Eropa saja, bahkan mereka juga menarik perhatian dari anggota Earth, Wind and Fire yaitu Larry Dunn dan Verdine White yang tertarik untuk membuat album bersama mereka, dan di bulan April 1983 mereka merilis single mereka “Out Of Sight, Out Of Mind” yang merupakan sesion mereka pertama bersama Larry Dunn dan Verdine White yang direkam di Los Angles Amerika Serikat. Dan mereka juga membuat album keempat mereka bersma Polydor dengan titel “Standing In The Light” yang menempati deretan lagu Top 10 di Eropa dan Amerika dengan hitsnya The Sun Goes Down (Living It Up)”, selain itu juga mereka sukses mengadakan konser di New York dalam “Britain Salutes New York” festival yang membuat mereka mendapat sambutan yang hangat dari publik penggemar musik disana. Kepopuleran level 42 juga membawa mereka diundang dalam festival jazz bergengsi di Eropa yaitu Montreux Jazz Festival.

Album-album Level 42 maupun single-single yang dirilis oleh mereka selalu mendapat sukses dan selalu masuk dalam daftar Top Charts seperti albumnya yang dirilis pada tahun 1984 bertitel “True Colours” dengan single “Hot Waters” dan “The Chant Has Begun”, juga album mereka yang dirilis pada tahun 1985 bertitel “World Machine” dengan hitsnya “Something About You” dan single “Leaving Me Now” yang masuk dalam Top 10 dan terjual lebih dari tiga juta copy di seluruh dunia. Level 42 juga mendapat penghargaan sebagai Best Funk Act oleh British DJs selama dua tahun berturut-turut.

Pada bulan April 1986 mereka merilis single mereka yang menjadi salah satu lagu hits mereka selanjutnya bertitel “Lesson in Love” dan dilanjutkan merilis album mereka “Running In The Family” pada tahun 1987 dan hanya dalam waktu satu minggu album ini sudah menggaet pernghargaan platinum album dengan terjual berjuta-juta kopi dan bahkan mendapatkan double platinum, dan seperti biasa single merka yang dirilis dalam album ini juga ada yang masuk daftar deretan Top 10 yaitu “To Be With You Again”.

Namun dibalik kesuksesan Level 42 grup ini juga dirundung masalah intern mereka, pada tahun 1987 Phil Gould hengkang dari group ini dengan alasan tidak cocok lagi dengan musiknya yang semakin menuju ke arah “pop” sound dan Boon Gould juga dirundung masalah kesehatan sehingga memutuskan untuk berhenti bermain musik, dan posisi mereka sementara di ganti oleh drumer Neil Conti dan gitaris Paul Gendler.

Pada akhir tahun 1987 setelah pembuatan video lagu “Children Say” yang hanay menampilkan Mark dan Mike dalam clip itu, Mark dan Mike pada tahun mulai mencari pemain tetap untuk grup ini dan pilihan mereka untuk drumer jatuh pada bekas Gary Husband yang bmerupakan bekas pemain drums gitaris Allan Holdsworth dan pernah juga membantu Level 42 pada tahun 1985 saat Phil Gould berhalangan untuk pentas selama seminggu dan Gary Husband juga merekomendasikan Steve Topping untuk mengisi posisi pemain gitar.

Pada awal tahun 1988 Mark, Mike, Gary dan Steve berada di Irlandia untuk latihan dan mempersiapkan album terbaru mereka “Staring at The Sun” tapi pada saat akan rekaman di salah satu studio di Perancis Steve Topping keluar dari band tersebut dengan karena merasa kesulitan untuk beradaptasi dan tetap berada dalam grup ini dan posisinya digantikan oleh gitaris Alan Murphy. Dan rilis album mereka “Staring at The Sun” diikuti oleh tour mereka selama empat bulan keliling Eropa.

Setelah konser, Mike dan Mark kembali ke studio untuk merencanakan album mereka selanjutnya dan di bulan Juli 1989 mereka sempat muncul sebagai “house-band” pada The Prince’s Trust Concert yang diadakan di NEC Birmingham, mereka didukung grup-grup band lain seperti Spandau Ballet, Mike & The Mechanics, Andy Bell of Erasure, Alexander O’Neal dan masih banyak lagi dari berbagai macam style musik.

Tapi tampaknya cobaan yang dihadapi grup ini terus berlangsung dengan meninggalnya gitaris Alan Murphy karena sakit ynag diduga karena gejala AIDS pada bulan Oktober 1989, hal ini membuat Level 42 membatalkan program promosi mereka sehubungan dengan dirilisnya single terbaru mereka “Take Care of Yourself” yang dirilis awal oktober 1989. Pada bulan November 1989 mereka mengeluarkan album “Level Best” yang merupakan kumpulan lagu-lagu terbaik mereka dan hanya dalam waktu tiga minggu album ini meraih double platinum.

Diantara kesibukan para personelnya dimana Mike Lindup sibuk dengan proyek solo albumnya dan membantu beberapa musisi diantaranya, membantu tour Allan Holdsworth, Gary Husband juga sibuk tour dengan Allan Holdsworth, Mark juga sibuk menulis lagu untuk beberapa artist diantara Rick Astley dan Drew Barfield, selain sibuk mengurus cafe “JOE DAFLO’s” miliknya.

Pada tahun 1991 Level 42 mengadakan kontark dengan RCA/BMG untuk merilis album mereka yang bertitel “Guaranteed”, dan single mereka “Guaranteed” masuk dalam deretan Top 40, rilis album ini juga dikuti oleh promo tour mereka keliling Eropa. Formasi Level 42 untuk album ini adalah Mike Lindup, Mark King, Gary Husband dan gitaris Jakko Jakszyk yang pernah membantu grup Swing Out Sister.

Pada tahun 1993 Gary Husband memutuskan keluar dari Level 42, pada akhir tahun 1993 Level 42 yang hanya tinggal Mike dan Mark merencanakan album baru dan mereka dibantu oleh bekas drumer dan teman lama mereka yaitu Phil Gould dan gitaris Danny Bloom meskipun Phil hanya membantu pada saat session studio dan tidak ikut dalam tour mereka.

Dan pada tahun 1994 keluarlah album mereka “Forever Now” dan dua single mereka dari album ini “Forever Now” dan “All Over You” berhasil masuk dalam deretan Top 40 di Inggris. Setelah tour mereka keliling Eropa dan konser mereka di London’s Royal Albert Hall pada tanggal 14 Oktober 1994, Level 42 aktif dan terdengar lagi dan para personilnya masing-masing mempunyai kegiatan sendiri-sendiri.

Dan pada tahun 2002 Mark King berinisiatif mengaktifkan kembali Level 42 dan mengadakan sejumlah tour konser, dan formasi Level 42 saat ini yang telah berkeliling melakukan konser keliling dunianya termasuk pada bulan Juni nanti akan tampil di Indonesia adalah Mark King (bas, vocal), Garry Husband (drums), Lyndon Connah (keyboards/vokal), Nathan King (gitar/vokal) dan Sean Freeman (saxophone), dan diharapkan konser-konser mereka akan mengembalikan citra Level 42 sebagai salah satu grup fusion dan jazz funk terbaik yang predikatnya telah menempel pada mereka sejak tahun 80-an, selain itu pada awal Januari 2003 Polydor kembali mengeluarkan album “The Very Best of Level 42”.

Aakankah Level 42 kembali mencapai kejayaanya dengan semakin banyaknya grup sejenis yang muncul ditambah lagi ketatnya persaingan di blantika musik jazz dunia, bisakah Level 42 kembali menarik para fans-nya dan memunculkan fans baru bagi mereka? Mungkin waktu juga yang akan membuktikan dan kita lihat saja bagaiman penampilan mereka pada konser di Indonesia pada bulan Juni 2003 mendatang. (WJ/*/berbagai sumber)

Discography Level 42
Level 42 – The Early Years (1980)
Level 42 (1981)
The Pursuit of Accidents (1982)
Standing in the Light (1983)
True Colours (1984)
A Physical Presence (1985)
World Machine (1985)
Running in the Family (1987)
Running in the Family (Platinum Edition) (1987)
Staring at the Sun (1988)
Guaranteed (1991)
Forever Now (1994)
The Very Best of Level 42 (2003)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker