News

KONSER SIMAKDIALOG & GILANG RAMADHAN BAND DI JAMZ

Kelompok yang mengusung gaya adult contemporary jazz, simakDialog dan Nera Band akan tampil di Jamz Pub Selasa 1 Juli 2003 mulai pukul 21.30 wib. Demikian yang diungkapkan Riza Arshad, pimpinan kelompok ini kepada WartaJazz.com Kamis (26/06) lalu per telepon.

simakDialog yang terdiri dari Riza Arshad (piano elektrik, keyboard & akordion), Tohpati Ario Hutomo(gitar), Jalu B. Pratidina (perkusi) dan Aditya Pratama (bass) akan tampil bersama Nera Band yang terdiri dari Gilang Ramadhan(drum), Ivan Nestor(Vocal), Adi Darmawan(bass), Donny Suhendra(gitar) dan Krisna Prameswara(keyboard).

Tampilnya dua kelompok ini di Jamz merupakan hal yang menarik. Maklum kedua kelompok ini digawangi oleh nama-nama besar dalam blantika musik Indonesia khususnya Jazz. Bagi anda yang tertarik menonton acara ini dan memperlukan informasi lebih lanjut silakan hubungi Jamz Pub di Jl. Garnisun Dalam 8, Karet Semanggi, Jakarta 12930 Telepon : 62-21-5745670.

***

simakDialog merupakan kelompok yang unik. Album terakhir mereka “Trance/Mission”, merupakan salah upaya Riza Arshad, Tohpati, Aditya dan Jalu Pratidina, untuk bermain jazz dan memunculkan gaya mereka sendiri. Eksplorasi mereka juga nampak lebih memiliki konsep terutama jika dibandingkan dengan dua album sebelumnya, “Baur” dan “Lukisan”.

Para pendukung simakDialog bukanlah nama-nama asing terutama dalam industri musik Indonesia. Riza Arshad misalnya, pianis seangkatan Indra Lesmana ini juga dikenal sebagai salah seorang musisi yang sibuk. Jika anda memperhatikan banyak ‘commercial ad’ atau iklan yang ada di televisi, banyak diantaranya yang musiknya dikerjakan Ija. Belum lagi keterlibatannya dalam Indra Lesmana Reborn misalnya. Proyeknya yang lain seperti yang pernah direkamnya antara lain kerja bareng bersama Oele Pattiselanno dalam album bertajuk “Talks“.

Atau Tohpati atau yang akrab disapa Bontot, telah mengeluarkan 2 album lewat Sony Music Indonesia yaitu “Tohpati” dan “Serampang Samba“, pun juga dikenal sibuk dengan kegiatan musiknya mengiringi sejumlah musisi top negeri ini selain juga aktif didunia rekaman.

Sementara Jalu Pratidina merupakan musisi yang khas dengan kendang sundanya. Ia kerap tampil di televisi dan sejumlah rekaman seperti yang dilakukannya bersama Bintang Indrianto beberapa lalu, membuktikan keunikan permainannya. Dan Aditya Pratama, bassis muda yang sempat bergabung dengan band fusion Canizzarro, juga saat ini bermain sebagai additional bass player dikelompok The Groove.

***

Sementara Nera Band memiliki nama-nama yang juga tak kalah ternamanya. Sebut saja Gilang Ramadhan. Suami Shanaz Haque dan ayah dari dua anak ini sempat bergabung dengan berbagai kelompok ternama tanah air. Sebut saja Krakatau, Adegan, GIF(Gilang, Indra, Fariz) dan lain-lain. Salah satu yang menarik adalah drumset yang digunakan Gilang, boleh dibilang yang paling banyak sendiri dibandingkan drummer jazz lain di tanah air.

Sementara Donny Suhendra, seperti halnya Gilang juga merupakan mantan personil Krakatau. Ia banyak berkecimpung dalam industri rekaman dan pendidikan musik di Indonesia. Albumnya “Disini Ada Kehidupan” telah dirilis dibawah label Chico&Ira Productions.

Adi Darmawan merupakan salah satu bassis yang kerap tampil diberbagai kelompok di Indonesia. Ia sempat pula membantu simakDialog, Dwiki Dharmawan dan sejumlah musisi top Indonesia. Sedangkan Krisna Prameswara dikenal lewat kelompok progressif Discus bersama Iwan Hasan dan kawan-kawan.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker