News

TOOTS THIELEMANS – ONLY TRUST YOUR HEART


Concord Jazz CCD4355

Komposisi:
1. Speak No Evil (Wayne Shorter)
2. Estate (Bruno Martino – Bruno Brighetti)
3. Three And One ((Thad Jones)
4. Rain Waltz (Fred Hersch)
5. All Of You (Cole Porter)
6. The Dragon (Toots Thielemans)
7. Only Trust Your Heart (Toots Thielemans)
8. Sophisticated Lady (Duke Ellington – Irving Mills – Mitchell Parish)
9. Hello Young Lovers (Richard Rodgers – Oscar Hammerstein II)
10. Sarabande (Fred Hersch)
11. Little Rootie Tootie (Thelonious Monk)
12. We’ll Be Together Again (Carl Fischer – Frankie Laine)

Musisi:
Toots Thielemans – harmonika
Fred Hersch – piano
Marc Johnson – bass
Harvie Swartz – bass
Joey Baron – drums

Nama Toots Thielemans di dunia musik sudah menjadi semacam icon, karena ia dikenal dalam beberapa genre musik. Anak-anak mengenal permainan harmonikanya dalam serial Sesame Street, demikian pula penggemar bintang pop Billy Joel dan Vanessa Williams menikmati penampilannya di album artis favorit mereka. Siulannya yang unison dengan permainan gitarnya juga dikenal dalam iklan Old Spice, Firestone, Singer dan Dogburgers, setelah hitnya yang terkenal di tahun 1962, Bluesette.

Virtuoso harmonika yang saat ini telah berusia 82 tahun dan dilahirkan pada 29 April, tanggal dan bulan yang sama dengan Duke Ellington ini masih berkiprah, baik dalam pertunjukan maupun rekaman dengan berbagai artis. Baru-baru ini ia dianugerahi gelar Jazz Miscellaneous Instrument Player of the Year untuk tahun 2004 oleh Asosiasi Wartawan Jazz, dan masih menerima beberapa penghargaan lain. Di negara kelahirannya, Belgia, ia masih diberi kehormatan untuk melantunkan lagu kebangsaan kerajaan Belgia dengan harmonika pada saat start ajang bergengsi Grand Prix Formula 1 di Francorchamps, 29 Agustus 2004 yang lalu.

Ia tidak menciptakan terobosan baru dalam memainkan musik selain dari upaya mengekspresikan pribadinya dalam permainan harmonika jazz, ketika pada akhir tahun 40an sedang mencari-cari bentuk di tengah-tengah kelahiran bebop dengan banyak pelopor, seperti Charlie Parker, Miles Davis, Benny Goodman dan Milt Jackson.

Memainkan harmonika kromatik tetap memerlukan upaya ekstra untuk mengikuti misalnya lick seorang pemain saksofon. ”The Trane goes by so fast!”, ujar Toots tentang solo permainan Coltrane ketika ia merekam album Captured Alive. Pada saat ini telah lahir banyak pemain harmonika dengan kemampuan teknik tinggi bahkan sanggup memainkan ciptaan Hermeto Pascoal yang rumit itu. Namun, kesan utama yang akan didapatkan pencinta permainan harmonika dan pemula ketika mendengarkan Toots, adalah bahwa ia masih lebih mengutamakan ekspresi perasaannya dibandingkan dengan teknik permainan yang tinggi, walaupun kemampuan tekniknya juga tidak lagi diragukan. Penulis review Harvey Siders tanpa malu-malu mengakui bahwa ia sampai menitikkan air mata ketika mendengarkan permainan Toots pada lagu Ray Brown ”Brown Ballad” pada Festival Monterey di tahun 1972. Kepopuleran gaya permainan harmonika Toots sedikitnya mempengaruhi beberapa pemain muda seperti William Galison dan Hendrik Meurkens. Ia memuji permainan Stevie Wonder, namun penghargaan tertingginya sebenarnya adalah pada permainan blues tradisional.

Album Only Trust Your Heart yang diproduksi pada tahun 1988 oleh Concord Jazz mewakili kurun waktu pada saat Toots Thielemans bermain bersama sekumpulan musisi pendukung terbaiknya, diantaranya Fred Hersch pada piano, Harvie Swartz dan Marc Johnson pada bas, dan Joey Baron pada drums, merupakan album lama yang cukup mendapat penilaian baik dari kalangan kritisi musik. Toots penuh bermain harmonika Hohner Toots’ Mellow Tonenya tanpa gitar/siul dalam album ini.

Album dibuka oleh ciptaan Wayne Shorter Speak No Evil yang langsung menghentak tanpa bagian intro, menggaet penikmat hard-bop. Irama bossanova diwakili oleh Estate yang mendapat pengaruh vokal Joao Gilberto dalam albumnya Amoroso/Brasil, dan Only Trust Your Heart Benny Carter. Sedangkan lagu-lagu balada yang biasanya dibawakannya dengan penuh perasaan diwakili oleh Sarabande, We’ll Be Together Again, dan ciptaan Toots The Dragon, yang kurang terasa dramatik. Sangat menarik perhatian adalah interpretasinya dalam Little Rootie Tootie ciptaan Monk dan Sophisticated Lady ciptaan Duke Ellington.

Permainan Toots Thielemans dengan susunan pemain pendukung yang hampir sama dapat dinikmati dalam DVD Live in New Orleans, dengan pengecualian pada drums yang pada sesi di Lulu White’s Mahogany Hall ini dimainkan oleh Adam Nussbaum, dan tanpa pemain bass Marc Johnson.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker