Jazz di BaliNews

JAZZ UNTUK ACEH DI BALI: NONTON GRATIS SAMBIL BERAMAL

Menggalang rasa simpati dan mengajak sesama untuk terlibat dalam kepedulian Bencana Aceh & Sumut menurut kapasitas dan kemampuan masing-masing adalah misi dari acara JAZZ UNTUK ACEH yang merupakan sumbangsih moril insan Jazz Bali. Namun acara JAZZ UNTUK ACEH secara nasional dan terintegrasi dengan judul yang sama juga dilakukan pada 22 Januari di Jakarta, 23 Januari di Jogja, 4 Februari Bandung, dan 5 Februari 2005 di Bali menyusul 27 dan 28 Februari di Batam dan Medan.

Acara ini secara garis besar merupakan bentuk spontanitas berbagai pihak yang berkecimpung dalam musik jazz dan diharapkan memberikan motifasi bagi masyarakat atau komunitas untuk melakukan perenungan kemanusiaan sekaligus memberikan perhatian ekstra bahwa yang terjadi di Aceh ini merupakan sebuah musibah besar yang memerlukan penanganan bertahap dalam jangka waktu yang panjang.

Bali Jazz Forum beserta seluruh pengisi acara telah bersepakat bahwa acara ini bukan merupakan aksi latah dan juga dalam pelaksanaannya merekomendasikan untuk menjadi bagian program kepedulian Aceh yang lebih terstruktur dan bertanggung jawab serta dilakukan secara berkelanjutan. Perenungan yang mendalam terhadap bencana serta hakikat penghargaan terhadap kemanusiaan pada saat menggagas acara ini merupakan hal yang paling mendasar untuk dijadikan sharing dengan publik.

Mekanisme penyelenggaraan acara dilakukan dengan basis kontribusi murni baik dari musisi, venue, peralatan seperti sound & lighting, dll. Acara akan dipergelarkan secara Cuma-Cuma sedangkan untuk fundraising akan melibatkan penonton yang dilakukan melalui berbagai model diantaranya:

  1. Menjual CD yang disumbangkan oleh para musisi yang seluruh hasil penjualannya diberikan untuk disumbangkan. Panitia berencana akan menjualnya dengan harga minimum Rp 100.000,-
  2. Menjual/me-lelang karya seni berupa poster, lukisan atau gambar bertema Jazz kepada penonton.
  3. Secara sukarela meminta penonton mengisi kotak baik yang dikelilingkan pada saat acara berlangsung maupun tenda panitia yang tersedia di lokasi acara yang besarnya menurut kemampuan serta keikhlasan masing-masing.
  4. Melelang lagu yang akan dimainkan oleh grup musik penampil.

Sedangkan mata acara selain menampilkan musik jazz dari para musisi juga akan diadakan jam session yang salah satunya akan mendedikasikan nomor jam session secara spontan dengan tema “Tribute to Aceh”. Rencananya, dana yang terkumpulkan akan disalurkan via Indonesian Development of Education and Permaculture (IDEP). yang dapat diakses lewat webnya: www.idepfoundation.org

Acara yang diselenggarakan oleh Bali Jazz Forum ini juga bekerjasama denga MataMera Pro sebagai partner organizer. Kegiatan akan mengambil tempat di Amphi Theatre Stage Mal Bali Galeria, Kuta pada hari Sabtu tanggal 5 Februari 2005 mulai pukul 18.00 – 24.00 wita.

Adapun artis pendukung yang akan ambil bagian :

  1. Koko duet plus Dancer (Koko Harsoe-Gitar & Yusron-Kendang, Kavi-Dancer).
  2. Balawan Kwartet (Balawan-Gitar, Oni-Drum, Adi-Bass & Rico-Keyboard)
  3. Erik and Friends (Erik-Piano, Koko-Gitar, Niko-Drum, & Agung-Bass)
  4. Bonnie Band (Bonnie-Piano, Julias-Bas, Eddy-drums, Kusbandi-Gitar, Yoyo-Saushopone Alto)
  5. Dodot and Friends (Dodot-Piano, Harry-Bas & Yusron-Kendang, Eeng-Rebab Jawa, Candra Hasan-gitar)
  6. Tropical Transit (Riwin-Gitar, Monos-perkusi, Rico-keyboard, Amie-vokal, Ayu Laksmi-vokal, Eko-Bass, Bogie-Drum, dkk)
  7. Four Free (Yuri-Gitar, Oni-Keyboard, Pipit-Vokal, Bogie-Drum, & Dodi-Bass)
    Every Monday Band (Lady Koesbandy (Bass), Christy (Piano), Yoni (Gitar) dan Adit (Drums)
  8. Rio Sidik-Trumpet, Sally jo-Biola, Widi Noor,-Piano, Kadek-Bass, Gd. Yudana-Gitar, Edi-Drum, Martin Lyndsey Clark-Tenor Saushopone)

    sedangkan dari Jakarta akan hadir

  1. Harry Toledo & Band Jakarta
  2. Rieka Roslan & Band Jakarta

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Bali Jazz Forum dengan Ayip di Jl. Imam Bonjol 467, Denpasar 80119 – Bali – Indonesia. Phone +62 361 481906, Fax +62 361 481907.

Acara ini turut didukung oleh WartaJazz.com – Tempat mangkal pecinta dan pemerhati jazz di Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker