News

BEBEL GILBERTO

Ketika pertama mendengar namanya, seorang penggemar bossanova akan bertanya: Apa hubungannya dengan João dan Astrud Gilberto? Ketika tahu bahwa ia anak Joao dari istri keduanya, Miúcha yang juga seorang penyanyi, lantas pertanyaan berikutnya adalah: Bagaimana musiknya? Setelah mendengar musiknya, maka orang bersyukur bahwa ia bukan seorang Gilberto yang berada di bawah bayang-bayang popularitas orang tuanya. Gilberto muda ini membawa atribut yang tercermin dalam judul lagunya ”Technova”, musik yang merupakan perpaduan antara bossanova yang ringan dan sedikit unsur musik techno (Beatz, Trip Hop, Acid Techno, House, Dub) yang dibalut oleh orkes tiup (brass) dan gesek (string). Sebelum merelease album debutnya yang berjudul ”Tanto Tempo” pada tahun 2000, ia sudah mempunyai banyak pengalaman musik, dengan bakat yang didapatkan dari kedua orangtuanya dan pamannya (Chico Buarque, yang sangat terkenal di Brasil). Ketika berumur sembilan tahun, Bebel sudah tampil bersama ibunya dan saxophonist Stan Getz di Carnegie Hall. Ia sudah ikut serta dalam rekaman-rekaman dengan Caetano Veloso, Chico Buarque, João Gilberto dan David Byrne.

Album ”Tanto Tempo” diperkuat oleh beberapa nama besar di permusikan Brasil, seperti pianis/komposer veteran bossanova João Donato, drummer Robertinho Silva, bassist Jorge Helder dan komposer / pemain perkusi MPB Carlinhos Brown. Produser ”Tanto Tempo” ialah Suba, yang tewas ketika menyelamatkan master album ”Tanto Tempo” di studio mininya yang terbakar karena arus listrik, ketika baru saja merampungkan album ini. Suba yang kelahiran Yugoslavia dan ikut memelopori aliran bossa-techno memberikan sentuhan elektronik dalam album ini. Penggemar bossanova yang mengenal lagu ciptaan Donato ”Bananeira” dan ciptaan Marcos Valle ”So Nice (Summer Samba)” dapat menikmati lagu-lagu tersebut dalam versi baru, dan versi remixnya yang direlease kemudian lebih menonjolkan beberapa lagu album ini dalam irama techno yang lebih kental.

Album ”Bebel Gilberto” merupakan album solo keduanya yang direlease di tahun 2004, diproduksi oleh Marius de Vries, yang telah memproduksi album Madonna, Bjork dan Annie Lennox. Di album ini Bebel ikut mencipta lagu lebih banyak daripada di album sebelumnya, di samping komposisi Caetano Veloso, Carlinhos Brown, Daniel Jobim dan Pedro Baby. Album ini juga diperkuat oleh pemain perkusi yang juga kondang di luar Brasil Marcos Suzano.

Konsernya yang akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 1 April 2005 merupakan bagian dari rangkaian tournya keliling dunia, yang memberikan kita kesempatan untuk menikmati langsung penampilan bintang ini dari dekat guna mempromosikan album keduanya.

Sumber: bebelgilberto.com , allmusicguide.com, alt.music.brazilian

Kontributor: Iman B. Santoso

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker