News

NIAL DJULIARSO INNERHEART ENSEMBLE & ZEFA WITH THE UNCLES BAND

Setelah akhir tahun 2005 silam cukup meriah dengan banyaknya acara jazz yang digelar, awal tahun 2006 ini tepatnya pada hari Jumat, 6 Januari mendatang, akan digelar sebuah konser bertajuk Konser Jazz 2 Putra bangsa.

Menampilkan 2 kelompok yakni Nial Djoeliarso dan Inner Heart Jazz Ensemble yang terdiri dari
Nial Djoeliarso (piano), Jeffrey Tahalele (bass), Eddy Syakroni(drums), Dion Janapria (gitar) dan Arief Setiadi (tenorsax) yang berasal dari Jakarta. Sementara ZEFA & The Uncles Band datang dari Bandung. Konser ini turut didukung oleh Bali Jazz Festival 2 dan WartaJazz.com

Acara menarik ini digelar di Gedung Kesenian Jakarta, Pasar Baru dengan harga tanda masuk sebesar Rp. 50.000,- dan Rp. 35.000,-. Bagi anda yang tertarik menonton silakan menghubungi (021) 7669870, 3808283, 3441892 untuk pemesanan.

***

NIAL DJOELIARSO.

Lahir tanggal 5 Februari 1981, tertarik dengan jazz, setelah menonton penampilan gitaris ternama, Pat Metheny di Jakarta, di awal 1990an silam. Dukungan keluarga terutama sang ayah memuluskan jalan Nial berangkat ke Amerika dan menuntut ilmu di Berklee College of Music, Boston sebelum kemudian melanjutkan ke Julliard Music School.

Sejumlah pretasi telah ditorehkan Nial. Ia tampil di venue bergengsi seperti Carnegie Hall, New York. Dipertengahan 2005, ia juga sempat menjadi finalis piano competition di Montreaux Jazz Festival Competition. Prestasi terbarunya adalah menjadi juara I kategori instrumental dengan dan juara III Overall pada USA Songwriting Competition 2005 dengan lagu “My Smooth One”.

Beberapa tahun yang silam dengan nama band yang sama -namun dengan lineup berbeda- ia juga sempat tampil di Erasmus Huis dan direkam oleh Indra Lesmana sebagai sound-engineer. Entah mengapa album tersebut hingga kini belum juga di release.

Line-up yang tampil mendampingi Nial juga bukan nama-nama asing di blantika jazz Indonesia. Kecuali Dion Janapria, gitaris yang baru lulus dan pulang dari belanda tahun lalu, semuanya kerap kita jumpai diberbagai panggung jazz di tanah air.

***

ZEFA

Lengkapnya adalah Zefanya Hartani Putra. Lahir di Bandung, pada 16 April 1994. Berkat dukungan kedua orang tuanya, Zefa mendapatkan guru-guru musik terbaik di kota
Bandung. Ia sempat menimba ilmu pada keyboardist terkenal era 80an, Bambang Nugroho. Selain juga belajar pada Yahya di Venche Music School, dan Andy Witriantono, salah satu musisi muda lulusan Berklee School of Music, Boston. Atau juga belajar piano klasik pada Stephan Sulungan.

MURI atau Museum Rekor Indonesia mengukuhkan Zefa sebagai Pianis Termuda yang Menyelenggarakan Konser Tunggal Klasik & Jazz. Dan ia juga tercatat sebagai pengisi acara termuda pada kesempatan ajang akbar Bali Jazz Festival 2005 di Kuta Bali. Ia juga terpilih sebagai Best Keyboard Player pada Jazz Competition di Jazz Goes To Campus, UI Depok bersama kelompoknya, Zefa & The Uncles. Dengan kelompok ini pula, ia menggondol penghargaan sebagai juara pertama.

***

Pertemuan kedua pianis ini dalam sebuah panggung diyakini sebagai salah satu bibit lahirnya musisi-musisi jazz handal Indonesia. Sudah sepatutnya kegiatan seperti ini mendapatkan dukungan banyak pihak. Dan kesempatan juga harus diberikan kepada Nial dan Zefa yang lain.

Kita tentu berharap generasi seperti Nick Mahamit, Benny Likumahua, Jack Lesmana, Bubi Chen dan banyak lagi yang lain mendapat generasi muda dengan energi baru yang melanjutkan spirit dan perjuangan para musisi diatas.

Pada saat yang bersamaan, semoga ajang ini menjadi pembuktian kepada publik bahwa Zefa dan Nial merupakan aset terbaik milik kita semua, bangsa Indonesia. Selamat untuk Nial dan Zefa, dan selamat menonton!.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker