News

JAZZ ICON SEARCH 2006: MENEBAR BENIH JAZZ BARU?

Sebuah acara bernama Jazz Icon Search 2006, yaitu ajang pencarian bakat-bakat baru dalam musik Jazz melalui kegiatan solo instrument competition akan diselenggarakan berbarengan dengan kegiatan Java Jazz Festival 2006. Lomba dengan sistem minus one ini akan menampilkan 5 kategori, yaitu : Electric Guitar, Bass, Piano/Keyboard, Drum dan Vocal.

Menurut release yang disampaikan panitia Yeppi Romero kepada redaksi WartaJazz.com, tercatat 120 peserta yang mendaftar dan akan ikut ambil bagian dalam kompetisi. Para peserta terdiri dari generasi muda musik Jazz berusia 10 s/d 35 thn dan diikuti dari berbagai daerah di Indonesia. Kebanyakan diantaranya dalah murid-murid dari sekolah/kursus musik terkenal di kotanya masing-masing. PT. Citra Intirama (Galestra), salah satu distributor alat musik terbesar di Indonesia menjadi pihak yang dipercaya untuk mengkoordinir acara ini.

Latar belakang diselenggarakannya Jazz Icon Search adalah untuk mencari bibit-biti baru dalam lancah musik Jazz, yang selama ini disadari bahwa perlu adanya regenerasi. Derasnya perkembangan musik di tanah air yang didominasi oleh musik non Jazz ternyata tidak mengurangi niat para jazzer-jazzer muda untuk mengikuti kegiatan ini. Sementara lagu-lagu yang akan dibawakan dalam Jazz Icon Search, sebahagian besar adalah lagu dari group-group band yang bakal main di Java Jazz Festival, seperti lagu dari Kool & The Gang, Mezzoforte, Lee Ritenour, dan lain-lain.

Audisi Jazz Icon Search dimulai pada tanggal 13 s/d 17 Februari 2006 bertempat di Viky Sianipar Music Center. Babak Penyisihan tgl 2-4 Maret 2006 dan Babak Final tgl 5 Maret 2006. Penyisihan dan Final diselenggarakan di Pre Function Exhibition Hall -B-, Balai Sidang Senayan Jakarta. Bertindak sebagai Koordinator Dewan Juri Jazz Icon Search adalah musisi senior Gilang Ramadhan.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini silakan mengontak nomor telepon berikut ini, 0817 877 998 dengan Yeppi Romero

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker