News

KESEMPATAN BUAT PEMUSIK MUDA JAZZ DI INDONESIA

Setelah sibuk dengan tour Kanada beberapa waktu yang lalu, kali ini Luluk Purwanto dan the Helsdingen Trio on the Stage Bus” akan menggelar 16 konser keliling Jabotabekyang disponsori oleh Djarum Super MEZZO dan “Luluk Purwanto and The Helsdingen Trio” mengajak para musisi Jazz muda dari seluruh Indonesia untuk bereksplorasi dan mengekspresikan musik Jazz  lewat sebuah ajang kompetisi yang mempertemukan para musisi untuk mencari generasi penerus tradisi Jazz di Indonesia.

Dalam tur ini, Luluk akan mempersembahkan “The New Generation Mezzo Jazz Award”, sebuah penghargaan yang khusus diperuntukkan bagi para pemusik muda untuk mempertahankan tradisi jazz di Indonesia. Ajang ini merupakan sebuah kesempatan bagi para pemusik muda untuk memperlihatkan bakat dan kemampuan mereka. “The New Generation Mezzo Jazz Award” adalah sebuah penghargaan bagi para pemusik muda di awal karir mereka sekaligus sebuah pengakuan bagi pemusik muda usia 18 sampai 30 tahun.

“Tur Generasi Baru” merupakan forum yang bagus bagi para pemusik muda untuk memperlihatkan bakat-bakat mereka. Sebanyak 14 jazz combo akan dipilih selama proses pra seleksi (Jazz Combo adalah band kecil jazz, instrumentalis dan vokalis). Di setiap konser Luluk Purwanto & The Helsdingen Trio, sebuah jazz combo 5 pemusik Indonesia akan tampil sebagai band pembuka. Dewan Juri yang beranggotakan pakar-pakar musik akan hadir di setiap pertunjukan. Pada hari yang ditentukan, semua combo peserta akan tampil bersama-sama. Pertunjukan mereka akan dinilai dan Panitia akan memilih pemenang berdasarkan 2 penampilan itu. Pemenang akan menerima penghargaan uang tunai sebesar Rp. 50.000.000,-. Pemenang “The New Generation Mezzo Jazz Award” juga akan diundang untuk tampil di hari terakhir tur.

Pra Seleksi dilakukan setelah tim juri menrima rekaman demo dalam bentuk kaset/ cd-audio/ mini-DV/  mp3/ mpeg/ video/ avi atau format lain, dimana peserta menyertakan biodata lengkap dari seluruh personil combo paling lambat 20 Juni 2006. Dewan Juri akan memilih maksimal 25 combo yang berhak mengikuti babak audisi. Panitia juga memastikan bahwa tidak semua pendaftar akan ikut terpilih.

Ingin tahun lebih lanjut?, silakan mengontak The New Generation Mezzo Jazz Award, Hotel Santika Jakarta, Jl. Aipda KS Tubun No. 7 Jakarta Barat 11410 atau email ke luluk@luluk.com atau buka website www.luluk.com

***

Luluk Purwanto & the Helsdingen Trio menampilkan: Luluk Purwanto, biola/vocal ; René van Helsdingen, piano; Marcello Pellitteri, drum dan Essiet Okon Essiet, bas

Tur ini diselenggarakan oleh Luluk Purwanto & Rene van Helsdingen. Karena susunan unik kelompok ini, dengan Luluk yang dianggap sebagai salah satu artis jazz terkemuka Indonesia bekerja sama dengan pemusik jazz internasional, maka program ini merupakan sebuah pertukaran budaya. Dengan demikian tur ini juga bertujuan untuk memajukan hubungan antar budaya yang lebih baik, saling pengertian serta bertujuan pada perdamaian dunia. Bis Panggung dengan Luluk Purwanto & The Helsdingen Trio merupakan ansambel jazz yang telah mendapatkan pengakuan internasional, yang berdedikasi untuk membawa musik mereka kepada para pendengar di seluruh dunia, serta senantiasa membuka wawasan baru demi apresiasi terhadap musik improvisasi..

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

One Comment

  1. Maz..klu ad kbr2 yg brhbgan dg jazz mau dunk d ksi tau.hehe
    .lwat email ini tow numb saya..di 085643322441..ntar ak sbrarin k tmen2 kampus.tmen2 maen n tmen2 yg laen d.cz ak sgat ska n interst dg mucig jazz.matur nuwun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker