News

Galloway Surprise Swing Session

Berikut ini merupakan laporan kontributor WartaJazz.com Arthur Sailendra dari ajang Toronto Jazz Festival 2008 dalam pertunjukan di hari ke enam.

Pertunjukan Galloway’s surprise Swing Session di Concert Theater, lebih dikatakan pertunjukan para legenda Swing. Karena menghadirkan Jake Hanna (Drum), Guido Basso (Trompet) dan Gene Bertoncini (Guitar) disamping Jim Galloway sendiri sebagai pakarnya. Mereka diperkuat oleh tiga personal Canadian Jazz Quartet:  Gary Benson (Guitar), Duncan Hopkins (Bass) dan Don Vickery (Drum). Sementara dibelakang piano, pianis kawakan kelahiran Oakville Ontario yang sering mengundang tepuk dan decak penonton, John Sherwood.

Setengah jam pertama panggung Toronto Star dikuasai Jim, Gary, Duncan, Don dan John. Seluruh penonton benar-benar terbius dengan penyajian kekompakan mereka. Jim, pria gaek yang lahir 72 lalu di Scotland lebih dikenal sebagai sesepuhnya Jazz Canada memainkan Alto dan Baritone Saxophone dengan lagu-lagu kenangan. Satu diantaranya ‘When I fall in Love’  yang ditulis oleh Edward Heyman and Victor Young, pernah dipopularkan oleh Doris Day dan Nat King Cole. Kiprah Jim di dunia Swing tergolong panjang, tahun 70an pernah main bersama veteran jazz Amerika seperti Wild Bill Davison, Jay McShann, Buck Clayton dan Buddy Tate di arena Internasional disamping mengisi acara di klub-klub local. Route perjalanan kariernya melintasi festival-festival bergengsi di Eropa, berbagai club jazz di Amerika Utara juga pesta-pesta Jazz di US.

Satu dari sekian drummer terbaik yang pernah dilahirkan dalam dunia jazz adalah Jake Hanna. Pria kelahiran Boston 1931, mempunyai segudang pengalaman maka panitia sehari sebelumnya mendaulat Jake Hanna untuk mengisi acara berbagi cerita di Ken Page Memorial Trust Workshop series yang mengundang gelak tawa, talenta lain  disamping sebagai seorang penabuh drum Jake dikenal sebagai storyteller. Terlahir dengan nama John Hanna, Jake memulai kehidupan di dunia jazz berawal dari Boston bersama pianis merangkap composer Jepang-Amerika Toshiko Akiyoshi ditahun 1957 dan Maynard Ferguson  pemain trompet Canada 1958. Rentang perjalanannya dalam menabuh drum pernah gabung dengan komponis, penulis lagu dan pianis Marian McPartland (90), mengisi acara televise Merv Griffin  dalam program big band selama 10 tahun. Pada pertunjukan Galloway’s surprise Swing Session Jake menggantikan beberapa saat Don Vickery untuk mendemonstrasikan kepiawaannya.

Guido Basso, “si botak dari Montreal” kata Jim Galloway yang disambut tawa penonton, bukan orang baru  bagi masyarakat jazz di Toronto. Menekuni trompet ketika berusia 9 tahun, dilanjutkan belajar pada konservatori musik di Quebec Montreal. Basso hijrah ke Toronto 1960, dan menjadi  musisi trompet yang mengisi banyak acara di televisi dan radio. Di Toronto Downtown Jazz Festival, Guido Basso mempunyai acara khusus tampil bersama Quartetnya, Quartetto Guido Basso di Four Seasons Center for Performing Art, kehadiran di Nathan Square hanya ingin membuat pencinta jazz menerima  janji Jim Gallaway yang akan memberi surprise di panggung. Basso duet bersama Jim Galloway dengan dua lagu diiringi oleh Canadian Jazz Quartet.

Jim memperkenalkan salah satu master gitar yang menetap di New York dan Toronto, Gene Bertoncini. Satu dekade lebih, Gene adalah sosok yang kuat sekali sebagai gitaris yang dengan mudah dan luwes menjembatani dalam mengimprovisasikan musik-musik klasik, jazz, pop, bahkan bosa nova. Ia mulai jatuh cinta dengan gitar ketika usianya baru sembilan, bakatnya bertumbuh dari keluarga yang memang mencintai musik ketika Gene tinggal di Bronx, NY.

Menyelesaikan pendidikan akademisnya bukan pada jurusan musik tapi arsitek tapi tidak menghilangkan kecintaannya terhadap dunia musik yang mengelora dalam bakatnya.Kehebatan sebagai gitaris dibuktikannya bersama musikus jazz dan penyanyi seperti Morgana King, Lena Horne, Tony Bennet dan banyak lagi. Serta ikut mengisi acara teve di Johny Carson show dan Merve Griffin.

Ketika Gene didaulat Jim untuk membawakan dua lagu, maka teman yang pantas untuk mengiringi adalah Guido Basso, satu impian Basso untuk bisa bermain bersama Gene sejak lama menjadi kenyataan.

Karena waktu sudah melewati batas yang diberikan akhirnya reuni para dedengkot jazz ditutup dengan hymn yang ditulis oleh Julia W. Howe disaat perang bersaudara di Amerika, Glory, glory Halleluya. Pujian dan hormat bagi mereka yang mewujudkan keberhasilan dari perjalanan panjang dalam kehidupan yang pernah dilalui. Bravo Galloway dkk.

***

Festival Jazz di Toronto ini tahun ini memasuki usianya yang ke 21 tahun sejak pertama kali hadir ditengah komunitas melting pot jazz di Toronto Kanada tahun 1987 silam. Berdasarkan catatan kami, Toronto Jazz Festival menyediakan dua tipe stage, yang gratis maupun yang bayar sehingga terjadi keseimbangan. Pada umumnya band-band yang baru akan hadir dipanggung yang gratis, sementara artis-artis kenamaan tampil dalam tenda pertunjukan atau digedung lain seperti Sony Center for Performing Arts.

Beberapa bintang yang hadir dalam Toronto Jazz Festival tahun ini antara lain Arturo Sandoval plus Hilario Duran Trio, John Pizzarelli Quartet w/ Peter Appleyard plus Quartetto Guido Basso, John Scofield Trio plus Mike Stern Trio plus John Abercrombie Organ Trio, Marcus Miller, Blind Boys of Alabama plus Cyrus Chestnut Trio, Maceo Parker, Ahmad Jamal dan Dave Brubeck Quartet bersama Toronto Jazz Festival Orchestra.

Wartajazz.com lewat kontributornya menyajikan laporan pandangan mata dari kegiatan Jazz festival yang menarik ini. Simak laporan hari kelima acara tahunan Toronto Jazz Festival di tahun 2008. dan Menikmati Laila Biali.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker