NewsRadio

Selamatkan Radio CNJ 99.9 FM, Jakarta

Sebuah pesan singkat masuk ke inbox penulis sore ini. Isinya  pendek saja, “CNJ tamat riwayatnya. Terakhir sore ini siaran. Hiks2”. Yang dimaksud tentu Classic News and Jazz Radio yang mengudara digelombang 99.9 FM dan dapat dipantau dari kota Jakarta bahkan hingga Cikampek atau Bogor.

Radio ini menyiarkan musik jazz nonstop 24jam tanpa host atau penyiar layaknya radio pada umumnya. Materinya beragam, mulai dari dixieland, swing, bebop, fusion sampai smooth jazz. Kadang-kadang ada suara Iken Margaretha menyeruak dengan informasi tentang musisi atau artis jazz yang lagunya akan dimainkan.

Bagi sebagian besar penikmat jazz di Jakarta yang banyak menghabiskan waktu mereka didalam kendaraan ditengah kemacetan ibukota setiap harinya, CNJ 99.9 FM merupakan oase yang menyegarkan. Radio yang nyaris tanpa iklan ini mengudara cukup lama dan selalu menjadi favorit para pecinta musik jazz yang bahkan membuat iri beberapa pecinta musik jazz di kota-kota lain.

Selain Jazz, radio ini memberikan pula tempat bagi penikmat musik klasik. Setiap harinya mulai pukul sembilan pagi hingga 12 siang, lalu sembilan malam hingga tepat 12malam, musik klasik akan mengalir. Erik Awuy sempat menjadi host acara ini dengan pencerahannya soal musik klasik.

Menurut data yang dimiliki Redaksi, banyak nama-nama “besar” berada dibelakang CNJ. Dalam sebuah kesempatan soft launching di hotel Regent (sekarang FourSeason Jakarta -red), Todung Mulya Lubis, pengacara beken itu merupakan salah satu owner radio jazz ini.

Penulis mencoba mengkonfirmasi dengan menghubungi 021-31909192 untuk mengklarifikasi kebenaran isi pesan singkat tersebut. Dan hal itu tidak dibantah oleh Indrawan atau yang akrab disapa Ibonk, salah satu staf radio CNJ.

Sekedar informasi saja CNJ sempat digosipkan akan diakuisisi oleh Ninetyniners, radio swasta asal Bandung. Apalagi frequensi milik CNJ ini sama persis dengan radio yang dibandung diakui sebagai radio anak muda yang gaul. Tapi seiring waktu berjalan berita ini dibantah karena toh CNJ masih siaran tetap dengan format musik jazz-nya.

“Sudah dua harian ini beberapa staf dari Bandung mulai berdatangan”, ujar Ibonk menjelaskan. “Resminya 1 September radio ini akan berganti format”, ucapnya dengan nada menyayangkan.

Tak lama setelah berbicara, sebuah email masuk ke inbox Redaksi. Isinya sebagai berikut:

Salam Perpisahan

5 tahun kita bersama…
5 tahun kami telah menemani anda…
5 tahun adalah masa masa indah…
Dimana kemerdekaan jazz dan
indahnya musik klasik coba dibangkitkan

Kini kami mengundurkan diri dari media dengar anda
Akankah kita bersua lagi?
Hanya Tuhan yang tahu…

Terimakasih tak terhingga
Kepada teman teman yang sudah bersama 999FM CNJ Djakarta
untuk segala perhatian, kerjasama,  partisipasi, support
dan kedekatan yang tidak akan mungkin terlupakan…

999 CNJ Djakarta team:

Benny Sofwan                            Indrawan Ibonk
Iken Margaretha                        Ratna Cahya
Rachmat Basuki (Kiky)               M. Farhan Alam
Shandy Triyana                          Sunny

Kita akan menjadi saksi apakah CNJ akan benar-benar berubah atau akan ada kepentingan publik yang cukup kuat yang akan diselamatkan, sehingga radio ini bisa mempertahankan format jazznya. Atau memang begitulah nasib Jazz di negeri ini?

Apa tanggapan anda?
Update: Baca tulisan mantan Direktur CNJ 99.9 FM, Benny Sofwan
https://www.wartajazz.com/2008/10/31/cnj999-fm-tragedi-radio-yang-tak-pernah-mati/

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

123 Comments

  1. gue pikir cnj bakal ganti format lagu yang tetep jazz jg
    sekarang 99.9 jadi radio ga jelas yg sok gaul gt..
    malesh bgt
    pliss abis//

    adakah radio lain jg kaya cnj? yang nyiarin jazz?

  2. Gua mau radio cnj siaran lagi seperti dulu, supaya bisa menemani hidup gua setiap hari. tolong supaya radio cnj siaran lagi dan buat format jazz yang lebih baru

  3. ada 1001 jalan kok seandainya team radio cnj benar-benar mau bertahan, tidak hanya dari sumbangan dana. beberapa bulan yang lalu gw pernah usul saran 1 A4 di fax ke no cnj yang tertera di web, gak ada jawaban. hehehe.. gw rasa banyak yang mau membantu cnj , hanya mungkin team belum cukup gigih untuk menemukannya.

  4. To be honest,

    Aku sedih banget CNJ bubar

    karena Aku pendengar setia CNJ,
    aku suka banget denger musik swing nya

    sampai saat ini , belum ada satu stasiun radio manapun yang se indah CNJ

    Tolong dibangkitkan lagi donk radionya,

    THX,
    Felicia Halim

  5. ouch. saya baru tau hari ini bahwa radio cnj ternyata sudah buyar. saya adalah penggemar setia dari radio ini, sejak saya datang ke kota jakarta sekitar tahun 2004 akhir. tiap malam tidak akan terlewat untuk menikmati lagu-lagu yang disajikan oleh radio ini. bahkan saya sering kali memuji dalam hati, ternyata di era yang serba kapitalis ini, masih ada yang mempunyai jiwa idealis yang cukup besar. betapa pelajaran ini memberi kekuatan kepada saya secara tidak langsung.

    tetapi setelah suatu malam saya mendapati bahwa radio cnj telah berganti format, saya sempat marah, dan gundah karena saya merasa sangat kehilangan. sejak saat itu selama berbulan-bulan saya tidak pernah menyalakan radio saya. tetapi waktu malam ini saya tiba-tiba merasa sangat penasaran, apa yang sebenarnya terjadi, baru saya mencari informasi, dan mendapati kenyataan yang tidak mengenakkan ini. melihat respon dari rekan-rekan diatas, sebenarnya terlihat bahwa masih banyak yang peduli. harapan saya sekarang adalah semoga cnj dapat bangkit dalam waktu dekat ini. ditunggu kabar baiknya.

  6. yahhhhhhhhhh…………..pantesan kok pas dengerin radio, udah ngak ada….padahal gw seneng banget sama musik klasiknya….kenapa pula harus diganti….T_T

  7. Pantesan, siarannya kok ngga jazz lagi..
    Baru tau, kalo udah ganti siaran..
    radio jazz jakarta maan lagi ya?

  8. aku ga suka NinetyNiners or whatever they call it..
    I WANT CNJ BACK ON THE AIR!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    please.. we need our classic & jazz music!
    damn all these other radios are so commercialized!

  9. Sangat menyedihkan mendengar C & J “BUBAR”. Karena menurut gw C & J bisa menjadi acuan (khususnya bagi generasi muda) untuk memajukan dunia musik INDONESIA , mengingat makin banyaknya musik – musik dalam negeri yang kurang berkualitas. Semoga radio – radio swasta lainnya dapat mengambil contoh dari apa yang telah disiarkan C & J selama ini. Sayonara C & J Radio……..

  10. sayang sekali…
    such a big lost…!!!

    radio yang setia dengan genrenya dan idealis…
    gak heran para pendengarnya juga setia sama radio ini..
    tapi kenapa harus mati?

    udara jabodetabek perlu siaran radio yang seperti ini terlepas dari berbagai siaran radio yang menjemukan dengan penyiar dan iklan2nya….

  11. entah bagaimana, sudah lama saya mencari gelombang cnj ini, malah nemu tulisan yg menyedihkan.
    Ada perasaan ingin ikut andil mempertahankan cnj tetap mengudara, karena terus terang saja, gelombang inilah yang paling saya suka.
    Saya yakin, orang-orang yang berlatar belakang kesenangan musik seperti ini akan merasa ada yg hilang………..please…keep it on air………..please……..

  12. dan sekarang 99,9fm menjadi salah satu saluran radio yang paling saya benci..aduh kangennya sama lagu2 klasik T_______T

  13. Memang selalu menjadi kenyataan yang sangat menyedihkan, ketika sesuatu hal yang terasa sangat memberi ‘angin segar’, positif, inspiratif dan visioner, haruslah tunduk pada apa yang namanya UANG!

    Saya baru saja mengenal CNJ 99.9 FM dari sepupu saya, mata saya langsung berbinar2 & hati saya langsung bergejolak dan bahkan melompat kegirangan layaknya seorang anak kecil. Pikiran saya kembali terlayangkan ke masa-masa dulu ketika saya masih SMP, SMA, tahun 90-an, sewaktu itu masih ada suatu stasion radio yg seringg sekali akrab menemani saya dengan lagu2 klasik nan indah yang diputarnya. Saya sempat berpikir kalau akhirnya saya bisa kembali ‘berjumpa’ dengan ‘sang kekasih’ bernama musik klasik,..bahkan sweet jazz sekalipun, melalui stasiun radio CNJ 99.9 FM ini!

    Tetapi alangkah sedihnya ketika saya mengetahui bahwa stasiun radio pembawa ‘angin segar’ iniPUN harus tunduk & sepertinya ‘menyerah’ kepada kenyataan yg menyakitkan bahwa UANG dan komersialisme masih menang suara, pada akhirnya… 🙁

    Seandainya saja ada cara2 atau hal2 yg bisa saya lakukan, untuk mengHIDUPkan kembali stasiun radio klasik/jazz pembawa ‘angin segar’ ini, maka akan dengan sangat SENANG hati saya akan terus mencari tahu cara2nya & melakukannya!

    Mungkin perlu para fans CNJ-ers disini, mari kita membuat suatu PETISI (mungkin melalui Facebook??), untuk menunjukkan minat yg begitu besar agar radio inspiratif yg satu ini bisa KEMBALI HIDUP lagi,…daripada tergantikan dengan -again- stasiun2 radio ‘komersil’ yg memainkan musik2 yg itu2 lagi & monoton bahkan -maaf- cenderung melemahkan daya pikir, imajinasi, & energi positif yang selayaknya ada di setiap hati kita sebagai para insani manusia!

    Email saya kapan saja, dan saya akan senang sekali utk berkorespondensi & melakukan SESUATU utk bisa menghidupkan kembali stasiun radio CNJ 99.9 FM ini!
    Moga2 bukan hanya saya saja yg ‘gatel’ seperti ini…
    thanks!

  14. Saya masih ingat saat banjir besar melanda jakarta di tahun 2007. Saya meringkuk di langit2 rumah yg tenggelam ditemani CNJ dilatarbelakangi keheningan langka. Sedikit terhibur dengan lagu-lagu klasik yg di putar.

    Sampai sekarang belom ada radio di Jakarta yg bisa saya bandingkan dengan CNJ.

  15. Sudah enam tahun sejak CNJ berhenti siaran. Betapa rindunya saya akan keindahan hidup yang diberikan oleh stasiun radio tersebut. Kemarin habis melihat-lihat koleksi majalah MUSIC lama saya dari Java Jazz Festival, kutemukan sebuah iklan CNJ radio sebagai media partner di dalamnya. Enam tahun saya terombang-ambing dalam kebingungan dan rasa hampa. Stasiun radio lain tidak bisa menggantikan kekosongan dalam jiwa saya sejak CNJ pergi. I miss you so much, CNJ radio.

  16. bagus aq dulu ngga pernah dengar radio cnj..karena aq baru sadar ternyata sedih bgt dan sakit dengar radio ini lenyap di telan bumi..

  17. SUDAH 12 TAHUN SEJAK CNJ BERHENTI SIARAN DAN SAYA MASIH AMAT SANGAT RINDU DAN SEDIH HAHAHAHAHSHSHSH!!!!! This radio station was my life. For a few years I’ve been occasionally listening to Brava radio because I know the songs I used to hear on CNJ sometimes pop up. Still though, it’s not the same. I use Spotify now and I even made a playlist based on the smooth jazz I used to listen to on CNJ. But not gonna lie, even that still can’t replace the emptiness that CNJ radio has left in my heart 🙁 </3
    It's been 12 years already, but still, FVCK YOU NINETYNINERS I STILL WANT TO FCUKING CUT YOU FOR TAKING AWAY MY LOV-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker