NewsRadio

Selamatkan Radio CNJ 99.9 FM, Jakarta

Sebuah pesan singkat masuk ke inbox penulis sore ini. Isinya  pendek saja, “CNJ tamat riwayatnya. Terakhir sore ini siaran. Hiks2”. Yang dimaksud tentu Classic News and Jazz Radio yang mengudara digelombang 99.9 FM dan dapat dipantau dari kota Jakarta bahkan hingga Cikampek atau Bogor.

Radio ini menyiarkan musik jazz nonstop 24jam tanpa host atau penyiar layaknya radio pada umumnya. Materinya beragam, mulai dari dixieland, swing, bebop, fusion sampai smooth jazz. Kadang-kadang ada suara Iken Margaretha menyeruak dengan informasi tentang musisi atau artis jazz yang lagunya akan dimainkan.

Bagi sebagian besar penikmat jazz di Jakarta yang banyak menghabiskan waktu mereka didalam kendaraan ditengah kemacetan ibukota setiap harinya, CNJ 99.9 FM merupakan oase yang menyegarkan. Radio yang nyaris tanpa iklan ini mengudara cukup lama dan selalu menjadi favorit para pecinta musik jazz yang bahkan membuat iri beberapa pecinta musik jazz di kota-kota lain.

Selain Jazz, radio ini memberikan pula tempat bagi penikmat musik klasik. Setiap harinya mulai pukul sembilan pagi hingga 12 siang, lalu sembilan malam hingga tepat 12malam, musik klasik akan mengalir. Erik Awuy sempat menjadi host acara ini dengan pencerahannya soal musik klasik.

Menurut data yang dimiliki Redaksi, banyak nama-nama “besar” berada dibelakang CNJ. Dalam sebuah kesempatan soft launching di hotel Regent (sekarang FourSeason Jakarta -red), Todung Mulya Lubis, pengacara beken itu merupakan salah satu owner radio jazz ini.

Penulis mencoba mengkonfirmasi dengan menghubungi 021-31909192 untuk mengklarifikasi kebenaran isi pesan singkat tersebut. Dan hal itu tidak dibantah oleh Indrawan atau yang akrab disapa Ibonk, salah satu staf radio CNJ.

Sekedar informasi saja CNJ sempat digosipkan akan diakuisisi oleh Ninetyniners, radio swasta asal Bandung. Apalagi frequensi milik CNJ ini sama persis dengan radio yang dibandung diakui sebagai radio anak muda yang gaul. Tapi seiring waktu berjalan berita ini dibantah karena toh CNJ masih siaran tetap dengan format musik jazz-nya.

“Sudah dua harian ini beberapa staf dari Bandung mulai berdatangan”, ujar Ibonk menjelaskan. “Resminya 1 September radio ini akan berganti format”, ucapnya dengan nada menyayangkan.

Tak lama setelah berbicara, sebuah email masuk ke inbox Redaksi. Isinya sebagai berikut:

Salam Perpisahan

5 tahun kita bersama…
5 tahun kami telah menemani anda…
5 tahun adalah masa masa indah…
Dimana kemerdekaan jazz dan
indahnya musik klasik coba dibangkitkan

Kini kami mengundurkan diri dari media dengar anda
Akankah kita bersua lagi?
Hanya Tuhan yang tahu…

Terimakasih tak terhingga
Kepada teman teman yang sudah bersama 999FM CNJ Djakarta
untuk segala perhatian, kerjasama,  partisipasi, support
dan kedekatan yang tidak akan mungkin terlupakan…

999 CNJ Djakarta team:

Benny Sofwan                            Indrawan Ibonk
Iken Margaretha                        Ratna Cahya
Rachmat Basuki (Kiky)               M. Farhan Alam
Shandy Triyana                          Sunny

Kita akan menjadi saksi apakah CNJ akan benar-benar berubah atau akan ada kepentingan publik yang cukup kuat yang akan diselamatkan, sehingga radio ini bisa mempertahankan format jazznya. Atau memang begitulah nasib Jazz di negeri ini?

Apa tanggapan anda?
Update: Baca tulisan mantan Direktur CNJ 99.9 FM, Benny Sofwan
https://www.wartajazz.com/2008/10/31/cnj999-fm-tragedi-radio-yang-tak-pernah-mati/

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

123 Comments

  1. Kami dari Komunitas Musisi Blueroom adalah penggemar C&J FM yang banyak terinspirasi oleh lagu2 yang diputar oleh C&J. Sangat disayangkan jika harus bubar atau berganti format. Menurut kami radio C&J turut mencerdaskan bangsa dalam bidang seni musik, khususnya musik jazz. Sekali lagi tolong jangan bubarkan C&J…..

    KMUS BLUEROOM
    Sam Agese
    Jossy
    Andi Naz
    Joppy
    Joggy
    Kobi

  2. ARRRRGGGGGHHHHHHHHHH PARAAAAAHHH
    CNJ tu satu2nya radio yg paling enak di JAKARTA.. kalo ngga ada,, radio apa lg yg enak?? yg bikin calm dan smooth gitu..??

    payahhh nii…

    JANGAN BUBARKAN 99.9 CNJ FM!!!!!!

  3. saya termasuk pendengar setia CNJ, karna kebetulan saya suka musik Jazz sekaligus Classic.
    Agak kaget juga karna beberapa hari ini koq format lagunya “BERUBAH” sama sekali, usut punya usut ternyata oh ternyata.

    SEKALI LAGI Jakarta KEHILANGAN Radio yang berdedikasi memutarkan musik JAZZ bagi penikmatnya, setelah beberapa tahun silam juga sempat terjadi “musibah” seperti ini.
    Apa boleh dikata, sulit bagi kita untuk tinggal di dunia “idealis”

  4. Saya sebagai pecinta musik jazz merasa sangat kehilangan.
    Kekecewaan yang sangat mendalam.
    Semoga CnJ dapat kembali… dengan tidak mengubah formatnya sama sekali…

  5. Salam,
    Saat saya datang ke Jakarta, saya ngrasa sangat beruntung karena ini radio bener bener Cool n Different, saya critain sama temen2 klo ada radio 24hours full dengan Lagu2 JAZZ yg update, eee lhaa kokkkkk……!!!!!!! tiba tiba klik di memory channel FM99.90Mhz isisnya jedug jedug….terus….sampe sampe gak percaya dan saya re-tune…..ternyata telah menjelma…tega nya teganya dirimu teganya teganya….
    Saat temen dateng ke JKT, maen kerumah nanya…mana radio yg kamu bilang itu….aku bilang aja…Sudah almarhum…temen jadi kecewa….dan ternyata banyak juga yang kecewa……………………………………………..

  6. Ini benar-benar suatu kekalahan yang harus ditelan bulat-bulat. Jazz masih tidak dapat masuk ke zona bisnis. Apa iya seperti itu???
    RIP

  7. Salam Semua pencinta jazz di tanah air
    Insya Allah, kalau kami di percaya, kami siap mensupport sindikasi
    program dan marketing untuk mensupport radio Jazz di jakarta, kami membutuhkan partisipasi channel radio yang kosong di wilayah DKI Jakarta, kalau ada yang berminat please contact us.. (Nazar Noe’man)

    Warm Regards
    (KLCBS Management)
    Nazar & Khirzan Noe’man

  8. buat mas nazar…. saya siap join klo ada radio jazz di jakarta!!! apa yg bisa sy bantu?? kontak ya daimler245(at)yahoo(dot)com

  9. Waduh…kok satu-2 stasiun radio yang bagus MENINGGALKAN pendengar dan fans nya !? bagaimana ini ?? tempo hari tempat kumpul dan mendengarkan JAZZ terbaik di Jakarta (JAMZ) ‘LUNGO’, e eh sekarang CNJ teman dimobil atau dikantor pun ikutan ‘LUNGO’ !!!!!
    Bagaimana ini ???????

  10. Waaduuhhhh…..kenapa yang bagus-2 cepat PUNAH ???????? tempat menikmati Jazz dengan nikmat (JAMZ) sudah gak ada (tempat pengganti belum ada yang setara), sekarang CNJ, punah pula ?????? waahh waahh !!

  11. Sedih banget, kita telah kehilangan salah satu radio berkualitas yang jarang ada.

    CNJ telah menemani saya dalam masa2 tersulit saya dan rasanya sulit mencari pengganti yang sebagus CNJ.

  12. hwaaaa…
    radio yang menemanikuwh dari bangun pagi hingga menjelang tidur sejak 4 tahun lalu tak bisa lagi terus menemani…
    huhuhu…
    sampe2 kdg sengaja tune in ke 999 sapa tau CNJ kembali lagi…
    padahal hari minggunya (a day before CNJ left me alone) gw msi dengerin classical music tanpa tahu apa yang akan terjadi keesokan harinya…
    is there any chance for CNJ to be back on our ears soon??
    or at least a similar format maybe??

    -someoneDESPERATEforCLASSICandJAZZradioINjakarta-

  13. To Mas Aqus,walau evella tidak langusung bekerjasama lagi, tapi hampir dua tahun perjalanan musik jazz di program evella rasisonia, warta jazz.com tetap kami promosikan, bahkan berita-2 perkembangan musik jazz dari wartajazz com, selalu kami siarkan.Dan sekarang sudah terbentuk komunitas jazznya dengan nama ” COMMUNITY JAZZ PALANGKARAYA, kami mohon dicantumkan juga dikomunitas warta jazz, dan nama radio kami EVELLA RASISONIA 96.7 FM kok nga ada yah. Terimakasih kerjasananya,

    ANDRE
    EVELLA RASISONIA 96.7FM PALANGKARAYA

  14. Guys,
    Hormatku buat bang Indrawan Ibonk atas tulisannya diatas dan aku jadi ingat smsku ke Iken Margaretha saat siaran ketika mengabarkan bahwa “dalam waktu dekat anda akan menikmati penampilan CNJ dengan format baru.. bla..bla…” Waktu itu aku sms “mbak Iken koq sedih bilang terima kasih atas dukungan teman-teman PECINTA CNJ yang selama kurang lebih 5 tahun…bla…bala…bla”
    So this is it guys, we lost it. We absobloodyloudly LOST IT!! Dan terus terang aku benci itu sebab aku juga mencintai musik klasiknya, guys…
    Until then no more klasik yang menemaniku didepan komputer. Buat kedelapan idolaku 999 CNJ Djakarta Team, tulisan SALAM PERPISAHAN diatas merupakan bukti bahwa kalian pernah memberitahukan dan mengingatkan kami pecinta jazz, Jakarta terutama, so this is our jazz. Dan benar bang Erwin, kita kehilangan salah satu radio yang benar-benar berkualitas.
    Tepat rasanya, inilah wadah untuk melampiaskan my emotions.

  15. sedih banget CNJ sudah tdak mengudara lagi dan berganti format, sedih gak ada yang nemenin gowes dari rumah-kantor-rumah dengan lagu full jazz

  16. baru tau kabar resminya hari ini.
    sudah seminggu harap-harap cemas kalau ini cuma mimpi dan rumor belaka.
    tapi setelah tau yang sebenarnya malah jadi sedih.
    lebih-lebih terjadi di bulan Agustus dimana di negeri ini menjadi acuan pada sebuah kemerdekaan.
    tapi kemerdekaan itu mahal. terlebih lagi sebuah idealisme.
    memang Jakarta itu tempatnya musik-musik pop atau setidaknya musik yang dianggap POP saat ini.
    Jazz yang menggeliat resah didera musik-musik “sementara” memang susah untuk bertahan.
    tapi bukan berarti tidak mungkin.
    banyak orang menyayangkan dan sedih saat tau kalau CnJ sudah pergi.
    itu saja jawaban bahwa ada dukungan dari orang-orang dan masyarakat akan musik yang indah.
    bahkan kawan-kawan dari luar negeri pun menyayangkan ketidakadaan CnJ.
    semoga saja nanti ada radio Jazz baru yang akan lahir di Jakarta.
    dengan konsep yang matang, berkualitas dan tahan banting.

  17. Udah berapa hari ini gak denger CNJ. Padahal gw baru belajar musik JAZZ en kuping gw baru juga nyangkut ma jazz/ classic. Jadi susah lagi nih nyari literatur musik2 nya. Bakalan ada lg gak ya radio yang kayak gini ?

  18. sedih sekali radio cnj sudah menghilang dari udara. selama ini saya masih berharap cnj tetap ada. semoga cnj segera reinkarnasi, karena mengdengarkan lagu jazz / classis sungguh sangat menentramkan hati.

  19. Pertama kali gw denger CNJ lagi muterin “versi jazz-nya” KOPI DANGDUT alias molino Cafe. Semenjak saat itu gw seneng dengerin lagu jazz & classic. Meski awalnya gw serasa kepengen muntah2. Eh ketika gw lagi enjoy-enjoy -nya dengerin jazz en classic, Radionya malah bubaran. Mudah2an temen2 dikomunitas jazz and cnj lovers punya solusi yang mantap.!!! PISS

  20. ap kabar nasib radio Jazz jaman sekarang?? =(
    gw tau kbr ini udh lam emg, miris aj liat keadaan skrg dan koment dr pecinta2 jazz yg lain khususny pecinta radio ini..gw orang awam yg suka bgt sm Jazz, dan CNJ satu2 radio yg bs nolong gw dr kebutaan dan kehampaan gw trhadap musik2 jazz, lumayan bgt info2ny, tmn nglewatin macet diJakarta, bbrp hr gw coba dngr 99,9 ..tp udh g bs nolong gw apa2 lg….

    ada kah harapan bwat bs ngbalikin radio ini lagi??senior2 Jazzku, bagaimana tanggapanny akan nasib Jazz di Indonesia, kalau media saja g ada, a/ adapun tp hrs dng kt membayar dgn harag2 ‘premium’ gt??bukanny Jazz itu musik utk kalangan penikmat jg, bukanny konglomerat saja????thx..

    CNJ….kembalilah bersiar!

  21. Aduh, sangat disayangkan banget CNJ bubar.. Padahal saya mengenal banyak lagu-lagu jazz lewat radio ini. Sebelumnya saya memang hanya mendengarkan musik klasiknya saja, karena itu yang menjadi favorit saya. Beberapa kali bahkan sempat request dan diputar oleh CNJ, benar2 buat hati senang :D.. Apalagi saat berkendara di Jakarta, kerasa banget ketika mendengarkan alunan jazz atau klasik (tanpa iklan) lewat CNJ, kayanya ngga pengen marah-marah ketika terjebak macet atau situasi stress lainnya, benar2 buat relax 🙂
    Saya berharap semoga akan ada CNJ yang baru dengan format seperti dulu..
    ps: buat team CNJ, THANK YOU!

  22. minggu lalau saya kaget waktu saya turn on frekuensi CnJ, ternyata radio tersebut sudah tidak mengudara lagi, malah di gamti dengan radio ABG, saya pribadi sangat terpukul dan kaget, setelah 97.0 FM yang hilang, kini 99.9, terus tersan saya mulai mengenal jazz dan musik clasic dari radio tersebut, sehinnga cakrawala misik saya semakin luas, radio2 idealis seperti CnJ, Clasik radio, seharus dapat berkembang pesat karena salah satu alternatif piliha dalam mendengar stasiun radiao, saya berharap da dermawan yg mau membangkitkan radio CnJ

  23. wah gw pencinta cnj abis bo..sedih banget tau2 nih siaran udah ga ada lagi..hikkss..

    yg ada 99ers lagu2nya jelek2 pula waduh sebel banget apalagi kalo dimobil lagi macet males bener nih…abis gw biasanya dengeriin cnj ampir tiap hari..enak sejukk and relax..

    hikksss i will fight for you cnj..

  24. aku sedih mendengar dan membaca artikel ini, CNJ adalah salah satu radio jazz kesayangku..teringat masa lalu tepatnya 2 tahun lalu ketika aku jadi anak kost di jakarta, awal aku bisa kenal mantan pacar alias istriku saat ini berawal karena radio ini, kami sama-sama kenal dan suka musik jazz khususnya jazz progessive dan easy listening…aku cuma bisa berharap seandainya memang jadi diakuisisi oleh pihak lahin aku berharap radio ini tetap berformat jazz, bangkitkan jazz indonesia! sampai titik darah penghabisan…viva jazz indonesia!

  25. teman teman pendengar dan pencinta CNJ ,saya merasa perlu untuk mengomentari
    kabar diseputar ” Selamatkan Radio CNJ 99.9 FM, Jakarta” tapi saya
    berfikir waktunya belum tepat , saya akan menceritakan dari a – z ,
    cerita dibalik CNJ 999 FM ,bilamana segala sesuatu yang terkait dengan
    urusan kemanusiaan dibalik “Wafatnya” CNJ sudah selesai , bisa di sini
    atau pada medium yang lebih terbuka Insya-Allah dari peristiwa ini
    kita dapat mengambil pelajaran berharga
    terimakasih atas komentar , simpati , dan segala bentuk keprihatinannya
    benny sofwan
    radio broadcaster yang “membidani kelahiran CNJ”

  26. Begitulah kalau dari awal tidak ada komitment, dari owner radio dan investornya, radionya hanya di jadikan ajang coba2 dan gengsi, harusnya kalau dari awal ada komitment, pasti dicarikan jalan keluar agar tetap survive, masak suka jazz cuma karena gengsi, bukan karena cinta dan komitment ke jazz, padahal banyak juga iklan yang bisa masuk di musik jazz….

  27. Sangat terasa di perjalanan tanpa C&J….saya siap saweran bulanan untuk C&J kalo memang ada yang mau koordinir…….

  28. Dulu radio Clasic FM, sekarang radio CNJ…

    Apakah harus selalu begitu nasib radio-radio yang “khusus” atau minoritas?
    Sayang sekali.

  29. Jujur pas baca thread ini gw sedih banget saluran yg selalu menemani gw dan keluarga berajalan d jakarta yang panas dan penuh sesak ini telah tidak mengudara. Sempat bertanya2 kemana cnj beberapa hari ini kok siarannya aneh ga kaya biasanya. Ya gw berharap akan ada lagu radio jazz yang baru..
    Bye CNJ Jakarta,, Thanks to being my friend in the street we miss u CNJ

  30. Hu…hu…culunya…aku malah baru ngeh awal september kemarin, i thought CnJ was having a sort of special spot for Hip Hop music (I really can’t stand it), ternyata memang sudah diakuisisi…Bring back my CnJ !!!!!!

  31. Taun 2005, saya kenal cnj. tercengang, masa ada radio yang muterin lagunya miles davis, coltrane, parker, count basie sampe django reindhardt… dan saya udah mulai khawatir justru kenapa gak ada iklannya? salah satu radio yang paling “bermutu”. kadang di akhir taun 2006 dan 2007, cnj kadang on and off, kadang sampe berhari2.

    kalo emang warta jazz punya agenda tentang konsep radio jazz, saya siap bantu.
    Saya punya rekaman2 klasik coltrane, miles davis dan beberapa rekaman count basie yang siap saya kirim dalam format apa aja jika dibutuhkan. maybe that will help?

    adios CnJ..

  32. lhaa kok ??? ini berita yang menyedihkan. kenapa to?
    ayo deh kita perbaiki deh kalo emang itu tuntutannya. apa perlu lebih sering sapaa dari penyiar? apa perlu lebih banyak iklan?? atau apa deh ayo kita pikir sama-sama asal jangan ILANG dong CNJ.

  33. Yud lah, Sekarang fokus w cuma 1. Dimana dapetin cd mp3 jazz. yaitu lagu2 yang sering diputar di Cnj, Karena w pendengar jazz yang masi SMA n bukan orang kaya. Kalo orang orang cnj ada reply please.

    Aufwiedersehen CnJ

    4901st@gmail.com

  34. inilah jakarta yang hilang cita rasa keindahannya, banyak manusia lbh mementingkan budaya pop yg materialistik. sedih dan miris… sedih, cnj tdk ada yg bisa mensupport dan dibiarkan lemas tak berdaya

  35. ga rela, ga rela,
    tiap gw tidur di temenin musik klasik dr CNJ,
    skr ga lagi,

    dengerin CnJ dah jadi kebiasaan buat hidup gw,
    kalo brubah jadi radio lain, ato berubah format,
    berati hilang sudah, sebagian dr kehidupan gw..

    gmn caranya ya biar CNJ balik ke 99.9 FM lagi???

  36. the airwaves are so empty without my fave CNJ channel! miss the serenity that only jazz music can bring during jakarta jams and irritating motorists who cut in your way! Bring it back please! We don’t need another pop music channel! we need classic and jazz!

  37. Semua teman2 saya bertanya-tanya, ada apa dengan CNJ. Bukannya Loe di CNJ ??

    Jawaban saya,.. sooo ?? Saya dan team internal aja pusing kalau ngebahas segala cara buat menyelamatkan station ini.

    That’s why I give up (Then). But thanks to pencerahan by phone yang dishare oleh Iken Margaretha belum lama ini.

    Temans’,.. berdoa dan berharaplah bahwa kita/kalian akan masih dapat menjadi bagian dari lahirnya sebuah radio JAZZ baru yang nggak harus di frekwensi 99.9 FM.

    Stay Gold !

    LT.

  38. Baru tahu cnj ga siaran lagi, ku pikir ganti format saja, ternyata…
    Bila masalah finance cost karena selama itu alergi iklan (namun nyaman buat pendengar).
    Saranku : menjadi radio dengan genre jazz yang komersial juga ga apa deh asal… mengudara lagi…
    “CNJ radio” is my school of Jazz ( ibarat tumbuh kembang ,masih di kelas play group nikh, hik hik ….)

  39. 99.9 fm itu spesial bgt buat gw…
    malahan sekarang gw eneq bgt dengerin 99.9 fm yg skg…
    kayak pesawat terbang lagi dibajak ama teroris…
    emank napa sih digantiii…?!
    Berharap sih bisa denger siaran CnJ lagi…
    bener2 kecewa… kalo boleh sih yg gantiin CnJ skg jangan pake 99.9 fm deh…
    ganti frekuensi laen aja… bener2 ga layak bgt buat gantiin CnJ… :'(

  40. AKU SEDIH,.. DULU NGANDELIN BANGET 99,9 FM BUAT DENGERIN LAGU JAZZ.. SAMBIL KERJA, SAMBIL JALAN,.. LALU TIBA2 SUATU HARI GELOMBANG TERCINTA BERUBAH DIISI SUARA CEMPRENG DAN MUSIK2 ANAK BAND YG DIPUTER AMPE BELEL DIMANA2.. LHO ? KEMANA 99,9 FM KU SAYANG ?? HIKS.. TOLONG DONG, ADA RADIO JAZZ BARU.. !! PLEASEE… I BEG YOU (YOU? WHO?).. 🙁

  41. Macam mana pula ini….tak ada lagi radio di jakarta ini yang putar musik2 genre jazz macam yang di putar radio CNJ. Payah kali baah…….Ayo lah kawan, mainkan lagi musik2 jazz yang bikin asik awak dan penikmat jazz di jakarta ini.

    Kucoba tuning frek FM dari 88-108 Mhz, ah yang kudengar cuma musik jedak jeduk jedak jeduk nyah!…parah kali, bikin sakit kuping, tak ada lagi cantik2nya…… Okelah, awak berdoa moga2 ada investor yang mau melanjutkan program radio CNJ. Pakai iklan pun, tak jadi masalah lah, asal musik genre jazz Cepatlah kawan……..

  42. Sedih banget rasanya, setiap hari aku selalu ditemani dengan irama2 jazz dari CNJ 99.9 tiba-tiba kok siarannya aneh ?? baru kali ini aku browsing mencari si tersayang CNJ, ternyata ketemu berita yang menyedihkan ini. Hiks sedih bener ….

  43. Waaahh…sayang banget kalau CNJ mpe gak on air atau ganti format. Paling juga akhirnya bakalan jadi radio-radio “kebanyakan”. Kalau pas di Jak, aku cuma mau dengerin CNJ. Aku sendiri pengennya ada radio yang totally Jazz kayak CNJ diJogja…
    So please…jangan sampai ganti format atau gak on air, sebaliknya bikin juga di tiap kota besar.

  44. sory
    tapi gw ga suka cnj di ganti
    hiks hiks hiks

    cnj dah jadi bagian hidup gw
    apapaun radionya
    pasti gw akan tetep nyari cnj

    cnj dah seperti bagian hidup gw (ga lebai ini, beneran)
    CNJ hilang
    rasanya bener-bener ada yang hilan gdalam hidup gw
    dan ga akan pernah tergantikan
    kecuali oleh CNJ

    LOVE for CNJ jakarta

  45. i want my cnj back!!!! i miss those playlists 🙁
    plz do contact if my support might help and be needed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker