FestivalJava Jazz FestivalNewsProfile

Hendrik Meurkens Samba Jazz Quartet: Alunan Harmonika di Koridor Samba Versi Jazz

Meskipun awalnya justru sebagai seorang pemain vibraphone handal, Hendrik Meurkens memutuskan mempelajari instrumen harmonika setelah mendengarkan Toots Thielemans. Bahkan sekarang ia sebagai salah seorang virtuoso harmonika kromatik penting setelah Toots Thielemans. Lahir di Jerman dan sekarang berbasis di New York, mendapat pujian karena keindahan transenden musiknya yang memiliki daya tarik universal. Ia mengakui keterlibatannya yang mendalam di dua dunia; jazz dan musik Brasil menghasilkan musik yang sangat pribadi dan langsung dikenali sebagai ”samba versi jazz”.

"Misi saya adalah sederhana. Saya ingin menciptakan musik yang sangat cantik,” demikian tulis Hendrik Meurkens tentang karya-karyanya. Karena itu, pecinta Brazillian jazz sebaiknya tidak melewatkan penampilan Hendrik Meurkens bersama Samba Jazz Kuartet. Kelompok ini mengeksplorasi luasnya spektrum musik jazz Brasil dan menampilkan keunikan sound permainan harmonika dan vibraphone Hendrik Meurkens bermain bersama pianis Misha Tsiganov, bassis Gustavo Amarante dan Adriano Santos pada drums.

Selain mengeksplorasi the Great Brazilian Songbook, kuartet ini membawakan komposisi karya Hendrik Meurkens yang sudah didokumentasikan di 12 CD mereka, dimana lima diantaranya dirilis oleh label bergensi Concord Records. Album terakhir Hendrik yang diberi judul ”Samba to Go!” adalah kulminasi cinta seumur hidupnya pada musik Brasil.

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp chat