FestivalJava Jazz FestivalNewsProfile

The Manhattan Transfer: From Manhattan to Spain

Lambert, Hendricks & Ross dikenal sebagai vokal group jazz legendaris di awal dekade 1960an. Di lain, pihak anda pasti telah mengetahui vokal group terkenal dari Indonesia, Elfa Singer. Kurang lebih vokal group jazz solid dan mapan The Manhattan Transfer berada di tengahnya.  Posisinya antara dipengaruhi dan mempengaruhi. Dengan formasi terakhir Tim Hauser, Janis Siegel, Alan Paul dan Cheryl Bentyne, saat ini The Manhattan Transfer telah mengukuhkan dirinya sebagai reinkarnasi dengan nafas modern atas  kelompok vokal jazz yang pernah populer di era 1950an dan 1960an.

Berdiri sejak 1969 dengan beberapa kali pergantian formasi. Tercatat yang pernah mendukung kelompok ini dari tahun ke tahun antara lain adalah Gene Pistilli, Erin Dickins, Marty Nelson, Pat Rosalia dan Laurel Masse. Mereka tampil dengan kemasan baru musik jazz bergaya boogie-woogie, swing, be bop, fusion, latin, pop atau pun R&B.

Group yang pada tahun 1981 berhasil mendapatkan penghargaan dari Grammy Award dalam dua kategori sekaligus The Best Jazz Artist dan The Best Pop Artist  dengan album “Mecca for Modern” ini sudah menghasilkan 23 album sejak album pertamanya, “Jukin’” (1971) dan sudah menyabet 8 piala Grammy, untuk kategori album maupun lagu jazz vokal terbaik.

Jika di tahun 1979 Manhattan Transfer namanya melambung dengan satu koleksi klasik dari Joe Zawinul dan Weather Report dengan ‘Birdland’-nya, maka tahun 2009 dalam rangka merayakan 40 tahun berdirinya The Manhattan Transfer, mereka mengeluarkan album “The Chick Corea Songbook” (Four Quarters Entertainment). Sebuah indikasi kalau Manhattan Transfer mempunyai ketertarikan kepada para pujangga pembaharu musik jazz, Joe Zawinul dan Chick Corea, yang sama-sama alumnus sekolah “Bitches Brew”-nya Miles Davis di akhir 1960an.

Chick Corea, dikenal sebagai komposer, pianis serta keyboardis nomer wahid dalam dunia musik jazz yang tak jemu-jemunya berkarya sejak 1965 sampai sekarang telah menunjukan efek trickle down kepada ribuan musisi jazz di seluruh dunia baik sebagai sumber inspirasi, pengaruh dan salah satu ikon perkembangan musik jazz 40 tahun terakhir. Manhattan Transfer sendiri dengan segenap reputasinya yang luar biasa, mencoba untuk menangkap daya tarik, pesona, spirit dari Chick Corea dengan menampilkan versi vokal beberapa karya terbaik dari pianis yang baru saja memperoleh penghargaan Grammy Awards ke-52 dalam kategori Best Jazz Instrumental Album.

Ada 12 komposisi karya Chick Corea dalam album “The Chick Corea Songbook” tersebut. Sebagian besar merupakan adaptasi dari komposisi lain termasuk salah satu magnum opusnya, ‘Spain’. Sudah barang tentu, harmoni dan warnanya juga lain dibandingkan dengan ketika Al Jarreau menyanyikan lagu yang sama. Selain ‘Spain’, masih ada ‘Free Samba’, ‘One Step Closer (The One step)’; ‘Children's Song #15’, 500 Miles High’, ‘ Another Roadside Attraction (Space Circus)’, ‘Time's Lie’, ‘La Chanson Du Bebe (Children's Song #1)’, ‘Ragtime in Pixiland (Pixiland Rag)’, ‘The Story of Anna & Armando (Armando's Rhumba)’ dan Free Samba (Extended version). Kalau anda penggemar keyboardis kelahiran 12 Juni 1941 ini setelah mendengarkan koleksi ini pasti akan langsung “nyambung”.

Adapun para musisi yang mendukung di album ini antara lain Alex Acuna, Fred Hersch, Ronnie Cuber, Conrad Herwig, Christian McBride dan masih banyak lagi yang lain termasuk  Chick Corea sendiri mengisi dalam satu komposisi “Free Samba” dengan menggunakan keyboard Yamaha Motif XS8.  Kiranya album ini bisa dijadikan kado persembahan yang berkesan dari Manhattan Transfer untuk para penggemarnya sekaligus juga pecinta Chick Corea di seluruh dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp chat