News

JAZZ | Poster & Post It – “A Jazz Pictures Exhibition” , Pameran Grafis Foto Klab Jazz Bandung

JAZZ | Poster & Post It - "A Jazz Pictures Exhibition"

Sosialisasi musik jazz tidak hanya dilakukan melalui rekaman-rekaman ataupun konser-konser dan festival jazz, tanpa adanya media massa mungkin penyebaran musik jazz tidak seluas sekarang, media tulisan dan foto tentang jazz membantu masyarakat lebih mengetahui tentang jazz. Sudah terbukti fotografi juga banyak berperan dalam mengenalkan musik jazz pada masayarakat melalui dokumentasi-dokumentasi baik tentang sosok seorang musisi jazz, konser-konser, festival ataupun semua hal yang berkaitan dengan kejadian dalam kancah musik jazz, banyak fotografer yang mempunyai perhatian khusus dalam musik jazz, katakanlah yang  William Gottlieb, William Claxton atau Herman Leonard, adalah beberapa fotografer yang jasanya besar pada perkembangan musik jazz.

Sebuah upaya Klab Jazz merealisasikan salah satu misinya dalam memasyaraktkan musik jazz melalui pameran karya foto bertemakan musik jazz oleh seorang fotografer yang selama setahun terakhir ini aktif membantu Klab Jazz dalam pendokumentasiannya; Mia Damayanti. Walau memang yang utama adalah upaya pendokumentasian, namun beberapa karyanya tampak memiliki nilai keindahan yang menonjol, sehingga pikiran untuk berbagi dengan para pecinta musik jazz, khususnya di Bandung adalah tidak terelakkan. Terbersitlah gagasan JAZZ | Poster & Post It. Pertemuan Klab Jazz dengan POTLUCK Coffee Bar & Library, menambah besar keinginan untuk merealisasikannya, melihat terdapat banyak ”ruang kosong” di dinding-dinding bangunannya. Pertemuan dengan mitra percetakan foto JONAS PHOTO memicu Klab Jazz untuk menentukan jadwal pamerannya. Setelah mengalami sekali penundaan, Pameran Grafis Foto Klab Jazz bertajuk JAZZ | Poster & Post It pun direalisasikan.

Pameran JAZZ | Poster & Post It akan dibuka Hari Sabtu, 10 Juli 2010, bertempat di POTLUCK Coffee Bar & Library, Jl. H. Wasid no. 31, Bandung pada pukul 16.00. Pameran kan dibuka bersama oleh sang Kurator, Dwi Cahya Yuniman dan para pemusik yang terabadikan dalam foto Imelda Rosalin Trio; Imelda Rosalin, Rudy Zulkarnaen dan Arifandi Renaldi. Setelah itu layaknya sebuah acara yang diselenggarakan oleh sebuah komunitas seperti Klab Jazz, acara pun akan diramaikan pula dengan pertunjukan-pertunjukan musik hingga pukul 21.00. Di antaranya yang sempat memberikan konfirmasi; Boyke Priyo Utomo, Imam Pras, Tesla Manaf Effendi, grup-grup Fastcom, Hot Chocolate, Iman Rahman & Friends, dan Ryan V.

pada kesempatan ini juga alkan ada “Artis Talk” yang merupakan media pengungkapan gagasan dalam berkarya sang seniman fotonya, acara ini akan diselengarakan hari Senin, 12 Juli 2010 bertempat di POTLUCK, Coffee Bar & Library. Menurut rencana pada kesempatan jumpa sang seniman ini, akan hadir pula penyanyi jazz Syaharani, yang akan berbicara kaitan seorang seniman yang kerap biasa menjadi objek sang seniman foto (paparazzi), dan Galih Sedayu, seorang penggiat foto yang juga pendiri wadah bagi fotografer; Air Photography.

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker