News

Workshop dan Fringe Stages di 7th Penang Island Jazz Festival 2010

Penyelenggaraan 7th Penang Island Jazz Festival yang digelar mulai dari tanggal 2 hingga 5 Desember 2010 menampilkan lebih dari 190 musicsi di satu Main Stage, dan empat Fringe Stages atau Stage pemanasan dan program Big Band program. Festival juga dilengkapi dengan workshop yang digelar dibeberapa tempat seperti Ballroom Bayview Resort Hotel dan Tree Monkey at Tropical Spice Garden, Teluk Bahang, Penang.

Workshop “Musical Unity in Diversity” oleh Boi Akih misalnya dihadiri oleh puluhan audiense yang memiliki latar belakang berbeda baik musisi maupun mereka yang masih belajar dan jazz enthusiast yang datang pada umumnya dari sekitar Penang dan Kuala Lumpur.

Workshop Boi Akih di 7th Penang Island Jazz Festival 2010
Workshop Boi Akih di 7th Penang Island Jazz Festival 2010

Beberapa pertanyaan yang mengemuka saat workshop antara lain bagaimana cara Monika Akihary mengatasi kendala suara – mengingat workshop digelar pada pagi hari sekitar jam 10 waktu setempat. Ia menjawab bahwa dalam kondisi apapun ia selalu berusaha mempersiapkan diri sebaik mungkin, dengan istirahat dan latihan yang cukup. Bahkan dalam beberapa hal, kondisi pada pagi hari justru bagus, karena ia bisa mengeksplore suaranya untuk menyentuh nada-nada terendah.

Mengingat latar belakang Boi Akih trio yang terdiri dari Monika Akihary yang memiliki latar belakang keluarga dari pulau Haruku di Indonesia, meski ia lahir dan besar di Belanda. Sementara Sandip lahir di India dan tinggal di Belanda. sedang Niels Browuer lahir dan besar di Belanda, tapi mereka bertiga tak pernah membatasi untuk mendengarkan musik. “Saya membuka peluang untuk mendengarkan sound apapun sebisa mungkin” ujar Niels. Oleh karenanya Boi Akih bisa menampilkan musik yang tidak hanya terbatas pada tradisi tapi juga menyeberang ke ranah modern dan menggunakan keduanya sebagai kendaraan bermusik.

***

Selepas workshop Boi Akih tampil pula PFS Jazz jam Crew yang merupakan murid-murid sekolah menengah atas di Penang yang berformat big-band.

PFS Jazz Jam Crew
PFS Jazz Jam Crew

Sementara para pengunjung hotel dan sebagian artis menonton artis lain yang tampil di Oris Stage yang berada persis dibelakang lobby hotel Bayview Resort Hotel.

Hari Sabtu penyelenggaraan festival tampil Florence Koh Quartet. Wanita yang akrab disapa Floe, merupakan vocalist yang berasal dari Penang. Ia mulai bernyanyi sejak berusia 13 tahun di gereja dan mengembangkan gaya bermusiknya ketika melanjutkan studi dibidang Komunikasi di USA. Ia kerap tampil diberbagai panggung diseputaran pulau Penang. Ia membawakan beberapa lagu antara lain lagu milik George Benson ‘Masquerade’, ‘All of Me’ yang ditulis Gerald Marks dan Seymour Simons di tahun 1931 dan membawakan L.O.V.E, nomor yang memang kerap dibawakan oleh para vokalis jazz.

Florence Koh for 7th Penang Island Jazz Festival 2010
Florence Koh for 7th Penang Island Jazz Festival 2010

Di Oris Stage tampil pula Sound of Light, PRIORity, Clair V. Rozells & Allan G. Murillon dan JazzHats. Sementara pada hari Minggu akan tampil Winners of Get Inspired Competition, Jonathan Tse Trio, Reza Salleh dan Rozz & Frequency serta Raggy Project.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker