FestivalNews

Jazz from India! Dhruv Ghanekar Dari India Siap Ramaikan Borneo Jazz

Borneo Jazz (sebelumnya bernama Miri International Jazz Festival), akan segera digelar pertengahan Mei mendatang. Lokasinya di kota Miri, bagian utara Sarawak, Malaysia yang berada di Pulau Kalimantan. Festival tahunan ini cukup signifikan dalam geliat jazz di kawasan Asia Tenggara, pengisi acara mulai dari musisi lokal, negara-negara jiran, hingga internasional.

Tahun ini Borneo Jazz menjadwalkan antara lain Maria Muldaur, John Hammond (Amerika Serikat), Cunha & Piper (Brazil), Les Doigts De L’Homme (Perancis), SIU2 (Hong Kong), State Of Monc (Belanda), Victor Yong and the Electric Carnival (Malaysia – Kanada) Yuichiro Tokuda’s RALYZZ DIG (Jepang) sebagai pengisi acara. Ada pula gitaris – komposer – produser Dhruv Ghanekar asal negeri Hindustan yang turut berpartisipasi.

Dhruv ialah gitaris tersohor dari Mumbai, India, yang mulai belajar musik tradisional India di usia Sembilan tahun. Semenjak duduk di bangku sekolah, ia telah jatuh cinta pada instrumen gitar, yang kini menjadi pegangannya.

Dhruv Ganekar
Dhruv Ghanekar

Mulai dari Richard Bona, Zakir Hussain, Sultan Khan, Trilok Gurtu, Raul Midon, Etienne M’bappe, Ranjit Barot, hingga Louiz Banks sudah pernah berkolaborasi dengan Dhruv. Ia mengenyam pendidikan di Berklee College of Music serta menggubah lebih dari 3000 musik iklan, televisi, dan film.

Album Distance (blueFROG, 2009) adalah debutnya sebagai artis solo, dengan pelbagai preferensi musik; jazz, rock fusion India, juga eksperimental. Album ini digarap selama tiga tahun serta proses rekaman di banyak tempat menampilkan kolaborasi dengan musisi India, Amerika Serikat, dan Eropa. Kini Dhruv tengah menggodok album kedua yang banyak mengeksloprasi musik Afrika, didukung oleh para musisi tamu dari berbagai penjuru dunia.

Menurut jadwal yang dilansir panitia, Dhruv akan membuka rangkaian acara Borneo Jazz tanggal 12 Mei mendatang, dengan venue Marina Bay Seafood Restaurant.

Untuk info terkini Borneo Jazz, dapat diakses lewat situs resminya di http://jazzborneo.com/ sedangkan jika ingin mengenal lebih jauh sosok Dhruv Ghanekar, langsung klik http://www.dhruvghanekar.com/.

Tags

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker