Review

George Benson – Guitar Man

Seperti diumumkan sebelumnya, kini album gres bertajuk Guitar Man milik penggitar legendaris George Benson resmi diluncurkan. Karya terbarunya ini menambah daftar diskografi George sekaligus menunjukkan bahwa ia tetap seorang pendekar gitar jazz tulen, dengan mengingat banyak album-album pendahulu lebih memproyeksikan dirinya sebagai penyanyi pop atau r&b, alih-alih gitaris.

Namun bukan berarti George sama sekali tidak sumbang suara. Vokalnya yang sehalus beludru boleh disimak pada rendisi “My Cherie Amour” milik Stevie Wonder dalam santai alunan aransemen groovy. Tembang lainnya adalah ballad “My One and Only Love” yang pernah ditampilkan Johnny Hartman dan John Coltrane, berawal introduksi solo gitar sebelum nyanyian, serta lirihan blues pada “Since I Fell For You” teriring dentingan kibor resitatif.

Permainan gitar tunggal George, yang menjadi esensi album ini, ada di trek pembuka “Tenderly” lewat olah melodi serta harmoni seduktif membuat gitarnya seolah bernyanyi. Begitu pula jentikannya atas nomor “Danny Boy” yang bernuansa Celtic, di awal birama nampak ia memindahkan frase tiupan instrumen bagpipe ke dalam gitar yang berbunyi liris. Dengarkan juga aksinya yang penuh improvisasi dalam “Naima” berformat kuartet dengan  Joe Sample, Harvey Mason, dan Ben Williams.

Untuk proyeknya ini, George Benson melakukan pendekatan “old school,” meminimalisir waktu rehearsal di studio supaya hasil rekaman lebih spontan dan terasa seperti penampilan di atas panggung. “Kami merasa bahwa energi optimal akan didapatkan jika kami masuk studio bersama musisi-musisi panggung yang berpengalaman dan fleksibel,” kata George, “dan kami berhasil melakukan itu,” ujarnya.

Kalau tidak membaca judulnya, kemungkinan akan terkecoh waktu mendengar trek “I Want to Hold Your Hand” ciptaan John Lennon/Paul McCartney dalam aransemen retro. Silakan bersantai sembari menikmati “Don’t Know Why” kepunyaan Norah Jones yang melenakan, atau balutan smooth jazz atas tembang Michael Jackson, “The Lady in My Life.” Jika ingin bergoyang sedikit, putarlah nomor swing “Paper Moon” dan “Tequila” yang berdetak Afro-Cuban.

Gaya khas George, memainkan melodi gitar berpadu scat singing unison menghiasi trek final “Fingerlero” seraya menutup jumpa Guitar Man. Album ini wajib dimiliki oleh penggemar George Benson, terutama mereka yang sudah lama menanti aksi gitarnya yang bersinar.

Album: Guitar Man
Label: Concord Jazz, 2011

01. Tenderly
02. I Want to Hold Your Hand
03. My Cherie Amour
04. Naima
05. Tequila
06. Don’t Know Why
07. The Lady in My Life
08. My One and Only Love
09. Paper Moon
10. Danny Boy
11. Since I Fell For You
12. Fingerlero

Musisi

George Benson: gitar, vokal
Joe Sample: piano
David Garfield: piano, kibor
Harvey Mason: drum
Ben Williams: kontrabas

Paul Jackson, Jr.: gitar
Ray Fuller: gitar
Freddie Washington: bas
Oscar Seaton, Jr.: drum
Charlie Bisharat: violin
Dan Higgins: flute, klarinet

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker