News

Inilah kelima resipien NEA Jazz Masters 2012

Tahun ini adalah sekaligus peringatan ke-30 National Endowment for the Arts (NEA) Jazz Masters, penghargaan tertinggi bagi para insan jazz di Amerika Serikat. Rekognisi ini diberikan NEA untuk para musisi jazz terpilih, atas kontribusi mereka dalam perkembangan dan seni pertunjukan jazz.

NEA Jazz Masters 2012
NEA Jazz Masters 2012

Kelima NEA Jazz Masters 2012 ialah:

Jack DeJohnette, drummer, kibordis, composer
Von Freeman, saksofonis
Charlie Haden, kontrabasis, komposer, edukator
Sheila Jordan, vokalis, edukator
Jimmy Owens, edukator, trumpeter, pemain flugelhorn, komposer, arranger

Selain mendapat predikat “Jazz Master,” mereka akan mendapatkan pula dana sebesar 25.000 dollar sebagai bentuk penghargaan materi oleh NEA yang nantinya diumumkan secara publik dalam seremoni dan konser di Jazz at Lincoln Center, 10 Januari 2012.

“Para seniman jazz  ini memiliki kepiawaian di tingkat tertinggi dan kami bangga untuk memberi penghargaan kepada mereka,” terang Rocco Landesman, ketua NEA. “Lewat kontribusi mereka, kita telah ditantang, diterangkan, serta terpukau, dan inilah bentuk terima kasih atas devosi karir mereka,” imbuh Rocco.

Menurut direktur Musik dan Opera NEA, Wayne S. Brown, “Jazz telah dikenal sebagai salah satu sumbangan kultural terbesar Amerika untuk dunia.” Ia menambahkan, “Kelimanya telah berkontribusi banyak dalam memajukan jazz serta menjadi teladan bagi generasi baru, para musisi jazz muda berbakat,” tutupnya.

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker