News

Kirk Whalum luncurkan “Romance Language” di Hari Valentine

14 Februari mendatang, sebuah album dari saksofonis Kirk Whalum berjudul Romance Language akan dirilis. Kirk tampil bersama adiknya, Kevin Whalum selaku vokalis. Isinya berupa reinterpretasi atas enam lagu ballad pada John Coltrane & Johnny Hartman (Impulse!, 1963) serta lima lagu tambahan yang ditulis oleh Terry Lewis dan James Harris, Eric Benet, serta Joe Thomas.

Kirk Whalum - Romance Language
Kirk Whalum - Romance Language

Bertepatan dengan rilis album tersebut, Whalum bersaudara akan tampil pada konser Hari Valentine di Hilton Portland Downtown di Oregon yang disiarkan langsung lewat situs resmi Kirk.

Kirk dan Kevin melakukan pendekatan atas lagu-lagu pada rekaman John Coltrane dan Johnny Hartman secara penuh perhatian. Bersama rekan produser John Stoddart, Kirk melakukan aransemen atas tembang “They Say It’s Wonderful,” Dedicated to You,” “Lush Life,” dan “You Are Too Beautiful” bergaya R&B, pop, maupun jazz.

“Album ini adalah proyek impian saya,” ujar Kirk. Ia menuturkan, “Saya mengagumi vokal Kevin sejak 30 tahun lalu, dan selama itu pula saya tersentuh dengan album Coltrane/Hartman, setiap saya dengarkan album tersebut, terlintas di benak untuk menggarapnya kembali bersama Kevin.”

Ia melanjutkan, “Kini proyek itu telah terlaksana, direkam secara langsung tanpa overdubs, over-takes, maupun over-production. Hanya reaksi spontan atas kebahagiaan dan cinta, bentuk rasa hormat dan kekaguman atas indahnya lagu-lagu dalam rekaman tersebut,” tutupnya.

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker