Jak Jazz FestivalNewsProfile

MEZZOFORTE: Sukses Fusion Eropa

mezzoforte-www.mezzoforte.com.jpg
Tur “Islands” MEZZOFORTE yang singgah di JAKJAZZ (www.mezzoforte.com)

Jika penyanyi-penulis lagu unik Björk mengungguli tangga lagu Inggris 90-an dengan menggebrak dari sudut kecil negara pulau Islandia, maka dekade sebelumnya dari Tanah Es itu sudah ada band MEZZOFORTE yang masuk 20 besar singles chart Inggris lewat instrumentalia “Garden Party” (Polydor, 1983) dengan kemudian membawa nama mereka melanglang buana ke seantero dunia. Bermodalkan demam fusion, “Rockall” pun masih signifikan kepopulerannya pada tahun yang sama. Empat personil yang sekaligus mewakili jazz populer Eropa itu adalah pemain bas Jóhann Ásmundsson, drummer Gunnlaugur Briem (Gulli), kibordis Eyþór Gunnarsson (Eythor), dan gitaris Friðrik Karlsson (Frissi).

Kendati sudah ada Kristinn Svavarsson yang meniup saksofon di awal 80-an, sejak 1996 Óskar Guðjónsson bergabung dan memperluas formasi tetap band ini. Formasi tur dan album era belakangan inipun diperkuat Sebastian Studnitzky (yang terutama memainkan terompet selain kibor tambahan) dan Thomas Dyani (perkusi). Pada kesempatan tampil di Indonesia 2006 lalu pun (di Java Jazz Festival) kombo lengkap ini yang diboyong, dengan pengeculian pada departemen gitar, yaitu Bruno Müller (Mueller) yang bergabung sejak 2005 menggantikan Frissi. MEZZOFORTE “Live in Reykjavik” (2007) adalah rilis sangat direkomendasikan bisa merangkum riwayat band ini sekaligus menampilkan formasi prima tersebut dengan dua gitaris sekaligus. Kemasan kompak DVD pun jadi jaminan bagi penggemar yang tak bisa hadir untuk turut kecipratan suasana pengambilan live-nya.

Nomer-nomer wajib lain dalam tur seperti “Midnight Sun” dan “Spring Fever” (“Observations“, 1983); “Joyride” (“No Limits“, 1986); dan “Drive” (“Monkey Fields“, 2005) biasanya menjadi andalan selain rekaman baru yang jadi tajuk konser mereka. Untuk 2012 ini mereka mengambil album “Islands” (BHM, 2012) sebagai judul tur. Album tersebut menjanjikan perubahan tema ke arah tren akustik dari smooth jazz dengan Eythor lebih dominan memainkan grand piano, tentunya masih dalam balutan funk seksi ritmenya. “Funky Homer” dan sinkope “Here And Now” menegaskan aspek itu sementara pada lembar lain lekuk horn terdengar kental dalam “Time Out” dan “Islands“.

Di Eropa mereka tengah menggelar tur “Islands” pada kota-kota seperti Frankfurt, Paris, dan Copenhagen. Uniknya ada jadwal Jakarta di tengah-tengah nama-nama tersebut. Antisipasi hadirnya aransemen segar MEZZOFORTE pada Djarum Super Mild JakJazz 2012 jadi terdengar menarik.

Saksikan Mezzoforte di ajang Djarum Super Mild JakJazz 2012 pada hari Sabtu 23.30 – 00.45 dan Minggu 21.30 – 22.45 Stage 1.

 

Tags

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker