FestivalNews

Festival Musik Tembi 2013, Ajang Kreasi dan Edukasi

Festival Musik Tembi 2013 kembali diadakan pada 22 – 24 Mei 2013 di Tembi Rumah Budaya Jogjakarta. Kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh foMbi (Forum Musik Tembi) ini merupakan bagian dari kegiatan Yayasan Tembi Rumah Budaya yang dibuat oleh komunitas, peminat, pelaku, dan penikmat musik dibawah naungan Tembi Rumah Budaya dengan visi menjadi lahirnya produk-produk kreatif berbasis budaya lokal yang berkualitas dan menjadi bagian dari jaringan masyarakat kreatif dunia.

Festival Musik Tembi 2013
Festival Musik Tembi 2013

Sebagai bentuk kontinuitas dari Festival Musik Tembi setiap tahunnya sejak tahun 2011, festival ini digelar dengan memberikan ruang berkreasi dan berkreatifitas bagi musisi muda dalam bermusik tanpa sekat genre. Adapun Festival ini diselenggarakan sebagai agenda dari foMbi (Forum Musik Tembi) untuk menjaring komunitas baik peminat, pelaku dan penikmat musik tanpa sekat genre dalam bertukar pikiran dan berbagi pengalaman bermusik, serta semua hal yang berkaitan dengan musik.
Mengingatkan kembali bagi generasi muda kepada jati diri bangsa, dengan memberikan wadah berkreasi bagi musisi muda di Indonesia sehingga tercipta karya musik Indonesia yang baru dan sesuai dengan perkembangan jaman. Membangkitkan kreativitas dalam kebebasan bermusik dan menciptakan karya cipta musik, dan mempertunjukkan dan memperdengarkan kembali musik tradisi Indonesia.

Masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, Festival Musik Tembi 2013, tetap menampilkan pertunjukkan musik tanpa sekat genre dari berbagai komunitas dengan bermacam-macam genre musik tanpa sekat genre, dengan menggunakan elemen musik tradisi Indonesia dalam menggali kekayaan bunyi-bunyian nusantara yang melalui tahap seleksi atau kurasi, dengan tema “Musik Tradisi Baru 2013”. Semua kegiatan musik akan berlangsung di Pendapa, Museum, Amphitheatre Tembi Rumah Budaya Jogjakarta.
Dalam hal mengumpulkan karya-karya kreatif musik dari musisi muda kisaran 15 – 35 tahun, pendaftaran “Musik Tradisi Baru 2013” sudah dibuka, sejak 12 Desember 2012 sampai batas penutupan pada tanggal 25 April 2013.
Lokakarya musik juga akan tetap ada di Festival Musik Tembi 2013, kegiatan bincang-bincang dari praktisi musik, pengamat musik/praktisi musik untuk menambah wawasan para pengunjung festival. Tidak lupa pasar musik, bagi teman-teman yang ingin membeli semua perlengkapan yang berhubungan dengan musik.
Dari Tembi-Sewon, Bantul foMbi ingin membangun sebuah kesadaran bermusik yang berkualitas dan unik sebagai kontribusi bagi perkembangan musik di Indonesia pada masa mendatang .

JADWAL FESTIVAL MUSIK TEMBI 2013
22, 23, 24 Mei 2013
TeMBI Rumah Budaya
Jl. Parangtritis Km. 8,4 Tembi, Timbulharjo, Sewon Bantul Yogyakarta
GRATIS

22-24 MEI 2013
PASAR MUSIK
Pk. 16.00 – selesai

RABU, 22 MEI 2013
PERTUNJUKAN MUSIK
Pk. 19.00 WIB
BAD CELLISTS
BCR Project
WAYBE
KSBJ
PLENTHONG KONSLET

KAMIS, 23 MEI 2013
WORKSHOP MUSIK “Gamelan Keramik”
Oleh ASEP NATA dan Mahasiswa Universitas Pasundan, Bandung
Pk. 13.00 WIB
PERTUNJUKAN MUSIK//PANGGUNG “MUSIK TRADISI BARU 2013”
Pk. 19.00 WIB
Turut menampilkan BCR Project (MTB 2012)
(Video Live Streaming: www.solidpro.co.id)

RABU, 22 MEI 2013
BINCANG-BINCANG MUSIK Bersama RIZALDI SIAGIAN ‘Etnomusikolog’, N. NURANTO ‘Direktur Tembi Rumah Budaya’, FRANS SARTONO ‘Wartawan Musik Harian Kompas’
Pk. 13.00 WIB

PERTUNJUKAN MUSIK & MALAM PENGHARGAAN MTB 2013”
Pk. 19.00 WIB
SENYAWA
Kolaborasi Indonesia- Jepang “MAKOTO NOMURA (Jepang), GARDIKA GIGIH (Indonesia), & Kumiko Yabu (Jepang)”
EVERY DAY BAND
SARASWATI

LIVE STREAMING: www.tembi.net
Kontak Person foMbi
email: tembi.musik@yahoo.com |HP: 0878 39411192 | FB: Fombi Tembi | tw: @foMbi_
Web: http//: www.fombi.net

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker