NewsReview

Aaron Novik – Our Band Could Be as Serious as Your Life

Album: Our Band Could Be as Serious as Your Life
Label: – , 2013

1. Ananke (for Claudia Quintet)
2. Mr. Chocolate (for Ara Anderson, Werner Herzog)
3. Green Bumblebee (for Sun Ra)
4. Igor Stravinsky’s Memorial BBQ (for Dolphy, Stravinsky and Zappa)
5. pear, acidic (for Radiohead)
6. In Some Ways… (for Koenji Hyakkei, Meshuggah)
7. Warfarin (for Kneebody, Graham Connah)
8. Sea Bees (for Blonde Redhead, Darren Johnston)
9. number 9 (for Deerhoof)

Aaron Novik - Our Band Could be as Serious as Your Life
Aaron Novik – Our Band Could be as Serious as Your Life

Membaca judul album seperti Our Band Could Be as Serious as Your Life dari klarinetis/komposer Aaron Novik ini dapat menimbulkan kesan bermacam-macam; apakah sebuah parodi, lelucon, atau justru memang serius? Layaknya petuah bijak jangan menilai buku dari sampul (pula judul)-nya saja, begitu juga dalam menyimak album berisi sembilan komposisi garapan Aaron.

Bermukim di kawasan San Francisco, Aaron mengajak serta rekan musisi dengan visi serupa tapi tak sama. Ialah violinis Dina Maccabee, Kasey Knudsen di saksofon alto, akordeon-kibordis Marié Abe, pemetik kontrabas Lisa Mezzacappa dan Jamie Moore di kursi drum. Keenamnya tergabung dalam sebuah band bernama Thorny Brocky.

Selain paduan instrumennya, hal menarik dari grup ini terletak pada preferensi bunyi eklektik yang memainkan apa saja mulai dari komposisi tertulis hingga improvisasi berkarakter impulsif. Pun, sembilan trek di dalam Our Band Could Be… merupakan rangkaian homage kepada figur-figur panutan yang sekilas tidak berkaitan pada awalnya.

Aaron membuka putaran lewat tiupan klarinet bas pemberi dasar irama ganjil “Ananke” kemudian menuju langkah mengendap-endap “Mr. Chocolate” yang menyelipkan solo klarinet klezmer-ish. Demikian pula halnya “pear, acidic” yang merekognisi grup Radiohead dengan gesekan Dina serta hembus saksofon Kasey sebagai highlight.

Pada komposisi “In Some Ways…” terdapat ajakan untuk melakukan head-banging dalam cara berbeda—secara akustik. Sedangkan “Warfarin” berupa aksen ritmik mengecoh atas subdivisi nilai ketukan ditambah kejutan listrik Aaron yang bermain liar sarat distorsi. Ada pula komplimen kepada Sun Ra dalam “Green Bumblebee” dengan rujukan exoplanet, namun trek paling ambisius adalah “Igor Stravinsky’s Memorial BBQ,” sebuah pesta kebun di mana Igor Stravinsky, Eric Dolphy dan Frank Zappa menjadi tuan rumahnya.

Personil

Aaron Novik: klarinet bas
Dina Maccabee: violin
Kasey Knudsen: saksofon alto
Marié Abe: akordeon, piano, organ, rhodes
Lisa Mezzacappa: kontrabas
Jamie Moore: drum

 

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker