News

Bodø Jazz Open festival jazz internasional di atas lingkaran Arktik

Bodø Jazz Open 2015
Bodø Jazz Open 2015

Band jazz pertama dari Norwegia Bodø Jazz Band, didirikan di Bodø, Norwegia bagian utara sekitar tahun 1921. Kota Bodo memang memiliki sejarah panjang dalam jazz dan musik populer. Semenjak 2011 kota ini juga menjadi tuan rumah festival baru yang menarik, yang Bodø Jazz Open (BJO).

Kota ini dikelilingi oleh cahaya utara yang spektakuler, berada diatas lingkaran Arktik dan memiliki pegunungan dan laut. Setiap tahunnya pada bulan Januari jazz di ekspos besar-besaran dan menjadi sorotan sekitar 5 hari berturut-turut.

Tahun ini panitia telah menetapkan headliner pertama yaitu Jan Garbarek Group yang akan tampil pada tanggal 21 Januari, di Stormen atau “The storm” sebuah gedung konser baru nan spektakuler di Bodø.

Disamping itu tampil pula artis kenamaan seperti Marilyn Mazur, Mezzoforte, Marit Sandvik & Nova Onda, Åsmund Birch Orchestra, Håvard Lund dan lainnya.

We want to create an OPEN musical atmosphere and environment for jazz and related rhythmical music. Our “frame” of music includes progrock, NU-jazz, ethnic and of course jazz in all it´s flavours. Our goal in the festival projects is to bring together the very best of national, local and international performers for collaborations, jam sessions and workshops.

Panitia penyelenggara ingin menciptakan suasana musik terbuka dan lingkungan untuk jazz dan musik yang seirama. Termasuk didalamnya ada ProgRock, nu-jazz, etnik dan tentu saja jazz dengan beragam rasa. Tujuannya agar pemain nasional, lokal dan internasional berkolaborasi, berjam session maupun melakukan lokakarya bersama.

Selain itu, BJO ingin menghasilkan lebih banyak aktivitas pada bulan Januari, biasanya dihubungkan dengan kegelapan, musim dingin dan konser dan festival yang “low profile”. Orang-orang lebih sering tinggal di rumah namun jazz festival akan membuat mereka keluar dari “persembunyian”. Hasil statistik membuktikannya dengan kehadiran sekitar 3.700 penonton menghadiri Bodø Jazz Open di tahun 2014 silam, mengikuti sukses besar yang juga terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Anda diundang untuk menikmati Bodø Jazz Open mulai tanggal 21 hingga 24 Januari 2015. Berikut ini jadwal lengkap setiap harinya.

[Htab]
Jan Garbarek Grup
Halfdan Goes Jazz!
Pameran Festival
After Jazz: Dag Erik & John Kare
Ann-Iren Hansen & Cari Robert Olsen
Expo Jazz Utara
Mazur / Aarset / Molvær
After Jazz & Jam
Expo Jazz Utara
Bjørkens på tusenhjemmet
Etter Jobb Jazz
Marit Sandvik & Nova Onda
Elle Marja Eira Band
Reiersrud Band
After Jazz: Dag Erik & John Kare

 

Jazz untuk Anak-anak
Jan Ditlev Hansen: Diskusi tentang Norwegia Jazz Utara!
Jazz Café Noso & Håvard Lund
Jazz & Dine Åsmund Birch Orchestra
Scandic Night In: Mezzoforte
Emilie Nicolas
Scandic Malam Ii: Bodø Big Band & Odd Andersen René
After Jazz

[/Htab]

 

 

 

 

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker