Profile

Cory Wong mengubah wajah Jazz dengan suara gitar yang segar dan kontemporer

Cory Wong, seorang gitaris Amerika Serikat yang mengguncang dunia jazz dengan suara yang segar dan kontemporer. Dikenal sebagai salah satu musisi jazz paling kreatif dan inovatif saat ini, dengan kecakapan teknis yang luar biasa dan keterampilan bermain gitar yang mumpuni.

Lahir pada 26 Agustus 1980 di Poughkeepsie, New York, Wong memiliki latar belakang pendidikan musik yang kuat, termasuk menghadiri University of Minnesota dan McNally Smith College of Music. Sejak usia 20 tahun, ia memutuskan untuk mengejar karir musik secara profesional dan belajar dari beberapa musisi terkemuka, seperti Peruvian guitarist Andrés Prado dan Prince’s drummer Michael Bland.

Dalam karirnya yang cukup lama, Wong telah membuktikan kemampuan dan dedikasinya dalam industri musik.

Wong memulai karirnya dengan fokus pada jazz dan tampil di klub jazz di Minneapolis-Saint Paul. Dia merilis dua album dengan grup jazz, Even Uneven pada 2008 dan Quartet/Quintet pada 2012. Setelah itu, ia memperkuat keterampilannya sebagai musisi sesi dan gitaris dalam musik Nashville, melakukan tur dengan Ben Rector dan bekerja dengan berbagai artis seperti Bryan White, Brandon Heath, dan Dave Barnes. Pada tahun 2013, Wong bergabung dengan Dr. Mambo’s Combo, sebuah band funk-soul di Minneapolis, yang memungkinkannya belajar lebih banyak tentang genre musik yang bervibrasi.

Pada tahun yang sama, Wong bertemu dengan anggota band Ann Arbor, Vulfpeck, dan kemudian bergabung dengan mereka sebagai gitaris. Wong memainkan peran penting dalam membawa ritme gitar ke depan dan telah merekam di setiap album Vulfpeck sejak saat itu. Selain itu, dia juga menjadi anggota dari The Fearless Flyers, sebuah quartet instrumental dengan bassist Vulfpeck Joe Dart, gitaris Snarky Puppy Mark Lettieri, dan drummer Nate Smith.

Wong telah merilis sejumlah album solo, termasuk Cory Wong and The Green Screen Band pada 2017, The Optimist pada 2018, dan Motivational Music for the Syncopated Soul pada 2019. Album-album ini menampilkan kolaborasi dengan sejumlah musisi terkenal seperti Phoebe Katis, Antwaun Stanley, Michael Bland, Sonny T., Ben Rector, Jon Batiste, Louis Cato, Nate Smith dan banyak lagi. Wong juga merilis album-album lain seperti Elevator Music for an Elevated Mood pada 2020, Trail Songs: Dusk (2020), Trail Songs (Dawn) (2020), dan The Striped Album (2020). Pada tahun 2021, ia merilis album kolaboratif dengan band The Wongnotes dan album solo Wong’s Cafe pada 2022.

Wong telah tampil dengan sejumlah musisi terkenal seperti Dave Koz, Metropole Orkest, Stay Human, dan dengan band Chris Thile di program radio Live from Here. Dia telah melakukan tur di Amerika Serikat dan Eropa sebagai pendukung album solo-nya dan dengan Vulfpeck.

Selain menjadi seorang musisi, Wong juga terlibat dalam beberapa proyek seperti menjadi tuan rumah dalam sebuah podcast musik untuk majalah Premier Guitar dan memproduksi acara musik-komedi-variety di YouTube. Pada tahun 2021, perusahaan gitar Fender merilis Cory Wong signature model Stratocaster yang didesain sesuai dengan preferensi Wong.

Apakah kalian juga suka dengan Cory Wong?, Apa karya miliknya yang menjadi favorit kalian?. Tulis dikolom komentar dibawah ya.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker