Review

Michael Berger, Uli Beckerhoff & Stefan Ulrich – Cinema

Album: Cinema
Label: Berthold Records, 2012

01. Ouagadougou
02. Ballroom Affair
03. Night Race
04. Aqua Dolce
05. What About…
06. Soldier of Desire
07. Eboo
08. Mumbai Girl Talk
09. Odyssey
10. Bye, Bye Gentle Drama

Uli Beckerhoff, Michael Berger & Stefan Ulrich - Cinema
Uli Beckerhoff, Michael Berger & Stefan Ulrich – Cinema

Berisi sepuluh trek tematik, album Cinema dari Uli Beckerhoff, Michael Berger dan Stefan Ulrich (BBU) merupakan narasi musikal ketiga musisi yang sudah malang-melintang di ranah jazz Eropa. Seperti judulnya, olah bunyi bernuansa sinematik hadir lewat permainan memikat atas instrumen-instrumen elektro-akustik yang seringkali menggambarkan lokasi spesifik.

Awalan “Ouagadougou” dengan suara sintetis sinar laser mungkin akan menggiring pendengarnya untuk mendapat persepsi musik latar fiksi ilmiah. Namun kemudian berbelok arah saat ritme perkusi Afrika dan hembus trumpet bluesy mengambil alih dan menuju siklus calypso hingga akhir birama. Dilanjutkan impresi sendu “Ballroom Affair” dan tensi meningkat “Night Race,” lalu mengarungi samudera lewat trek oseanik “Aqua Dolce.”

Sayup-sayup bunyi snare drum berirama mars mewakili enigmasi “Soldier of Desire” sedangkan “Eboo” suguhkan ekstase hentakan ritmik dubstep berikut lintasan flugelhorn yang sebangun. Deskripsi tentang sebuah tempat di India dengan segala problematikanya dinyatakan lewat nomor “Mumbai Girl Talk” yang tampilkan interplay secara intensif.

Penuh misteri dan cenderung eksperimental, komposisi “Odyssey” seolah mengajak untuk wisata auditif menuju dimensi lain. Bagi yang sempat mendengar bisikan trumpet Miles pada soundtrack film noir Ascenseur pour l’échafaud (1958), akan teringat kembali saat menyimak “What About…” yang sarat improvisasi. Rangkaian cerita album ini berakhir pada “Bye, Bye Gentle Drama” dalam balutan irama groovy juga selipan frase “Fascinating Rhythm” milik Gershwin.

Personil

Uli Beckerhoff: trumpet, flugelhorn, piccolo trumpet
Michael Berger: piano, kibor, electronics
Stefan Ulrich: drum, electronics

 

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker