Festival

28th Tampere Jazz Happening Finlandia

tampere-cMenyebut nama Finlandia dalam peta jazz di dataran Eropa memang mengesankan. Tak hanya menjadi gudang musisi jazz, tapi mereka juga memiliki sejumlah festival yang memiliki nama besar, salah satunya Tampere Jazz Happening yang untuk ke-duapuluh-delapan kalinya diselenggarakan. Tepatnya 29 Oktober sampai 1 November 2009.

Yang menarik, bintang musik dari Finland maupun mancanegara mendapat tempat manggung yang sama secara bergantian setiap harinya. Hal ini memungkinkan terjadinya interaksi spontan yang biasanya berujung pada aksi jam-session pada bagian kedua dimana bintang internasional tampil.

Line-up 28th Tampere Jazz Happening kali ini menyertakan nama-nama seperti Marc Ribot “The Lost String”, Trio M (USA), Jon Hassell & Maarifa Street (USA/NOR/ALG), Black Motor feat. Verneri Pohjola (FIN), Mikko Innanen & Innkvisitio (FIN/SWE/GER), Nordic Trinity “A Tribute to Edward Vesala”, Timo Lassy Band (FIN), Ulf Krokfors’ Orkester (FIN) dan masih banyak nama lain.

Timo Lassy – Round Two from Ricky-Tick Records on Vimeo.

Bintang utama tahun 2009 ini adalah Dave Douglas Quintet, Dr. Lonnie Smith Trio dan Trilok Gurtu Band semuanya kini bermukim di Amerika Serikat. Pada bagian akhir festival akan digelar pula The Final Jam Session dengan host Raoul Björkenheim.

***

Finlandia menaruh harapan besar di musik sebagai salah satu keunggulan yang ditawarkan. Mereka bahkan memiliki Finnish Music Information Centre (FIMIC) yang bertugas menyebarluaskan informasi kelompok ataupun musisi yang tumbuh dan berkembang di Finlandia maupun dipanggung internasional.

Tak hanya jazz, musik lain seperti klasik, folk maupun popular music (pop) juga menjadi garapan organisasi ini. Dengan rutin mereka mengirimkan katalog keberbagai institusi atau festival diseluruh dunia.

***

Berikut ini beberapa jazz festival lain yang juga berlangsung dalam kurun waktu yang sama di daratan Eropa.

Jazztage Dresden
Dates: October 30 – November 15, 2009
Location: Dresden, Germany

Stuttgarter Jazztage XL
Dates: November 2–8, 2009
Location: Stuttgart, Germany

Jazz Fest Sarajevo
Dates: November 3–8, 2009
Location: Sarajevo, Bosnia and Herzegovina

Jazz Fest Berlin
Dates: November 4–8, 2009
Location: Berlin, Germany

Festival Jazz Madrid
Dates: November 4–28, 2009
Location: Madrid, Spain

Zagreb Jazz Festival
Dates: November 5–7, 2009
Location: Zagreb, Croatia

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker