NewsProfile

Jacob Collier

Jacob Collier
Jacob Collier

Inggris dikenal seringkali menjadi munculnya hal-hal baru dalam music pop, juga musisi-musisi yang kemudian membawa warna baru dan perubahan dalam music. Beberapa tahun lalu dalam ranah music jazz Inggris memunculkan pianist yang fenomenal yaitu Jamie Cullum, saat ini muncul lagi musisi di ranah jazz yang dianggap membawa angin segar dan mendapat banyak pujian dengan kreatifitas musiknya yaitu musisi jazz berumur 21 tahun Jacob Collier.

Jacob Collier, bocah kelahiran London ini tumbuh di keluarga musisi dan bakat dan kreatifitasnya sudah terlihat sejak dari kecil, dengan teknologi internet dia membagikan kreatifitasnya tersebut melalui youtube dan mendapat sambutan yang luar biasa, sejak dia membuka channels di youtub tahun 2011 sampai saat ini sudah medapatkan lebih dari sekitar 70 rbu subscribers dan dilihat lebih dari 4,7 juta kali.

Hal tesebut bukan disebabkan karena Jacob “hanya” membuat sensasi, tapi betul-betul serius menggarap musiknya maupun video yang dia buat, sangat kreatif, musiknya menggabungkan Jazz, Acapella, Groove, Folk, Trip-hop, Musik Klasik, Musik Latin, Gospel, Soul dan Improvisasi, tampilannya pun sangat menarik.

Unggahannya yang paling banyak digemari adalah lagu cover dari Stevie Wonder yaitu “Don’t You Worry ‘Bout A Thing,” dia memainkan semua instrumen , dengan inilah dia dikenal dunia, dan penggemarnya bahkan dari para musisi-musisi jazz caliber dunia seperti Quincy Jones, Herbie Hancock, Pat Metheny, Chick Corea, Steve Vai , Take 6 dan masih banyak lagi.

Dari sinilah karirnya mulai mendunia, dia tampil di Montreux Jazz Festival membuka konser Herbie Hancock dan Chick Corea , residensi di Massachusetts Institute of Technology (MIT) Boston untuk menampilkan keahliannya sebagai multi instrumentalis, memeberikan masterclass di berapa sekolah dan perguruan tinggi terkenal, dan debutnya di club jazz bergengsi Ronnie Scott’s Jazz Club, London membuat surat kabar Inggris terkemuka The Guardian menjulukinya “jazz music’s new messiah”.

Proyek terbarunya adalah berkolaborasi dengan grup Snarky Puppy di album Family Dinner Vol. 2 and juga dengan Take 6.

Banyak komentar dan pujian kepada Jacob diantaranya dari Pat metheny yang mengatakan ““I am a big fan… great chords, great arrangements, great singing!” , Chick Corea yang memeberikan pujian “Magnificent!”, Quincy Jones dengan komentarnya “I have never in my life seen a talent like this… Beyond category. One of my favourite young artists on the planet – absolutely mind-blowing” dan masih banyak lagi.

Jika melihat penamilannya lewat Youtube, mungkin kita akan sepakat dengan komentar-komentar para musisi –muisis tersebut. Jadi penampilan Jacob merupakan penampilan yang sangat patut untuk tidak dilewatkan.

Tags

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker