Profile

Kisah organis Jazz Bill Heid

Bill Heid lahir 11 Agustus 1948 dan tumbuh di tengah-tengah suasana Pittsburgh pada masa jayanya jazz, menghabiskan waktu di klub-klub legendaris di Distrik Hill seperti Hurricane Bar dan Crawford Grill.

Semua tokoh besar jazz secara rutin tampil di kota ini pada tahun enam puluhan, dan Bill muda memanfaatkan setiap kesempatan untuk ikut serta dan belajar dari para maestro ini.

Selain musisi-musisi yang melintas kota pada periode itu, Pittsburgh juga menghasilkan beberapa nama besar dalam dunia jazz seperti Ahmad Jamal, Art Blakey, Errol Garner, George Benson, Eddie Jefferson, Mary Lou Williams, Stanley Turrentine, hanya beberapa di antaranya, semuanya menyebut Pittsburgh sebagai kampung halamannya.

Bill mengambil pelajaran dan pengalaman ini dan pergi ke Barat, ke Detroit dan Chicago, di mana ia membangun portofolio blues yang solid, tur dan merekam sebagai pianis dengan Jimmy Witherspoon, Koko Taylor, Alberta Adams, Fenton Robinson, dan banyak lagi. Ia juga memainkan piano jazz dalam dua rekaman besar Impulse!/MCA untuk gitaris Chicago, Henry Johnson, yang menyebut permainan piano Bill sebagai “brilian”, dan menambahkan bahwa Bill “…membawa semangat, kegembiraan, dan perasaan blues ke setiap rekaman di mana ia tampil.”

Namun, sebagai pemain organ lah Bill lebih dikenal, merekam sebagai pemimpin pada beberapa sesi jazz organ yang luar biasa pada pertengahan hingga akhir tahun sembilan puluhan untuk label Muse/Westside dan Savant.

Suara organ Bill memiliki kekhasan yang kasar namun canggih, dan dihiasi dengan gaya idiosinkratik dan vernakular unik Bill.

Sekarang, setelah beberapa tahun bekerja di Jepang dan tur keliling dunia – termasuk mampir ke Indonesia – atas nama Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat sebagai Duta Jazz, Bill kembali ke Amerika Serikat di mana ia dapat didengar tampil dengan organ dan piano di berbagai tempat di daerah Washington, D.C.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker