News

Rencana Fariz RM berkolaborasi dengan Matt Bianco di Jakarta dan Jogjakarta

Fariz RM (Photo by Photo: Indrawan Ibonk/WartaJazz.com)
Fariz RM (Photo by Photo: Indrawan Ibonk/WartaJazz.com)

Generasi 80-an tentu tidak akan asing jika menyebut nama Matt Bianco. Kalaupun lupa siapa sebenarnya kelompok asal Inggris ini, tinggal putarkan saja lagu single-single jazz-latin-crossover mereka yang sangat terkenal seperti ‘Don’t Blame It On That Girl’, ‘Good Times’ dan ‘Say It’s Not Too Late’, dijamin nuansa nostalgia kental akan langsung terasa.

Hal serupa pula yang terjadi jika lagu semacam Sakura, Barcelona, Kurnia & Pesona misalnya dibawakan seorang Fariz Rustam Munaf. Keyboardis yang mengaku bahwa sejumlah lagu-lagunya terinfluence dari karya Matt Bianco seperti ‘Sungguh’ dan ‘Iman & Godaan’.

Sehingga tidak salah kalau Promotor MC-Pro menyandingkan kedua nama besar ini dalam sebuah konser yang digelar di tiga kota, meski Fariz RM hanya akan tampil di Jakarta dan Jogja saja.

Dalam jumpa pers dihadapan wartawan pada hari Selasa (22/3/2016) di Hotel Sultan, Jakarta, Nenny Theresia dari MC-Pro menyatakan sangat mengagumi Fariz RM dan merasa bahwa merupakan sebuah kesempatan menghadirkannya mendampingi konser Matt Bianco.

Lebih lanjut tentang pemilihan kota Jogjakarta, Triadi dari MC-Pro menyatakan bahwa hasil survey mereka terbilang positif respon pecinta musik di kota pelajar tersebut.

Dalam penjelasannya promotor menyatakan bahwa kelompok Matt Bianco dalam konser tournya kali ini akan menampilkan format full-big-band dengan sound jazz vintage classic dengan tetap menghadirkan lagu-lagu yang enerjik dengan sentuhan musik latin ditambah irama soul & contemporer.

Fariz RM sendiri menyatakan siap tampil beberapapun durasi yang diberikan oleh panitia. Ia mengajak para musisi yaitu Jantan Gerhana Surya(drums),  Ahmad Oktaviansyah (bass), Iwan Abdie (vocal) beserta Umay (sax).

***

Pada tahun 1988, Matt Bianco bergabung bersama Emilio Estefan (suami dari Gloria Estefan) untuk memproduseri album mereka, Indigo. Beberapa musisi jazz terkenal pernah bergabung bersama kelompok ini seperti Jenny Evans, Mark Fisher & Basia – penyayi cewek asal Polandia yang sangat sukses dengan solo albumnya.

Selama berkarir selama tiga decade, kelompokMatt Bianco telah merilis 12 studio album ditambah beberapa album kompilasi. Albumnya banyak terjual terutama di Inggris, Jerman, Perancis dan Jepang yang membuat mereka tetap melakukan tour dunia karena show penampilannya selalu ditunggu para penggemarnya di seluruh dunia. Tahun ini, Matt Bianco kembali tampil di Indonesia dengan dipromotori oleh Menara Citra Production (MC Pro) dengan schedule show dimulai dari Jakarta (Istora Senayan tgl 1 April), Jogjakarta (Grand Pacific Hall tgl 2 April) dan Bali (Hard Rock Café tgl 4 April).

Tiket konser Matt Bianco Indonesia Tour tersedia via WartaJazz Ticket Box atau  bisa langsung ke alamat berikut:

  • WartaJazz House Gallery
    Jl. Padang B4/6 Cimanggis Depok
  • Jl. Munggur 50 Demangan
    Yogyakarta

Tiket dijual mulai dengan harga yang sangat terjangkau bagi kalangan penggemar jazz yaitu mulai Rp.250.000,- di Jakarta dan mulai Rp.200.000,- di Jogjakarta (Silakan hubungi 021- 22867701 atau 0274-512561 atau 081927825299).

 

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker