Java Jazz FestivalNews

Fusion 80-an Chick Corea Elektric Band

Mendefinisikan Armando Anthony “Chick” Corea dengan dua “k” adalah periode panjang Ele(k)tric Band dan kembalinya format trio A(k)oustic Band (betul bukan pakai “c”). Sebagaimana alumni ensambel Miles Davis lainnya yang signifikan mewarnai jazz-rock 70-an, Return to Forever (Chick) berjejer di garis start bareng Weather Report dan Mahavishnu Orchestra sebagai motor pergerakan. Perselingkuhan piano, keyboard, dan–akhirnya–synthesizer pada “Where Have I Known You Before” (Polydor, 1974) adalah warisan Return to Forever yang berevolusi jadi suara 80-an Chick Corea Elektric Band (CCEB). Kursi drummer identik dengan Dave Weckl yang kemudian bersama John Patitucci, Frank Gambale, dan Eric Marienthal diasosiakan sebagai formasi tetap band ini. Band versi reuni-elektrik Chick ini jadi highlight Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2017 (JJF) dengan substitusi Nathan East pada bas.

Lineup Java Jazz Chick Corea Elektric Band
Lineup Chick Corea Elektric Band untuk JJF 2017 (Foto: WJ/Arif)

We like noise,“ begitu ujar pianis 75 tahun ini saat jeda penampilannya di Hall D2 (04/03/‘17). Kendati begitu ini adalah “noise” 80-an, seperti “Trance Dance” dari “Eye of the Beholder” (1988, GRP), karena Chick juga belakangan mengunjungi “noise” pada Five Peace Band (2008) dalam konsep berbeda. CCEB adalah versi “noise” yang sesuai perubahan visi bermusiknya saat menjadi anggota Scientology: menjangkau penonton lebih baik. Chick terlihat santai dan menikmati interaksinya dengan publik Jakarta jelang dini hari lewat aksentuasi khas bender yang membengkokkan ujung-ujung baris improvisasi nostalgia masa elektrik tiga dekade lalu.

Weckl setia dengan permainan metodik, disiplin yang dipertunjukkan pada solo panjang “CTA” (1993), sebuah cover fusion untuk nomer Jimmy Heath yang direkam Miles Davis tahun 50-an (yang entah singkatan jalur kereta Chicago atau sekaligus nama pacar Heath). Sementara itu, sweep picking Gambale yang ditempel untuk berbagai variasi arpeggio jadi ciri solo seksi gitar. Pada struktur melodi utama Chick kerap berhadapan dengan Eric Marienthal yang di CCEB pasang kacamata funk. Nathan East sebagai session player tamu, tak kurang cairnya seolah bagian utuh CCEB sejak lama, bahkan beri warna tersendiri dari karakter soul-nya.

Chick Corea Keytar Sing-along
Chick Corea berbalas nada keytar dengan penonton (Foto: WJ/Arif)

Nomer wajib adalah sing-along tanpa lirik, dengan Chick Corea maju ke depan penonton menyandang keytar untuk “Got A Match?” dari album 1986 self-titled nama grup ini. Kelar berbalas nada keytar dengan penonton dari mudah sampai sengaja dipersulit, semua personil lantas bertukar solo pada bagian swing cepat diakhiri duel Chick-Weckl.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker