FestivalNewsWarta Jazz Festival

Ramadhan Jazz Festival bakal digelar 25-26 Mei 2018 di Pelataran Masjid Cut Meutia Jakarta

 

Press Conference Ramadhan Jazz Festival 2018

Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) bekerja sama dengan WartaJazz kembali menggelar kegiatan tahunan bernama “Ramadhan Jazz Festival 2018”. Acara bertajuk Jakarta Is Us dengan Tagline #LoveunitesAll ini kembali digelar untuk memeriahkan Bulan Ramadhan 1439 H dengan membawa pesan cinta dan harmoni kedamaian bagi seluruh warga Jakarta, demikian kesimpulan dari Temu Wartawan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Auditorium Masjid Cut Meutia, Menteng Jakarta.

Mundur ke 8 tahun yang lalu, RICMA merespon tawaran WartaJazz dari sebuah celotehan di Twitter untuk bekerja sama dan menggarap kegiatan yang menyedot perhatian banyak anak-anak muda ini.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dakwah syiar masa kini sekaligus meningkatkan tali silaturahim dan menambah pengetahuan ke-Islam-an kita bersama. Islam juga mengajarkan hamba-Nya untuk saling mengingatkan, tolong menolong, serta saling berbuat baik yang dilandasi rasa cinta kasih.

Mengutip firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah Ibrahim ayat 04, yakni “Kami tidak mengutus seorang rasul pun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dia- lah Rabb Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana”. Dengan bahasa yang baik serta dilandasi ketulusan cinta kepada Allah SWT dan sesama, maka diharapkan pesan damai dan harmoni Ramadhan Jazz Festival dapat diterima tidak hanya oleh warga Jakarta, namun seluruh elemen masyarakat Indonesia dan dunia.

Kegiatan ini akan digelar pada tanggal 25-26 Mei 2018 bertempat di Pelataran Masjid Cut Meutia Menteng dengan rangkaian acara dimulai sejak Ba’da Ashar.

Beberapa rangkaian kegiatan dari Ramadhan Jazz Festival 2018 yakni program Pre Event bertajuk ”Ramadhan Jazz Festival Goes To School” sebagai acara pendukung Ramadhan Jazz Festival sekaligus menjadi sarana berkreativitas dalam kegiatan yang positif bagi adik- adik pelajar SMA/sederajat. Acara yang digelar di SMAN 3 Jakarta pada tanggal 20 April 2018 tersebut berhasil digelar dan ditutup meriah dengan pertunjukan dari The Soulful dan Thavita. Dalam Acara Pre Event RJF diselenggarakan audisi band dari grup-grup band SMA/sederajat. Pemenang dalam audisi band tersebut kemudian akan ditampilkan di acara Main Event Ramadhan Jazz Festival pada 25-26 Mei 2018 mendatang.

Selain itu terdapat Social Activity yang menjadi inti dari semua kegiatan Ramadhan Jazz Festival. Untuk diketahui, biaya masuk acara Ramadhan Jazz Festival akan dialokasikan sebagai donasi Social Activity. Insha Allah, kegiatan Social Activity kali ini akan fokus pada masalah kesehatan dengan membantu mengisi rumah singgah yayasan Cancer information and Support Center (CISC). Kami sebagai remaja masjid yang peduli terhadap pendidikan, kesehatan, dan isu sosial lainnya merasa perlu menciptakan suatu wadah untuk membantu menunjang sarana dan prasarana demi terciptanya kehidupan yang baik. Oleh sebab itu, kami memanfaatkan momen Ramadhan ini sebagai bentuk upaya untuk mendapatkan pahala dan keberkahan sebanyak-banyaknya dengan cara mewujudkan kegiatan sosial ini. Dimana pada acara Ramadhan Jazz Festival ini, dana yang kami dapatkan dari para pengunjung akan didonasikan dalam bentuk paket donasi (sandang, pangan, dan alat- alat kesehatan).

Amira Azizah Audi selaku Project Officer Ramadhan Jazz Festival 2018 menyatakan, “Apa yang diberikan Ramadhan Jazz Festival untuk umat memang berbeda dari acara-acara yang lain, kita selalu mencoba mengemas acara ini dengan cara yang bisa diterima oleh anak-anak Millennials. Gunanya untuk menjadi wadah dan menyiarkan agama Allah, Insya Allah dengan hati yang ikhlas dan selalu meminta petunjuk dari Allah SWT acara tahunan kami selalu di terima dengan tangan terbuka. Karena kita percaya bahwa pertolongan Allah akan selalu ada di setiap langkah kami. Dengan dipercayai untuk menjadi PO tahun ini saya yakin Allah dan teman-teman memberikan kepercayaan yang lebih untuk saya untuk membuat acara RJF 2018 lebih baik dari sebelum-sebelumnya..”

Sementara Agus Setiawan Basuni, selaku Artistic Director dan penggagas RJF mengungkapkan, “RJF merupakan sebuah ikhtiar dari WartaJazz untuk anak-anak muda Indonesia. Sebagai proses, program Jazz di lingkungan Masjid ini adalah upaya pembelajaran bagi semua pihak sekaligus kontribusi pada khasanah musik (jazz) dunia.”.

Beberapa nama yang dipastikan akan tampil dalam Ramadhan Jazz Festival 2018 antara lain Lantun Orchestra, Andien, Yura Yunita, Snada with Dwiki Dharmawan & Budhi Haryono, Maliq and The Essentials, NonaRia, Glenn Fredly, Afgan, Isyana Saraswati, Rendy Pandugo, Dengarkan Dia, Chiki Fawzy, Tosca dan Alpen music project.

Menurut catatan panitia, donasi yang terkumpul dari kegiatan Ramadhan Jazz Festival 2017 berupa 60 kantung darah yang disalurkan kepada PMI, 736 buah buku bacaan, dan donasi uang mencapai 131 juta Rupiah, yang kemudian digunakan untuk merenovasi Madrasah Ibtidaiyah Bani Yahya di Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang.  Semua donasi yang terkumpul juga berasal dari tiket masuk (donasi) pengunjung. Pada acara tahun kini, kami kembali mengadakan paket donasi sebagai tiket masuk pengunjung yang akan dialokasikan untuk donasi ke rumah singgah yayasan Kanker Cancer Information and Support Center (CISC). Selain itu, pengunjung juga dapat berdonasi dengan cara mendonorkan darahnya melalui Booth PMI yang tersedia di Masjid Cut Meutia pada 25-26 Mei 2018 pukul 15.00-17.30 WIB.

Dalam acara Main Event Ramadhan Jazz Festival 2018 tahun ini ditargetkan akan mendatangkan lebih banyak partisipan dan pengunjung serta dihadiri oleh tokoh- tokoh ternama, baik dari pengisi acara, tokoh politik, masyarakat, serta duta besar dari negara- negara sahabat.

***

WartaJazz merupakan sebuah eco-system Jazz di Indonesia. Selama 18 tahun secara aktif mempromosikan Jazz (di) Indonesia baik di pasar domestik maupun mancanegara. WartaJazz menargetkan menggelar sedikitnya 10 Jazz Festival sepanjang tahun 2018 ini.

RICMA adalah Remaja Islam Masjid Cut Meutia yang merupakan tempat berhimpun generasi muda dengan kegiatan tahunan yang inspiratif seperti rangkaian kegiatan Gema Ramadhan, termasuk di dalamnya RICMA Camp, RICMA Fair dan banyak lagi lainnya.

***

Informasi lebih lanjut silakan buka www.ramadhanjazz.com

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

2 Comments

  1. Dimana membeli tiket .dan menghubungi siapa untuk mengisi acara musik…terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker