News

Jay & Gatra Wardaya Hadirkan JazzDut Post-Truth di Tembi Rumah Budaya

Pertunjukan musik JazzDut Post-Truth yang akan dipentaskan oleh Jay & Gatra Wardaya ini adalah sebuah refleksi terhadap fenomena yang terjadi dalam dua tahun belakangan ini di mana banyak dijumpai informasi-informasi palsu atau kebohongan (hoax) yang dengan mudah tersebar di kalangan masyarakat dan dipercayai begitu saja tanpa adanya (atau sedikit saja) usaha untuk melakukan konfirmasi terhadap berita atau informasi tersebut. Hal ini jamak terjadi di era saat ini, yang banyak disebut sebagai era post-truth, yaitu sebuah era di mana kebenaran menjadi kalah penting dibandingkan dengan apa yang sudah terlanjur dipercayai oleh seseorang.

Pertunjukan ini dimaksudkan untuk mengkritisi sekaligus menggali kepekaan penonton mengenai fenomena yang terjadi saat ini melalui sebuah pertunjukan musik. Perpaduan karakteristik musik Jazz dan Dangdut dipilih sebagai media penyampaian pesan karena baik musik Jazz maupun Dangdut memiliki latar belakang dan akar yang serupa, yang dekat dengan masyarakat dengan segala fenomena sosial dan kerumitan-kerumitan yang dihadapinya. Dengan demikian, diharapkan pesan dari pertunjukan ini mampu tersampaikan kepada masyarakat dengan cara yang menarik, menyenangkan, sekaligus tidak terkesan menggurui.

Jay & Gatra Wardaya akan tampil dengan empat musisi yang terdiri atas Jay Afrisando (saksofon & elektronik), Bawien Panggalih (vokal), Ignatius Made Anggoro (bass elektrik), dan Okvan Pramudya (drum). Teks untuk pertunjukan ini ditulis oleh Terry Perdanawati, Bawien Panggalih, Leilani Hermiasih, dan Jay Afrisando, sedangkan seluruh komposisi musik digubah oleh Jay Afrisando. Pertunjuka digelar pada hari Minggu, 19 Agustus 2018 jam 19.30 di Rumah Budaya Tembi, Yogyakarta, dan pertunjukan ini gratis. (WartaJazz)

Tags

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker