FestivalNews

Fort Oranje Culture Jazz Festival 2019 digelar di Fort Oranje Ternate

Sejumlah Musisi Jazz Nasional dan Maluku Utara akan ambil bagian dalam Event Fort Oranje Culture Jazz Festival 2019 yang akan berlangsung pada tanggal 22 – 23 Pebruari 2019 di Situs Cagar Budaya Fort Oranje Ternate.

Festival Musik Jazz yang baru pertama kali dilaksanakan di Maluku Utara itu, juga diikuti oleh para Musisi Jazz dari Ambon dan beberapa daerah lain di Pulau Jawa.

Kegiatan yang diadakan di Pasar Melayu yang merupakan destinasi digital merupakan pusat kreativitas generasi muda Ternate dimana beragam aktivitas kreatif dari berbagai komunitas selalu diselengarakan.

“Pasar Melayu merupakan ruang kreatif bagi siapa saja. Bukan saja wadah penyaluran bakat, tetapi juga tempat untuk menggelar atraksi wisata. Apalagi musik jazz merupakan musik yang saat ini digandrungi anak muda. Dan ini menjadi festival jazz pertama di Ternate,” ujar Ketua Umum Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Maluku Utara, M Sofyan Ansar, Rabu (14/2).

Ketua Panitia Fort Oranje Culture Jazz Fastival 2019 Mustamin Hamzah dalam keterangannya mengatakan, perpaduan musik etnik Maluku Utara yang dikolaborasikan dengan Musik Jazz akan menjadi warna tersendiri dalam Festival Musik Jazz 2019 yang bertemakan Oranje & Culture.

”Event Fort Oranje Culture Jazz Fastival 2019 bisa membrikan atmosfir baru untuk detinasi wisata di Kota Ternate,” ungkap Mustamin Hamzah.

Eevent ini merupakan kerjasama antara GenPI dengan Jazz Community Kota Ternate. Menampilkan band lokal yang keren seperti Timur Jauh, Karya Nada, Trio Saxo, Oscar Band, Gelora Voice, Tata and Friend, Gamalama Band, Avounturir, Varmak Band, Lotus Band dan Fourmounten.

Sementara itu Kabid Cagar Budaya Dinas Kebudayaan Kota Ternate Rinto Thaib dalam keterangan yang sama juga mengatakan, yang paling penting dalam kegiatan Festival tersebut adalah memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan Musik Jazz serta menghidupkan situs cagar budaya tersebut.

Musisi Jazz kawakan Otti Djamalus dan Yance Manusama akan hadir dalam Festival Musik Jazz tersebut.

Festival ini juga akan diisi dengan tolkshow terkait Musik Jazz dan berbagai kegiatan lainnya.

 

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker