NewsProfile

Pianis Lil Hardin Armstrong

Lil Hardin Armstrong

Lil Hardin Armstrong lahir 3 Februari 1898 di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat, merupakan seorang pianis jazz, komposer, arranger, penyanyi, dan pemimpin band.

Dia adalah istri kedua Louis Armstrong yang dengannya dia berkolaborasi dalam banyak rekaman pada tahun 1920.

Komposisinya termasuk “Struttin ‘with Some Barbecue”, “Don’t Jive Me”, “Two Deuces”, “Knee Drops” “,”Doin’ Suzie-Q “,” Just for a Thrill “(yang menjadi hit ketika dihidupkan kembali oleh Ray Charles pada tahun 1959),” Clip Joint “, dan” Bad Boy “(hit untuk Ringo Starr pada 1978) .

Namanya masuk dalam Memphis Music Hall of Fame pada 2014.

Awalnya, Hardin kecil diajari himne, spiritual, dan musik klasik pada piano. Belakangan ia tertarik pada musik populer dan kemudian blues.

Hardin dan Armstrong menikah pada 4 Februari 1924.

Satu ketika, Hardin mengajak Armstrong berbelanja dan mengajarinya cara berpakaian yang lebih modis. Dia menyingkirkan poninya dan mulai bekerja untuk menumbuhkan karirnya. Dia meyakinkan Armstrong, bahwa dia telah menyia-nyiakan bakatnya dengan bekerja dibawah bayang-bayang Kid Oliver. 

Armstrong senang bisa bermain di sebelah idolanya, tetapi Hardin membujuknya untuk meninggalkan Oliver dan bersolo karrir. Sejak itu Armstrong mengundurkan diri dari band Oliver dan pada bulan September 1924 menerima pekerjaan dengan pemimpin band Fletcher Henderson di New York City. Hardin tetap tinggal di Chicago, pertama dengan Oliver, lalu memimpin bandnya sendiri. Ketika band Hardin mendapat pekerjaan di Dreamland Café di Chicago, dia mempersiapkan untuk kembalinya Armstrong ke Chicago dengan memasang spanduk besar bertuliskan “Pemain Terompet Terbesar Dunia”.

Richard M. Jones meyakinkan Okeh Records untuk membuat serangkaian sesi dengan namanya: rekaman [Louis] Armstrong “Hot Five”. Dengan Hardin di piano, Kid Ory on trombone, Johnny Dodds on klarinet, dan Johnny St. Cyr di banjo, kelompok ini berlatih di kediaman Armstrong dan Hardin di Chicago’s East 41st Street dan mengadakan sesi pertamanya pada 15 November 1925.

Pada akhir 1920-an, Hardin dan Armstrong terpisah. Dia membentuk Hot Five baru dengan Earl Hines di piano. Hardin mereformasi bandnya sendiri dengan Freddie Keppard, yang dia anggap nomor dua setelah Armstrong. Hardin dan Armstrong berpisah pada tahun 1931 ketika dia memiliki hubungan dengan Alpha Smith, yang mengancam akan menuntut Armstrong karena melanggar janji, jadi dia memohon Hardin untuk tidak memberinya perceraian.

Hardin wafat 27 Agustus 1971 di Chicago, Illinois dalam usia 73 tahun.

Pada tahun 2004, Chicago Park District mengabadikan Lilian Hardin sebagai nama taman komunitas untuk mengenang namanya.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker