News

64 negara ambil bagian dalam Jazzahead! 2019 di Bremen Jerman

3,408 trade participants and exhibiting companies from 64 nations attended the jazzahead! 2019 trade fair. Courtesy M3B GmbH / Jörg Sarbach
3,408 trade participants and exhibiting companies from 64 nations attended the jazzahead! 2019 trade fair. Courtesy M3B GmbH / Jörg Sarbach

Jazzahead 2019! sukses digelar dengan jumlah profesional yang hadir mencapai  3.408 peserta yang datang dari 64 negara berbeda hadir di acara tahun ini. Sejak Kamis hingga Minggu 25-28 April, statistik penyelenggara menunjukkan total, 18.114 pengunjung bertambah dari tahun 2018 sebanyak 17.362 yang menghadiri sekitar 100-an konser selama akhir pekan.

Berdasarkan catatan panitia tahun ini ada 1.419 perusahaan yang turut serta dalam pameran yang mengisi 121 stan utama dan gabungan – dengan penambahan sekitar 100 perusahaan baru.

Trade-expo Jazz terbesar di seantero Eropa yang digelar di Messe Bremen setiap akhir April ini seperti diungkapkan Hans Peter Schneider, Managing Director of Messe Bremen dan founder of jazzahead!, “[Acara ini] untuk orang-orang yang ingin membuat dan memperluas kontak internasional mereka, Dan buzz tentang jazzahead! terus membuat orang datang.”

Dalam sesi penutupan didepan stand partner country tahun ini, Norwegia – Manajer Proyek, Sybille Kornitschky mengatakan bahwa tahun depan, team panitia akan merayakan dua hal penting yakni 15 tahun penyelenggaraan Jazzahead! sekaligus 10 tahun dilaksanakannya program Partner Country. Oleh karenanya untuk dua perayaan yang bersamaan ini “kami tidak dapat membuat pengumuman” ujarnya yang juga di amini Peter Schulze yang nampak hadir didampingi sejumlah delegasi yang masih bertahan hingga hari terakhir termasuk WartaJazz.

Lazimnya pada sesi perpisahan Jazzahead! mengumumkan partner country tahun berikutnya, namun tidak kali ini. Bahkan hingga berita ini diturunkan, kami masih belum mendapatkan kepastian siapa yang akan menjadi partner country tahun 2020.

Meskipun demikian, dapat dipastikan penyelenggaraan Jazzahead! akan kembali dinantikan sebab sejak 2006, jazzahead! telah memungkinkan pertemuan para pelaku industri Jazz dari seluruh dunia di Messe Bremen setiap tahun.

Panitia telah menetapkan, jazzahead! tahun depan akan berlangsung dari 23 hingga 26 April 2020.

 

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker