EducationFestivalNews

October Meeting 2019, Contemporary Music and Musicians “Turning Forward”

October Meeting adalah pertemuan musik tahunan yang diprakarsai oleh Trace 21 dan Art Music Today. Tahun ini October Meeting telah menginjak tahun keempat, akan diselenggarakan selama lima hari di Yogyakarta, 21-25 Oktober 2019 di Tembi Rumah Budaya.

October Meeting kali ini mengusung tema “Turning Forward.” Tema tersebut dimaknai sebagai upaya merespon lalu-lintas sosio-kreatif dalam bidang musik yang tengah riuh belakangan ini. Ada kemajuan-kemajuan pesat yang terasa nyata, namun di sisi lain juga sedang terjadi multi-degradasi baik di aspek sosial (komunal), maupun kreatif. Di antara silang-sengkarut medan kreatifitas saat ini kami terus mencari berbagai celah untuk menemukan peluang-peluang interaktif yang lebih intim dalam komunitas sosial maupun kreatif. Kami percaya bahwa ruang dialog masih menjadi pilihan yang efektif untuk saling mempelajari tantangan yang dihadapi seluruh jaringan yang telah kami bentuk dan akan terus berkembang.

Seperti biasa, kami juga mengundang Mitra Akademik dari perguruan tinggi musik di seluruh Indonesia guna melengkapi cakupan dialog dan memperkaya wahana riset yang lebih sistematik dan bermanfaat ke depan. Tahun 2019 ini kami juga akan meluncurkan portal “Spektrum” yang berisi informasi personal para komponis Indonesia lintas generasi. Portal ini akan dikelola secara kolektif oleh komponis di berbagai region sebagai upaya untuk menguatkan interaksi dan produktifitas kekaryaan maupun jaringan.

October Meeting, yang sifatnya lebih sebagai ruang pertemuan ketimbang festival/pementasan, adalah sebuah kesempatan jangka panjang untuk saling berdialog secara terbuka, terutama dalam memahami cakupan nilai-nilai artistik-estetik dan berbagai gejala yang mengikutinya. Untuk Informasi lebih lanjut bisa dilihat di webiste http://octobermeeting.org/. (WartaJazz)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp chat