NewsProfile

Penyanyi Michelle Nicolle

Photo by Ziggy Spiz, Seattle Jazzvox April 2017
Photo by Ziggy Spiz, Seattle Jazzvox April 2017

“Oh yeah, she is really cool” komentar Kurt Elling yang ada diwebsitenya.

Michelle Nicole adalah seorang musisi jazz yang memilih suara vocal sebagai instrumennya, disamping sebagai arranger & band leader. Saat ini ia dikenal sebagai salah satu penyanyi terbaik di Australia.

Kiprahnya sebagai penyanyi dan musisi telah membawanya keliling Australia dan internasional diantaranya pada North Sea Jazz Festival di Belanda (2005), Turkey, Estonia, Finland dan festival-festival lainnya. Pada CD terakhir yang dirilisnya “What Kid of Fool” (Newmarket Music) dengan bonus DVD Michelle Nicole Quartet di Korea, pada saat tampil di Jarasum Jazz Festival tahun 2004. Michelle juga ikut bergabung dalam beberapa proyek musikal seperti dengan What Reason Quartet, Melbourne Chorale dan banyak proyek rekaman komersil lainnya. Beberapa penghargaan yang berhasil ia raih diantaranya National Jazz Vocalist Award at Wangaratta (1998) dan Mo Award 2001, 2003 & 2004 (Australian Entertainment Industry) dan A.R.I.A Finalist 2001 & 2004, Australian Jazz Awards (Bells) tahun 2017 untuk Jazz Vocal Album of the Year.

Michelle memulai karir musiknya sejak ia belajar Violin pada umur 6 th di Australia Selatan sekitar tahun 1970an.

Awalnya ia malah tidak begitu tertarik dengan jazz, sampai ketika ia memulai proyek bernyanyinya dengan The University Adelaide Connection Jazz Choir. Ditambah setelah ia mendengar Billie Holiday untuk pertama kalinya, juga Ella Fitzgerald dan Chet Baker. Maka pada saat itulah ia memutuskan kalau musik inilah yang akan ia geluti.

Jika mendengar ia menyanyi, dengan nada yang terdengar jelas dan teknik bernafas yang menarik mengindikasikan kerja keras dan dedikasinya pada dunia musik. Mengingatkan kita akan teknik-teknik vocal yang dikeluarkan Betty Carter, Mel Torme atau Ella Fitzgerald. Tapi tentunya ia mempunyai ciri khas tersendiri yang membuatnya lain dari pada yang lain.

Michele Nicole telah tampil di London, Spice of Life, Bulls Head (2016) JEN Conference, New Orleans 2017, Frost School of Music (Miami) dan JazzVox di Seattle, USA (2017, 2019), Czech Republic (2018) University of North Texas with UNT Jazz Singers, Oceanside Jazz Festival (2019), Pleasant Hill Jazz Festival (USA 2019).

“…an exceptional singer who, if recording on the label owned by a conglomerate and with the aggressive worldwide promotional support, would gather a great deal of attention she deserves as an original and inspiring Jazz artist.”
Cadence Magazine (USA), June 2003

“Michelle Nicolle has no peer as a jazz singer in Australia.” June 23, 2001
“Australian jazz singing doesn’t come any better than this.” Feb. 2003
Kevin Jones, The Weekend Australian

“..an album that confirms Nicolle’s place as Australia’s best jazz singer.”
Kenny Weir, Sunday Herald Sun, June 3, 2001 (After the Rain review)

“..I can think of no one else who finds, in the modern jazz repertoire, such a sense of pure song.”
Gilbert Haisman, Evening Post, New Zealand, October 20, 2001

Artikel ini dposting pertama kali Oct 28, 2008 dan diupdate dengan beberapa perkembangan terakhir.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker