News

Bakat Jazz dari 17 negara siap berlaga di kompetisi Riga Jazz Stage 2020

Lebih dari 30 kontestan dari 17 negara di dunia telah melamarnya untuk mengikuti kompetisi talenta jazz internasional ketigabelas Riga Jazz Stage 2020, yang akan berlangsung dari 2 hingga 4 April 2020 di bioskop Splendid Palace di Riga.

Penyelenggara kompetisi mengucapkan terima kasih atas semua musisi berbakat yang telah mengajukan diri. Setelah semua materi dikumpulkan, profil para kontestan dapat dibuka di situs kompetisi rigajazz.lv, di mana  biografi singkat tersedia selain cuplikan rekaman mereka.

Konser pertama kompetisi Riga Jazz Stage, yang menampilkan seniman Latvia, Estonia, Lithuania, Amerika, Inggris, Jerman, Italia, Belgia, Denmark, Finlandia, Polandia, Slowakia, Slovenia, Belarusia, Ukraina, Turki dan Korea Selatan, akan berlangsung pada 2 April, tetapi peserta yang paling populer akan tampil di final pada 3 April.

Penampil di kedua kategori Jazz vokal dan drum Jazz akan ditemani oleh Riga Jazz Quartet yang terdiri dari musisi jazz Latvia terbaik antara lain gitaris Artúrs Kutepovs, instrumentalis keyboard Kristaps Vanadziņš, bassis Jānis Rubiks, serta salah satu drummer yang paling sibuk di Latvia Andris Buiķis.

“Riga Jazz Stage” telah menjadi festival jazz tahunan, yang menghadirkan musik yang luar biasa bagi para kontestan dan penonton konser. Merka menampilkan bakat-bakat terpendam selain bintang internasional yang ada tampil di konser gala.

Seperti diketahui, tamu istimewa tahun ini di konser gala pada 4 April akan menjadi nominasi Grammy, pemenang kompetisi bergengsi Thelonious Monk, komposer, penyanyi dan drummer Jamison Ross dari Amerika Serikat, yang akan memberikan kelas master di Riga dan turut pula menjadi juri.

Para kontestan akan dinilai oleh juri internasional – direktur artistik kompetisi Māris Briežkalns, direktur artistik Nõmme Jazz Festival Toivo Unts (Estonia), direktur Festival Jazz Kaunas Jonas Jučas (Lithuania), direktur artistik Venice Jazz Festival Giuseppe Mormile (Italia) ), koordinator konser di Klub Jazz London Ronnie Scott Paul Pace (UK), direktur agen pemesanan Just Jazz International Catherine Mayer (Jerman) dan direktur artistik Klub Jazz Nardis Istanbul Önder Focan (Turki). Perwakilan kehormatan juri akan menjadi ikon musik Latvia Raimonds Pauls, yang akan mempersembahkan hadiah spesialnya, yang kali ini akan menjadi rekaman hit baru di studio Latvian Radio 1, dengan Raimonds Pauls sebagai ko-produser.

Dana hadiah kompetisi termasuk hadiah uang tunai dan undangan untuk tampil di festival jazz dan klub musik di seluruh dunia. Para kontestan mulai mendaftar sejak 10 November tahun lalu, ketika tiket untuk konser Riga Jazz Stage 2020 juga mulai dijual di box office layanan Biļešu dan laman web  www.bilesuserviss.lv.

Acara ini diselenggarakan oleh yayasan Mūsdienu mūzikas centrs (Pusat Musik Modern), didukung oleh Dewan Kota Riga, VKKF, Tele 2, Freeport Otoritas Riga, A&T Music dan Olainfarm.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker