News

Salihara Jazz Buzz 2020 hadirkan Railroad Therapy, Intuition Jazz Chamber, Adra Karim, Lie Indra Perkasa & Monita Tahalea, Dwiki Dharmawan Trio

Salihara Jazz Buzz adalah festival musik jazz tahunan yang diselenggarakan sejak 2012. Selama depan tahun Komunitas Salihara telah menampilkan sejumlah musisi yang menawarkan warna baru terhadap perkembangan musik jazz. Jazz Buzz juga menampilkan kolaborasi antar musisi jazz yang jarang ditemukan di acara jazz lain di Indonesia.

Musisi senior seperti Dewa Budjana, Indra Lesmana dan Tohpati, sampai musisi muda seperti Adra Karim, Gerald Situmorang dan Sri Hanuraga pernah tampil di Jazz Buzz ini.

Tahun ini kami hendak memperluas kerja kuratorial seni pertunjukan secara lebih terbuka. Kami mengadakan “Undangan Terbuka (Open Call) Jazz Buzz 2020” pada akhir tahun lalu, dan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada musisi muda Indonesia untuk tampil di Salihara Jazz Buzz 2020. Dari puluhan proposal yang masuk, akhirnya kami memutuskan dua grup untuk tampil di Jazz Buzz tahun ini.

Grup terpilih adalah Railroad Therapy yang komposisi musik mereka terinspirasi dari khazanah musik Barat abad 20. Grup rock-jazz asal Yogyakarta tersebut juga memadukan komposisi musik dengan video art, sehingga penonton juga bisa merasakan sisi visual pertunjukan ini.

Grup kedua adalah Intuition Jazz Chamber yang dikonduktori oleh Wishnu Dewanta. Ansambel ini menggunakan instrumentasi tidak lazim dalam format jazz chamber di Indonesia. Wishnu Dewanta juga melibatkan musisi muda seperti Rama Widi (harpa), Bass G (saksofon), Noah Revevalin (piano), dan lain-lain untuk menciptakan energi yang baru dalam ansambel ini.

Jazz Buzz 2020 juga dimeriahkan oleh kolaborasi antar musisi. Ada Monita Tahalea, Lie Indra Perkasa dan Adra Karim yang akan membawakan album terbaru mereka, jazz minimalis tapi kaya warna. Serta penampilan “free jazz” dari Dwiki Dharmawan, pianis multi-genre yang juga adalah salah satu personil Krakatau. Kali ini Dwiki yang membawakan album terbarunya akan berkolaborasi dengan Rega Dauna (harmonika) dan Rudy Zulkarnaen.

Jazz Buzz 2020 akan berlangsung Sabtu-Minggu pada 15-16 dan 22-23 Februari 2020 hanya di Teater Salihara.

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, sila kunjungi www.salihara.org atau akun Twitter @salihara, Instagram @komunitas_salihara atau hubungi 021-789-1202, 0817-077-1913.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker