NewsProfile

McCoy Tyner, Jazz Piano Powerhouse wafat diusia 81 tahun

Salah satu pianis paling berpengaruh dalam sejarah jazz, McCoy Tyner, meninggal pada Jumat di rumahnya di New Jersey utara dalam usia 81 tahun demikian kabar dari keponakannya, Colby Tyner, yang mengkonfirmasi kabar tersebut.

McCoy Tyner lahir di Philadelphia, Pennsylvania , 11 Desember 1938 memliki nama lengkap McCoy Alfred Tyner dan dikenal sebagai anggota dari kwartet John Coltrane kwartet.

Ia dianggap salah seorang pianis modern yang banyak mendobrak dengan gaya bermainnya yang perkusif dan ciri khasnya yang banyak menggunakan skala pentatonis

Ia mulai didorong untuk bermain piano oleh ibunya tatkala masih kecil. Namun baru memutuskan belajar secara serius pada usia 13 tahun dan dua tahun kemudian ia sudah memfokuskan diri untuk memilih piano sebagai bagian dari tujuan hidupnya. Pada awalnya McCoy belum memiliki piano sendiri, di saat ia ingin berlatih, ia hanya meminjam piano dari tetangga di sekitar rumahnya. Ketika keluarganya memiliki piano sendiri, ia memulai untuk mengundang teman-temannya untuk berjam-session. Di antara teman-teman dan tetangganya terdapat musisi yang kelak menjadi penerus dunia jazz Amerika seperti seperti Lee Morgan trompet, pemain saksofon Archie Shepp, pianis Bobby Timmons, dan bassis Regie Workman.

“Bud dan Richie Powell pindah ke lingkungan yang terbilang dekat rumahnya”, Bud adalah pengaruh terbesar untuk hal piano pada awal masa remajanya. Menurut McCoy permainan Bud Powel sangat dinamis. Selain itu, Thelonious Monk dan Art Tatum juga adalah pengaruh utama pada permainan McCoy muda. McCoy belajar di Sekolah Musik Philadelphia Barat dan kemudian pindah ke Granoff School of Music. Sejumlah musisi muda tercatat pernah belajar di sekolah tersebut, kelak generasi tersebut menjadi penerus tradisi jazz.

Tyner banyak berpartisipasi dalam berbagai sesi jazz penting rekaman Coltrane, misalnya Afrika Brass, A Love Supreme, dan My Favorite Things. Di luar itu, Tyner juga mencatat banyak memproduksi album sendiri di bawah label Impulse, seperti “”Inception”, “Night of Ballads and Blues”, dan “Live at Newport”, dan kemudian dengan label Blue Note, di mana banyak memberikannya keleluasaan dalam berbagai fitur efek suara piano yang menghasilkan suara yang hebat.

In 2002, Mr. Tyner was named a  one of the highest honors for a jazz musician in the United States.

Pada tahun 2002, Tyner dinobatkan oleh salah satu penghargaan tertinggi untuk musisi jazz di Amerika Serikat yaitu National Endowment for the Arts Jazz Master.

 

 

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker