News

Nat “King” Cole

Nat King Cole adalah salah satu penyanyi paling populer yang pernah masuk tangga lagu Amerika. Artis rekaman dan konser yang brilian selama 40-an, 50-an dan 60-an, ia menarik jutaan penggemar di seluruh dunia dengan suara nyanyian yang sensitif dan membelai yang tak cacat.

Bernama asli Nathaniel Adams Coles lahir 17 Maret 1919 di Montgomery, Alabama. 

Ia lulus SMA tahun 1937 dan mendapat sebuah tawaran dari manajer kelab malam dengan bayaran  $75 per minggu untuk sebuah quartet quartet. Ia lantas mengajak seorang guitarist, bass fiddle player dan drummer. Namun sang drummer tak kunjung datang. meskipun demikian sangat manager tetap menampilkan trio tersebut. Meskipun trio instrumental tidak sangat populer pada masa itu, King Cole Trio berusaha mempopulerkannya. Formasi Cole (piano dan vokal), Oscar Moore (gitar) dan Johnny Miller (bass), ketiganya akhirnya memainkan klub terbaik di negara ini dan memiliki acara radio sendiri. Akhirnya mereka memenangkan penghargaan dari setiap publikasi musik di AS, dan rekaman jazz mereka sekarang menjadi barang koleksi yang berharga.

Cole memiliki perpaduan yang langka antara pengetahuan musikal teknis dan seni pertunjukan yang cakap. Dalam 23 tahun ia rekaman dengan Capitol Records, menelurkan hit luar biasa – hampir 700 lagu – sambil tetap menjadi seorang manusia yang lembut, toleran, dan ramah.

Cole tercatat sebagai  African-American pertama yang menjadi host seri televisi Amerika.

King Cole Trio, merekam beberapa nomor popular seperti “Straighten Up and Fly Right,” “Sweet Lorraine” dan “Embraceable You”.

“Unforgettable” merupakan sebuah lagu populer diciptakan oleh Irving Gordon dan dibawakan oleh Cole tahun 1951. Kelak lagu yang sama berkat kemajuan teknologi dibawakan secara duet oleh Nathalie Cole bersama sang Ayah pada tahun 1991.

Ketika Nat King Cole meninggal karena kanker paru-paru pada 15 Februari 1965 di Santa Monica, California , ia baru berusia 45 tahun. Kesedihan dirasakan di seluruh dunia.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker