Profile

Pianis Makoto Ozone sang improviser dari Jepang

Ia lulus dengan penghargaan summa cum laude dari Berklee College of Music pada tahun 1983.

Makoto Ozone adalah seorang pianis jazz dan komposer asal Jepang yang lahir 25 Maret 1961 di Kobe, lulus dengan penghargaan summa cum laude dari Berklee College of Music pada tahun 1983.

Di tahun yang sama, ia menjadi musisi Jepang pertama yang  menandatangani kontrak eksklusif dengan CBS dan merilis album pertamanya, OZONE, secara global.

Ozone telah merekam dan tur dengan banyak musisi terkenal seperti Gary Burton, Chick Corea, Arturo Sandoval, Branford Marsalis, Jeff “Tain” Watts, Christian McBride, Dave Weckl, Mike Stern dan Paquito D’Rivera, serta memfokuskan diri pada musik klasik dan bermain konser bersama orkestra besar di Jepang dan di luar negeri.

Ozone telah bekerja sama dengan penyanyi Kimiko Itoh. Mereka tampil sebagai duo di Festival Jazz Montreux, dan dia memproduksi albumnya yang berjudul Kimiko, yang memenangkan penghargaan Grand Prix Disk Jazz Swing Journal 2000 untuk penyanyi Jepang.

Selama karirnya yang cemerlang, Ozone telah menerima beberapa penghargaan termasuk nominasi Grammy pada tahun 2003. Dia juga mendirikan Big Band “No Name Horses” di Jepang pada tahun 2004 dan telah sukses melakukan tur di seluruh dunia.

Pada tahun 2010, ia merilis album Road to Chopin yang merayakan kelahiran Chopin dan memenangkan “Chopin Passport” dari pemerintah Polandia.

Ozone juga telah melakukan banyak kolaborasi dengan musisi terkenal. Dia merilis album Time Thread pada tahun 2013 bersama Gary Burton dan kemudian melakukan tur di Jepang. Pada tahun 2015, ia membentuk quartet dengan Dave Weckl, Tom Kennedy, dan Gary Meek dan melakukan tur di Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang. Pada tahun 2016, ia melakukan tur nasional pertama di Jepang bersama Chick Corea dalam format duo.

Pada tahun 2017 saat Gary Burton mengumumkan pensiunnya dari pertunjukan, namun ia masih melakukan tur bersama Ozone di Amerika Serikat dan Jepang. Ozone juga merilis album Dimensions dengan THE TRIO pada bulan Agustus dan sekali lagi diundang oleh New York Philharmonic untuk tampil di konser reguler mereka di David Geffen Hall pada bulan November.

Ozone telah menjadi salah satu pianis jazz terkemuka di dunia dan dihormati sebagai salah satu musisi terbaik Jepang. Dia terus melakukan tur di seluruh dunia, merekam dan berkolaborasi dengan musisi terkenal, serta memperluas genre musiknya dengan memainkan musik klasik.

 

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker